Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Ketahui Cara Mengajari Anak Membaca, Menulis dan Berhitung yang Ideal

Ketahui Cara Mengajari Anak Membaca, Menulis dan Berhitung yang Ideal

Sebagai orang tua, tentu Mums menginginkan yang terbaik untuk si Kecil. Mulai dari pendidikan, kasih sayang dan setiap hal lain yang diperlukan si Kecil, pasti akan diusahakan selalu yang terbaik. Satu yang tidak boleh terlewat untuk membekali tumbuh kembangnya adalah cara mengajari anak membaca, menulis dan berhitung.
Ketiga hal dasar ini sifatnya sangat penting karena akan menjadi modal utama si Kecil dalam proses belajar dan tumbuh berkembang. Memang banyak mitos yang mengatakan bahwa membaca, menulis dan berhitung harus diajarkan sedini mungkin. Apakah mitos tersebut benar? Atau hanya isapan jempol belaka yang tidak memiliki kajian sains?

Fakta Masa Pertumbuhan si Kecil

Sebelum Mums mengajarkan baca, tulis dan hitung pada si Kecil, terlebih dahulu harus dipahami bahwa ada beberapa fase tumbuh kembang si Kecil. Fase ini merupakan masa ideal usia si Kecil dan hal apa yang paling diperlukannya. Tentu saja, setiap fase memiliki fokus pembelajaran sendiri yang disarankan untuk dirangsang sehingga pertumbuhannya optimal.

  1. Yang pertama adalah fase 0 hingga 24 bulan. Pada fase ini yang diperlukan si Kecil adalah  stimulasi motorik sebab si Kecil sangat perlu untuk mengembangkan kemampuan motorik kasarnya. Sebagai tambahan, Mums bisa memberikan stimulus bahasa.
  2. Fase kedua, usia 2 hingga 3 tahun. Hal yang paling diperlukan si Kecil adalah stimulasi bahasa. Asumsinya pada usia ini motorik kasar si Kecil telah mampu dikuasai. Si Kecil akan mulai sadar keberadaan orang disekitarnya, dan akan mulai menjalin interaksi secara aktif.
  3. Fase ketiga, usia 4 tahun. Fase ini sangat menonjol perkembangan kemandiriannya sehingga Mums perlu merangsang perkembangan kemandirian si Kecil. Biarkan si Kecil mengambil keputusan dan membiasakan si Kecil pada situasi memilih berbagai hal.
  4. Fase keempat adalah usia 5 tahun. Disini, Mums bisa mulai menyentuh aspek seperti pengenalan warna, berbagai bentuk serta simbol dan angka. Biasanya usia ini si Kecil telah mulai masuk lembaga pendidikan formal seperti playgroup atau yang lain sehingga rangsangan yang diberikan bisa diselaraskan dengan apa yang dipelajarinya di luar rumah.
  5. Fase kelima, merupakan fase dimana si Kecil akan mulai berlatih dengan aktivitas sekolah seperti di TK. Persiapan ini perlu dilakukan sebagai bentuk pemanasan sebelum ia melangkah ke jenjang pendidikan dasar seperti SD.

Dengan demikian, jelas sudah bahwa untuk mengajari si Kecil baca, tulis dan hitung tidak perlu buru-buru. Ketiga hal tersebut bisa mulai dikenalkan pada usia 4 sampai 5 tahun dan akan terus diasah seiring bertambahnya usia si Kecil.

Kemampuan Dasar Sebelum Baca Tulis Hitung

Sebelum mempelajari ketiga hal tersebut, si Kecil idealnya telah memiliki pengetahuan dasar yang mumpuni. Diantaranya adalah mengenal dan mampu mengidentifikasi simbol yang ditemuinya, mampu memegang benda dengan kuat dan terkontrol, serta mampu mengasosiasikan angka dengan jumlah barang yang ada di sekitarnya.
Baru kemudian si Kecil bisa secara intens belajar baca, tulis dan hitung pada usia 6 tahun, dimana idealnya setiap kemampuan dasar telah dikuasai oleh si Kecil.

Cara yang Ideal

Cara mengajari anak membaca, menulis dan berhitung secara ideal sebenarnya bisa dimulai dari lingkungan rumah. Pembiasaan dan latihan yang Mums berikan dengan memanfaatkan barang-barang di sekitar si Kecil bisa dimulai. Misalnya dengan menggunakan bantuan congklak.
Kemudian untuk membaca, Mums bisa mengenalkan bagaimana cara mengeja mainan yang biasa digunakannya seperti mobil, atau peralatan makan seperti piring dan sendok. Sedangkan untuk menulis, Mums bisa mengajarkannya bersamaan dengan cara membaca.
Intinya, cara yang paling ideal adalah dengan pembiasaan si Kecil pada barang-barang di sekitarnya. Hal ini dinilai akan sangat efektif karena si Kecil cenderung lebih mengenal barang-barang yang sudah tak asing pada jangkauannya sehingga pembelajaran dan pelatihan yang dilakukan akan lebih mudah.

Mulai dari yang Paling Mudah

Tentu, proses yang Mums mulai sebaiknya mulai dari yang paling mudah dan mendasar. Dengan mengetahui hal sederhana, otak si Kecil akan lebih cepat menemukan pola-pola khas yang bisa menjadi dasar asosiasinya pada barang dan hal lain yang lebih kompleks.
Ini sebabnya, mengapa si Kecil perlu secara aktif diajak bergerak, mengenali objek baru, dikenalkan pada berbagai aktivitas baru dan bertemu banyak orang. Semata agar si Kecil terbiasa dengan hal baru dan memiliki motivasi belajar yang tidak pernah padam.

Setelah sedikit mengetahui tentang cara mengajari anak membaca, menulis dan berhitung, Mums juga tidak boleh melupakan kebutuhan nutrisinya. Penuhi kebutuhan nutrisi si Kecil dengan Friso Gold 4. Teknologi Locknutri yang dimiliki Friso Gold 4 memastikan kualitas Protein di dalam susu terjaga dalam kondisi alami karena tidak melalui proses pemanasan berlebih. Hal ini memungkinkan nutrisi yang ada bisa diserap dengan lebih mudah oleh tubuh si Kecil. Jika diperlukan, Mums bisa berkonsultasi dengan Ahli Nutrisi Alami Friso (ANA) pada situs resmi Friso yang berada di pojok kanan bawah.