Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Ketahui 6 Macam Manfaat Madu untuk si Kecil!

Ketahui 6 Macam Manfaat Madu untuk si Kecil!

Konsumsi madu pada anak-anak banyak dikenal sebagai hal yang wajar dan memiliki beragam khasiat. Manfaat madu, dalam hal ini, terbilang sangat banyak. Mulai dari meringankan gejala flu, meningkatkan daya tahan tubuh, membantu penyembuhan luka luar, dan tentu saja, membantu mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil. Tapi benarkah madu memiliki khasiat sebanyak itu?

Madu dikenal sebagai bahan alami yang hampir tidak memiliki kekurangan. Namun demikian, pada beberapa kasus dimana tenggorokan si Kecil cukup sensitif, ada baiknya Mums tidak memberikan madu secara langsung karena dapat menyebabkan radang pada tenggorokan si Kecil.

Agar lebih jelas mengenai manfaat madu untuk anak-anak, Mums dapat melihat penjelasan dalam poin berikut ini.

Nutrisi untuk Tumbuh Kembang

Ketahui 6 Macam Manfaat Madu untuk si Kecil!

Pertumbuhan sel tubuh anak-anak terbilang sangat pesat. Pertambahan volume, berat, serta tinggi badan si Kecil adalah hasil dari pertumbuhan sel yang cepat ini. Selain makanan dan minuman bernutrisi, Mums juga dapat memberikan madu untuk membantu proses pertumbuhan badannya. Dikombinasikan dengan aktivitas fisik yang cukup, maka si Kecil akan tumbuh dengan optimal.

Dosis yang bisa diberikan adalah sekitar satu sendok makan setiap hari. Dosis ini bisa diberikan secara langsung atau dengan melarutkannya dengan air hangat.

Membantu Menyembuhkan Luka Luar

Ketika bermain bersama teman-teman atau bersama Mums, tak jarang si Kecil mengalami kecelakaan kecil yang membuatnya lecet atau terluka. Meski pada kebanyakan kejadian Mums akan menggunakan obat-obatan, sebenarnya Mums juga bisa menggunakan madu untuk membantu mengobati luka luar. Madu memiliki sifat alami yang dapat membantu menyembuhkan luka luar dengan lebih cepat, serta menghindarkan si Kecil dari infeksi.

Asupan Energi dan Membantu Menjaga Daya Tahan Tubuh

Ketahui 6 Macam Manfaat Madu untuk si Kecil!

Konsumsi madu yang rutin juga dapat menjadi salah satu penambah asupan energi si Kecil ketika berkegiatan. Seperti yang Mums pahami, usia anak-anak sangat lekat dengan kegiatan bermain dan bergerak secara intens sehingga si Kecil memerlukan asupan energi yang cukup besar. Madu dapat membantu memenuhi kebutuhan energi hariannya, selain tentu Mums juga wajib memberikan makanan bergizi dan kaya nutrisi.

Selain dapat memberikan asupan tenaga untuk si Kecil, manfaat madu yang lain adalah untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil. Madu mengandung Zat Besi dan Vitamin Kompleks yang dapat berperan untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya, sehingga si Kecil tidak gampang terserang penyakit.

Sumber VItamin yang Baik

Seperti telah disinggung dalam poin ketiga tadi, madu memiliki kandungan Vitamin Kompleks. Mulai dari Vitamin B1, B2, B3, Vitamin D, Vitamin E, serta Vitamin B5. Selanjutnya masih ada Asam Nikotinat yang dapat membantu si Kecil mencukupi kebutuhan nutrisi harian.

Dalam porsi yang cukup, madu benar-benar bisa membantu Mums mencukupi kebutuhan nutrisi harian. Kombinasikan dengan jadwal makan dan menu makanan yang sehat, sehingga si Kecil tidak akan kekurangan nutrisi untuk tumbuh kembangnya.

Pencernaan yang Sehat

Ketahui 6 Macam Manfaat Madu untuk si Kecil!

Dengan asupan nutrisi yang cukup dan daya tahan tubuh, maka si Kecil akan memiliki pencernaan yang sehat pula. Tentu Mums menyadari ketika si Kecil bermain terkadang ia memasukkan segala macam benda ke dalam mulutnya. Jika terdapat bakteri jahat yang masuk, maka tentu ini akan mengganggu kesehatan pencernaannya.

Madu mengandung bakteri baik yang disebut dengan Lactobacillus dan Bifidobacteria, yang dapat membantu bakteri baik di dalam usus untuk melawan bakteri jahat yang masuk melalui benda-benda yang ‘dimakan’ oleh si Kecil ketika bermain. Maka dari itu, madu juga direkomendasikan untuk membantu menjaga kesehatan pencernaan si Kecil.

Membantu Meredakan Batuk dan Flu

Terganggunya kesehatan si Kecil akibat serangan penyakit batuk dan flu dapat diredakan dengan konsumsi madu yang rutin. Mums dapat memberikan madu sebanyak 1 sendok makan sebelum si Kecil tidur, untuk membantu mempercepat pemulihan kondisi kesehatannya.

Nah untuk penyakit flu, Mums dapat melarutkan 1 sampai 2 sendok makan madu dalam air hangat, kemudian meminta si Kecil menghirup uapnya. Uap dari larutan madu ini akan membantu si Kecil bernafas lebih lega, sehingga ia akan merasa lebih baik. Mums juga paham ‘kan, hidung mampet yang dialami ketika flu sangat membuat tidak nyaman? Jadi tidak ada salahnya mencoba cara ini untuk membantu si Kecil meringankan flu yang dideritanya.

Baca Juga : 6 Sumber Protein Nabati Terbaik untuk si Kecil, Catat Mums!

Memahami manfaat madu secara umum dapat memberikan Mums banyak alternatif guna mendukung tumbuh kembang si Kecil. Mulai dari mengoptimalkan tumbuh kembang, menambah daya tahan tubuh, membantu menjaga kesehatan organ pencernaan, hingga membantu meredakan beberapa penyakit, nyatanya madu benar-benar bahan makanan alami yang kaya akan manfaat. Nah, untuk terus mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil, Mums perlu mencukupi kebutuhan nutrisinya setiap hari. Berikan juga Friso Gold 4 untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisinya. Friso Gold 4 dilengkapi dengan teknologi Locknutri menjaga kualitas alami nutrisi di dalam susu sehingga mudah diserap tubuh si Kecil dan membantunya kuat dari dalam!