Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Ketahui Gejala Cacingan dan Pastikan Penyebabnya

Ketahui Gejala Cacingan dan Pastikan Penyebabnya

Mendengar si Kecil terus menangis dan rewel tentu memilukan. Terlebih jika yang menjadi penyebabnya adalah gangguan kesehatan. Daya tahan tubuh yang belum terbentuk sempurna pada usia 1 hingga 3 tahun biasanya yang menjadi sasaran empuk gangguan kesehatan seperti misalnya cacingan. Untuk mewaspadai dan memberikan tindakan cepat, Mums wajib memahami gejala cacingan yang ditunjukkan si Kecil.
Si Kecil mungkin hanya bisa menangis atau merengek ketika terserang cacingan. Tak heran, cacingan menimbulkan rasa yang tidak nyaman dibagian tubuh tertentu. Bagian perut dan bagian anus jadi dua bagian paling sering terganggu ketika si Kecil mengalami cacingan.
Gangguan kesehatan seperti cacingan juga dapat menyebabkan si Kecil batuk terus menerus, mual, hingga gangguan lebih serius seperti terhambatnya pertumbuhan fisik si Kecil. Cacing yang bersifat parasit biasanya akan hinggap dan menempel pada usus, dan mencuri nutrisi penting yang diperlukan untuk tumbuh dan berkembang. Si Kecil akan nampak lesu dan bahkan kehilangan nafsu makan.
Jika dijabarkan, sebenarnya infeksi cacing yang paling sering menjangkiti si Kecil paling tidak ada 4 jenis Mums. Untuk lebih jelasnya, yuk simak poin-poin di bawah ini agar Mums dapat mendeteksi sedini mungkin dan secepatnya bisa disembuhkan.

Cacing Pita

Infeksi cacing pita cenderung sulit untuk dideteksi karena memerlukan waktu lama hingga si Kecil dapat merasakan gangguan akibat cacing pita. Awalnya mungkin tidak terasa apapun. Namun seiring berjalannya waktu, cacing pita akan terus tumbuh dan memanjang dan mulai bertelur di dalam usus. Biasanya infeksi cacing yang satu ini baru diketahui setelah beberapa saat.
Gejala umumnya adalah mual, sakit perut, badan si Kecil lemas, kehilangan nafsu makan, menurunnya berat badan hingga kerusakan pada organ atau jaringan. Jika si Kecil tiba-tiba menunjukkan tanda-tanda tersebut, ada baiknya Mums membawa si Kecil ke dokter karena kemungkinan terjadi infeksi cacing pita yang sudah cukup parah.

Cacing Tambang

Infeksi cacing tambang biasanya terjadi melalui celah kulit kaki si Kecil ketika ia bermain tanpa mengenakan alas kaki. Cacing ini akan bersarang pada bagian usus dan menghisap darah. Terdengar agak menakutkan ya Mums. Namun demikian jika si Kecil memiliki daya tahan tubuh yang baik, infeksi cacing ini jarang sekali terjadi.
Ciri-ciri si Kecil yang terkena infeksi cacing tambang antara lain rasa nyeri di bagian perut yang hilang timbul, diare, mual, demam, anemia, kehilangan nafsu makan, gatal pada area kak (tempat larva masuk) serta adanya darah pada feses si Kecil. Darah ini menjadi tanda bahwa infeksi yang terjadi sudah cukup parah.

Cacing Gelang

Infeksi cacing gelang biasanya terjadi lewat konsumsi makanan dan minuman yang kurang higienis dalam pemrosesan dan penyajiannya. Tidak hanya masuk ke dalam bagian pencernaan, cacing gelang juga dapat menginfeksi bagian lain seperti paru-paru dan menyebabkan munculnya batuk pada si Kecil.
Gejala umum yang ditimbulkan ketika si Kecil terinfeksi cacing gelang adalah batuk, rasa nyeri bagian perut, mual-mual hingga muntah, menurunnya berat badan, adanya cacing pada feses si Kecil dan si Kecil menjadi kurang bersemangat atau lesu.

Cacing Kremi

Salah satu jenis cacing yang paling sering menyerang anak-anak, cacing kremi. Si Kecil yang asyik bermain dan berkotor-kotoran sangat rentan terjangkit cacing kremi. Telur dari cacing kremi bisa dengan mudah berpindah dari tanah ke tangan, dan dari tangan masuk ke dalam saluran pencernaan melalui mulut. Cara paling mudah mengatasinya adalah pembiasaan cuci tangan setelah beraktivitas yang ditanamkan sejak dini pada si Kecil.
Telur yang masuk ke dalam saluran pencernaan kemudian akan menetas di bagian usus dan mulai menjadi parasit di dalam tubuh. Ketika telah dewasa, cacing betina akan bertelur dan menempel pada bagian anus. Ini mengapa si Kecil yang terjangkit cacing kremi biasanya merasakan gatal pada bagian anusnya.
Gejala cacingan yang ditimbulkan adalah gatal, utamanya pada bagian anus, kesulitan tidur, rasa nyeri dan iritasi pada anus, dan adanya cacing kremi pada feses si Kecil. Jika si Kecil menunjukkan tanda-tanda tadi, langkah cepat harus dilakukan.

Solusi utama dari permasalahan cacingan yang menyerang si Kecil tentu adalah obat berdasarkan resep dokter. Mengingat gejala yang ditimbulkan hampir sama, ada baiknya Mums melakukan tindakan preventif dengan membawanya ke dokter ketika gejala tersebut muncul.

Pencegahannya sendiri bisa dilakukan dengan menjaga kebersihan serta menjamin kebutuhan nutrisi si Kecil terpenuhi. Mengapa penting? Sebab dengan asupan nutrisi yang cukup, si Kecil akan memiliki daya tahan tubuh yang baik sehingga tidak mudah terserang cacingan. Untuk membantu mencukupi kebutuhan nutrisi harian, Mums bisa memberikan Friso Gold 3 dengan teknologi Locknutri. Teknologi ini akan menjaga kualitas nutrisi dalam keadaan alami sehingga lebih mudah diserap tubuh si Kecil. Selain itu Mums juga bisa berkonsultasi dengan Ahli Nutrisi Alami Friso (ANA) terkait berbagai topik secara langsung melalui fitur live chat yang tersedia di pojok kanan bawah situs Friso.

Selamat! Mums beruntung berkesempatan mendapatkan Free Sample dari Friso!

Daftar Sekarang