Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Ketahui Perkembangan Janin di saat Masuk Usia Hamil 2 Bulan

Hamil 2 Bulan, Ini Ciri Perkembangan Janin yang Sehat

Masuk masa hamil 2 bulan, perkembangan fisik Mums belum terlihat secara signifikan. Namun, janin di dalam kandungan Mums sudah memiliki perkembangan.

Mengetahui perkembangan janin merupakan hal yang penting dilakukan dalam masa kehamilan. Masuk ke dalam masa hamil 2 bulan, perkembangan fisik Mums saat memasuki usia 5 minggu memang belum terlihat secara signifikan. Namun pada masa tersebut, janin di dalam kandungan Mums sudah memiliki perkembangan, terutama pada bagian organ penting. Di umur 5 minggu, ukuran janin sudah mulai bertumbuh dan jantung pada calon bayi sudah mulai mengisyaratkan denyutan. Perkembangan tersebut lambat laun akan meningkat hingga pada usia kehamilan mencapai 8 minggu atau genap memasuki usia hamil 2 bulan.

Perkembangan janin pada usia kehamilan 5 minggu

Masuk ke dalam masa awal hamil 2 bulan, tepatnya di usia kehamilan 5 minggu, janin di dalam kandungan sedang mengalami perkembangan yang cukup penting. Secara umum, di usia kehamilan 5 minggu, ukuran janin sudah mulai bertumbuh seperti biji wijen. Biasanya ukuran janin di masa awal hamil 2 bulan ini memiliki panjang 0.12 sentimeter dan bobot seberat 1 gram.

Pada fase kehamilan 5 minggu, organ-organ di calon bayi pun mulai disempurnakan. Organ tersebut meliputi struktur dasar otak hingga sistem saraf. Penyempurnaan organ tersebut dapat terlihat melalui perkembangan tabung saraf, medula spinalis, serta jaringan tulang belakang di masa awal hamil 2 bulan.

Selain itu, jantung pada janin pun kini sudah mulai membentuk serambi dan sekat untuk dapat memompa darah. Perkembangan lainnya bisa Mums ditemukan di bagian organ pencernaan janin. Pada masa ini, usus mulai berkembang untuk melancarkan sistem pencernaan calon bayi Mums kelak di masa perkembangan usia hamil 2 bulan.

Perkembangan janin pada usia kehamilan 6 minggu

Masuk ke dalam usia kehamilan 6 minggu, perkembangan janin di dalam rahim Mums kini sudah bisa terlihat jauh lebih baik dari sebelumnya. Di masa-masa awal hamil 2 bulan ini, ukuran janin sudah mulai kembali bertambah hingga 0.3 sentimeter panjangnya. Jantung janin pun kini sudah mampu berdenyut hingga 150 kali per menitnya. Setelah sebelumnya sistem saraf dan otak sudah mulai berkembang, kini giliran fisik janin yang mulai memperlihatkan perkembangan.

Pada usia kehamilan 6 minggu, janin di dalam tubuh Mums sudah mulai memperlihatkan bentuk mata. Pembentukan organ penglihatan ini dapat dilihat melalui titik gelap yang ada di bagian atas janin di masa awal hamil 2 bulan. Selain itu, di bagian samping janin pun akan terbentuk sebuah lekukan sebagai tanda pembentukan telinga. Pembentukan fisik lainnya juga bisa terlihat secara jelas melalui USG. Saat masa awal hamil 2 bulan, Mums akan dapat melihat kehadiran tunas tangan yang bentuknya menyerupai dayung kecil dan juga tunas pada bagian kakinya. Tidak lama lagi, Mums akan merasakan pergerakan di dalam rahim berkat pembentukan di bagian tangan dan kaki pada janin tersebut. 

Perkembangan janin pada usia kehamilan 7 minggu

Di masa-masa awal hamil 2 bulan, tepatnya pada usia 7 minggu, menjadi fase paling penting bagi perkembangan janin di dalam kandungan Mums. Meskipun bentuk janin masih belum sepenuhnya sempurna, si calon bayi di dalam kandungan Mums sudah menunjukkan perkembangan di bagian otak secara signifikan dan juga kehadiran sel serta organ baru. Secara fisik, janin pada usia kehamilan 7 minggu mengalami pertumbuhan hingga 1.3 sentimeter. Jika diibaratkan, janin di dalam kandungan Mums ini terlihat besar seperti buah ceri. Di fase ini, ari-ari calon bayi juga sudah mulai terbentuk yang berfungsi sebagai penyalur oksigen dan nutrisi, serta sebagai saluran pembuangan kotoran janin.

Organ jantung, hati, dan juga sepasang ginjal juga sudah mulai terlihat membentuk sebuah jaringan jika dipantau melalui USG di masa awal hamil 2 bulan. Jaringan dari ketiga organ tersebut akan berperan sebagai produsen sel darah merah dengan kadar yang cukup besar. Bagian organ pencernaan pun mulai terbentuk secara optimal, setelah sebelumnya hanya terlihat di bagian usus saja.

Perkembangan janin pada usia kehamilan 8 minggu

Di usia kehamilan 8 minggu, janin sudah mulai memperlihatkan perkembangan yang signifikan dibandingkan di minggu-minggu sebelumnya. Genap di usia hamil 2 bulan, bentuk janin kini seakan menyerupai biji kacang merah dengan panjang 1.60 sentimeter. Perkembangan fisik tersebut juga ditandai dengan bentuk janin yang mulai berubah. Pada minggu-minggu sebelumnya, jika dilihat melalui USG akan terlihat ekor seperti ekor berudu pada janin, namun masuk ke minggu ke-8 ini, ekor tersebut perlahan mulai menghilang.

Perkembangan berikutnya di hamil 2 bulan yang bisa Mums rasakan yaitu sifatnya yang lebih aktif. Meskipun aktif, nyatanya janin pada usia kehamilan 8 minggu baru bisa bergerak seperti menekuk bagian siku dan juga pergelangan tangannya. Bagian mata juga sudah mulai terlihat perkembangannya. Retina pada janin sudah mulai mengembangkan pigmennya di saat genap usia hamil 2 bulan ini. Yang patut diperhatikan, Mums juga sudah bisa mulai menebak-nebak jenis kelamin janin di dalam kandungan di masa ini.

Baca juga: Usia Kehamilan 6 Bulan

Menjaga tubuh di usia hamil 2 bulan

Memasuki usia hamil 2 bulan, Mums juga harus mulai memerhatikan kondisi tubuh secara teliti. Perhatian ini perlu dilakukan demi menjaga kesehatan Mums dan janin di dalam kandungan Perkembangan janin yang mulai berlangsung sejak minggu ke-5 hingga minggu ke-8 ini akan cukup berpengaruh kepada kondisi fisik Mums. Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan demi menjaga kondisi tubuh Mums saat hamil 2 bulan.

Baca juga: Ini Panduan Pemberian Menu MPASI 7 Bulan untuk Si Kecil

1. Morning Sickness

Saat Mums mulai memasuki usia hamil 2 bulan, akan sangat wajar jika Mums merasakan morning sickness atau rasa mual di pagi hari yang lebih sering daripada sebelumnya. Selain disebabkan oleh perkembangan janin, hal tersebut juga dipicu oleh perubahan hormon di dalam tubuh Mums.

Untuk mengurangi rasa mual atau morning sickness di masa hamil 2 bulan, sebaiknya Mums mulai menghindari menghirup bau makanan atau minuman yang menyengat, seperti bau kopi di pagi hari. Selain itu, Mums juga perlu mengonsumsi air putih lebih banyak dari biasanya serta kenakan pakaian yang sedikit longgar agar badan Mums terasa lebih leluasa.

2. Cepat lelah

Mungkin Mums merasa tidak terlalu banyak beraktivitas namun kerap kali cepat merasa kelelahan saat hamil 2 bulan. Mums tidak perlu panik, hal tersebut bisa saja terjadi karena faktor psikologis yang dipicu oleh perubahan hormon. Kelelahan tersebut bisa terjadi karena rasa khawatir atau anxiety, serta rasa sakit yang kerap terjadi saat PMS. Namun, untuk memastikan dan mencari cara terbaik mengatasi kelelahan, Mums bisa segera lakukan konsultasi dengan dokter kepercayaan agar kondisi Mums yang sedang hamil 2 bulan ini tetap terjaga kesehatannya.

3. Capai berat badan optimal

Agar Mums tetap sehat dan perkembangan janin di dalam kandungan tetap terjaga optimal, Mums perlu meningkatkan asupan gizi di dalam tubuh. Perlu diperhatikan, karena saat masuk usia hamil 2 bulan, zat yang terkandung dalam makanan Mums kini sudah terbagi untuk membantu perkembangan janin. Selain itu, agar menjaga calon bayi tetap sehat, secara perlahan Mums perlu meningkatkan berat badan, setidaknya 11 kilogram dari berat badan normal.

Makanan yang Wajib Dikonsumsi Ibu Hamil 2 Bulan

Setelah mengetahui perkembangan janin di usia hamil 2 bulan dan bagaimana menjaga tubuh Mums agar tetap sehat, kini saatnya Mums mengetahui jenis makanan yang wajib dikonsumsi saat usia kehamilan di trimester pertama, antara lain:

  1. Makanan yang mengandung protein

    Seperti yang Mums ketahui, protein merupakan zat makro yang harus dikonsumsi dalam jumlah yang tepat. Kehadiran protein sangat dibutuhkan karena nutrisi ini memiliki fungsi khas yang tidak bisa digantikan oleh nutrisi lain, yaitu membangun dan memelihara sel serta jaringan tubuh. Saat hamil 2 bulan, penting bagi Mums untuk mencukupi kebutuhan nutrisi ini dari makanan yang mengandung protein berkualitas, seperti susu, telur, ikan, daging merah, daging putih, kacang-kacangan, serta hasil olahannya. Pastikan untuk selalu menyeimbangkan asupan protein dengan nutrisi lain yang tak kalah penting. Dengan begitu, kesehatan Mums saat hamil 2 bulan dan perkembangan janin dapat tumbuh dengan optimal. 

  2. Makanan yang mengandung vitamin B9 (asam folat)

    Vitamin B9 atau asam folat merupakan nutrisi penting dalam pembentukan otak bayi. Penelitian dalam journal of American Medical Association menyebutkan bahwa setiap Ibu yang mengonsumsi vitamin B9 (asam folat) empat minggu sebelum kehamilan dan delapan minggu setelah kehamilan, bisa meminimalkan risiko autis pada bayi sebanyak 40 persen. Oleh karena itu, saat usia hamil 2 bulan, sebaiknya Mums mencukupi kebutuhan vitamin B9 (asam folat). Secara alami, kebutuhan akan vitamin B9 (asam folat) dapat dicukupi dengan rutin mengonsumsi hati sapi, bayam, sereal, brokoli, kubis, lobak, selada, pepaya, pisang, alpukat, jeruk, lemon, kacang tanah, telur, dan ikan. Pastikan mengonsumsi makanan ini dalam batas yang normal ya, Mums.

  3. Makanan yang mengandung zat besi

    Selain kedua nutrisi di atas, makanan Ibu hamil usia 2 bulan juga perlu memiliki kandungan zat besi di dalamnya. Makanan yang kaya akan zat besi bertujuan untuk mencegah terjadinya anemia, salah satu kondisi yang sering dialami oleh para Ibu hamil. Mums bisa mengonsumsi daging sapi tanpa lemak, ayam, salmon, brokoli, bayam, sawi, almond, apel, dan lainnya. 

  4. Makanan yang mengandung serat

    Makanan yang mengandung serat dibutuhkan oleh Mums selama masa kehamilan. Selain mencegah konstipasi atau sembelit, serat juga dapat mencegah risiko preeklampsia, yaitu komplikasi berbahaya pada Ibu hamil yang ditandai dengan tekanan darah tinggi. 

  5. Produk susu Ibu hamil 

    Asupan nutrisi yang tak kalah penting ialah susu ibu hamil yang dapat menjaga kesehatan Mums dan calon buah hati. Sebaiknya Mums Frisomum Gold Dualcare+ selama masa kehamilan ya. Kandungan nutrisi yang lengkap dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian sehingga kondisi tubuh senantiasa terjaga, serta perkembangan janin pun akan lebih sehat hingga proses kelahiran. Semangat selalu menjalani masa kehamilan, Mums!