Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Ketahui Penyebab Kurang Gizi dan Cara Pencegahannya pada Anak

Ketahui Penyebab Kurang Gizi dan Cara Pencegahannya pada Anak

Kebutuhan nutrisi pada usia dini, tentu harus benar-benar diperhatikan. Pasalnya, masa tumbuh kembang si Kecil pada usia satu hingga tiga tahun merupakan fase yang penting. Tubuh si Kecil memerlukan asupan nutrisi yang cukup untuk mencapai pertumbuhan dan perkembangan yang optimal. Kurangnya pemenuhan nutrisi pada masa ini menjadi penyebab kurang gizi yang terjadi pada anak-anak usia dini.

Tanda-Tanda Anak Kurang Gizi

Jika dalam masa pertumbuhan si Kecil tidak mendapatkan asupan nutrisi yang memadai, tumbuh kembangnya tentu akan terganggu. Beberapa tanda-tanda utama dari si Kecil yang kurang gizi bisa dilihat secara jelas pada fisik si Kecil itu sendiri.

  1. Gagal tumbuh : terlihat dari kurangnya berat dan tinggi badan yang berada di bawah rata-rata anak seusianya. si Kecil cenderung akan terlihat lebih kurus, atau pendek.
  2. Kestabilan fisik : anak yang kurang gizi cenderung akan mudah marah, selalu nampak lesu dan banyak menangis. Asupan nutrisi yang tidak memadai juga bisa terlihat ketika si Kecil kurang memiliki perhatian pada lingkungan sekitarnya.
  3. Kulit dan rambut : karena nutrisi yang diserap kurang, maka kulit akan cenderung kering. Selain itu, rambut si Kecil yang mudah rontok juga bisa jadi tanda bahwa nutrisi yang diperlukan tidak terpenuhi.
  4. Kekuatan : kekuatan otot yang dimiliki si Kecil menjadi kurang karena pertumbuhan ototnya tidak didukung dengan ‘bahan bakar’ yang mencukupi.
  5. Marasmus : hal ini disebabkan karena kekurangan energi Protein, yang biasa disebut KEP. Tanda utamanya adalah menyusutnya berat badan secara drastis, kurangnya lapisan lemak di bawah kulit serta rambut yang rontok.
  6. Kwashiorkor : ketika rambut si Kecil berubah menjadi kemerahan atau pirang, disertai kulit kering dan kusam serta nafsu makan yang menurun. Ini disebabkan karena kekurangan zat gizi penting yang diperlukan tubuhnya.

Kurang Gizi pada Anak Berpostur Ideal

Jika dilihat sepintas memang tanda-tanda yang muncul pada anak kekurangan gizi terlihat pada bagian fisiknya. Namun demikian, waspadai juga kekurangan mineral dan vitamin penting. Hal ini bahkan bisa menyerang si Kecil dengan tampilan fisik yang ideal (berat dan tinggi). Kekurangan mineral dan vitamin akan berdampak seperti ini.

  1. Kulit si Kecil bermasalah, mudah iritasi dan tidak kenyal.
  2. Lidah bengkak.
  3. Penglihatan si Kecil menurun pada malam hari atau ketika cahaya redup.
  4. Kesulitan atau sesak nafas berkelanjutan.
  5. Rasa nyeri pada bagian tulang dan ototnya.

Ketika si Kecil menunjukkan gejala tersebut, sebaiknya orang tua segera membawanya ke rumah sakit untuk menemui dokter kepercayaan. Hal ini penting untuk mengantisipasi dampak lanjutan yang lebih buruk dan tidak diinginkan.

Cara Mencegah Kurang Gizi

Memang penyebab kurang gizi pada si Kecil bersumber pada asupan makanan dan minuman yang kurang memiliki nutrisi yang diperlukan. Hal ini sering terjadi karena orang tua tidak memberikan pengawasan penuh pada apa yang dikonsumsi si Kecil sehari-hari. Konsep ‘asal kenyang’ sebenarnya tidak dapat digunakan dalam masa pertumbuhan, terlebih pada si Kecil usia satu hingga tiga tahun.

Tumbuh kembang pada usia ini berjalan sedemikian cepat, sehingga memerlukan asupan yang juga banyak. Menu makanan sehat yang terkontrol perlu diberikan untuk si Kecil, agar si Kecil mendapat nutrisi yang dibutuhkannya untuk tumbuh. Selain itu, variasi makanan dan minuman juga harus diberikan sehingga si Kecil tidak cepat bosan pada menu yang itu-itu saja.

Konsumsi utama pada anak-anak sangat disarankan untuk mengandung banyak menu buah dan sayuran. Buah dan sayuran sendiri merupakan sumber nutrisi yang sangat baik, karena selain mudah dicerna dan nutrisinya lengkap, buah dan sayuran bisa dikonsumsi dengan berbagai cara.

Selain itu jangan lupa untuk memberikan asupan Karbohidrat yang cukup untuk memberikan tenaga dan pendukung pertumbuhan fisik si Kecil. Makanan seperti nasi, kentang, roti, atau sereal bisa dijadikan pilihan untuk mencukupi kebutuhan Karbohidrat si Kecil.

Untuk mendukung pertumbuhan tulang dan otot, berikan asupan Protein melalui beberapa jenis makanan seperti daging, telur, ayam, ikan, kacang-kacangan dan berbagai olahannya. Massa otot yang baik serta pertumbuhan tulang yang optimal akan memberikan postur tubuh yang ideal untuk si Kecil.

Satu yang terakhir dan tidak boleh ketinggalan adalah susu. Susu dikenal sebagai minuman yang kaya nutrisi dan sumber protein yang baik untuk si Kecil. Produk olahannya juga bervariasi serta sangat mudah diolah sesuai dengan selera si Kecil. Kecukupan nutrisi yang diperlukan tubuh si Kecil akan sangat terbantu dengan konsumsi susu rutin dan dengan porsi yang sesuai dengan usianya.

Mum bisa memberikan susu pertumbuhan seperti Friso Gold 3 untuk menunjang terpenuhinya nutrisi yang diperlukan si Kecil. Dengan teknologi Locknutri, kualitas protein yang terkandung dalam Friso Gold 3 selalu terjaga kealamiannya, sehingga mudah diserap oleh tubuh dan bantu si Kecil kuat dari dalam. Selain itu Mum juga bisa berkonsultasi dengan  Ahli Nutrisi Alami (ANA) melalui fitur chat pada situs resmi Friso.