Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Ketahui Pertolongan Pertama Anak Muntah Terus Di Sini!

Ketahui Pertolongan Pertama Anak Muntah Terus Di Sini!

Ketika si Kecil mengalami gangguan pencernaan atau keracunan makanan, atau mungkin saja gangguan kesehatan lainnya, mungkin muntah menjadi gejala paling sering muncul. Mungkin jika hanya terjadi satu atau dua kali tidak masalah. Namun bagaimana jika terjadi berkali-kali? Apakah pertolongan pertama anak muntah terus agar tidak berlanjut ke hal yang lebih berbahaya?

Proses muntah terjadi karena adanya kontraksi pada bagian lambung yang menyebabkan makanan yang sudah masuk dikeluarkan kembali. Hal ini bisa terjadi karena berbagai hal, mulai dari adanya gas yang terperangkap, masuknya makanan tidak bersih atau mengandung kuman, dan sebagainya. Ketika muntah otomatis makanan yang sudah dikonsumsi si Kecil akan dikeluarkan, bersama dengan cairan dan segala nutrisi yang belum sempat dicerna oleh tubuh.

Pertolongan Pertama yang Dapat Dilakukan

Ketika muntah hanya terjadi satu atau dua kali tentu merupakan hal wajar. Hal berikut bisa Mums lakukan untuk membantu si Kecil agar segera dapat mengatasi rasa tidak enak pada bagian mulut dan lambungnya.

Membiarkannya muntah hingga selesai, hal paling penting yang bisa dilakukan adalah biarkan si Kecil mengeluarkan segala apa yang ingin dikeluarkan oleh tubuhnya. Ini dapat membantu si Kecil mengosongkan lambung dan organ pencernaannya sehingga kembali dalam posisi bersih atau kosong.

Bantu ketika muntah, misalnya dengan menundukkan kepalanya agar cairan yang keluar tidak masuk ke dalam rongga pernafasan dan tidak mengotori baju si Kecil.

Perhatikan muntahan si Kecil dan siapkan air untuk berkumur, memperhatikan muntahannya penting untuk mengidentifikasi apa yang keluar dari dalam perutnya. Jika yang keluar hanya berupa makanan atau minuman, tentu wajar saja. Namun jika terdapat darah, Mums harus segera membawanya ke dokter untuk mendapat perawatan medis.

Penggantian cairan tubuh, dengan volume muntah yang sedemikian banyak tubuh si Kecil kehilangan cukup banyak cairan tubuh. Pastikan Mums memberikan asupan cairan tubuh untuk menghindarkan si Kecil dari dehidrasi. Berikan dalam jumlah sedikit namun terus menerus agar menjamin cairan tersebut dapat diserap sempurna.

Ketika Terjadi Muntah Berulang

Sebenarnya hal yang paling tepat dilakukan adalah membawa si Kecil ke dokter. Namun jika belum memungkinkan untuk mendapat penanganan secara lebih serius, Mums bisa menggunakan rumus berikut untuk mengukur berapa jumlah cairan tubuh yang hilang dan perlu digantikan secara bertahap. Simak baik-baik ya Mums, agar pertolongan pertama anak muntah terus dapat dilakukan dengan benar.

Kondisi Tanpa Dehidrasi

Dapat diidentifikasi dengan kondisi si Kecil yang sadar dan dapat minum secara normal. Selain itu, si Kecil juga mengeluarkan banyak air mata dan kelopak matanya tidak tampak cekung. Kulit si Kecil tidak keriput, mulut tidak kering dan urine normal namun terjadi penurunan berat badan kurang dari 5%. Rumus mengukur jumlah cairan tubuh yang harus digantikan adalah 2 sampai 5 mililiter/Kg berat badan untuk setiap kali muntah.

Kondisi Dehidrasi Ringan - Sedang

Anak sering gelisah, rewel, terlihat terus menerus kehausan dan minum dengan lebih cepat. Jumlah air mata berkurang, kelopak mata mulai nampak cekung, mulut kering, urine berkurang, kulit menjadi pucat dan berat badan menurun 5 hingga 10%. berikan cairan rehidrasi oral sebanyak 75 miligram/Kg berat badan/3 jam.

Kondisi Dehidrasi Berat

Pada tahap ini, si Kecil terlihat sangat lemah hingga tidak sadar, tidak mau minum, sangat kering, kelopak mata sangat cekung, kulit memucat dan berat badan menurun lebih dari 10%. jika hal ini terjadi segera bawa si Kecil ke dokter untuk mendapat penanganan medis yang lebih profesional.

Muntah berulang yang terjadi pada si Kecil tentu merupakan gejala gangguan pencernaan atau kesehatan yang tidak boleh disepelekan. Ini dapat menandakan bahwa terdapat infeksi bakteri cukup serius, atau mungkin bahkan gangguan organ pencernaan yang tidak lagi dapat dikatakan ringan. Ini akan sangat mengganggu proses tumbuh kembangnya karena semakin banyak si Kecil muntah maka semakin banyak pula ia kehilangan asupan nutrisi dan cairan tubuh.

Memastikan gejala dan memberikan pertolongan pertama anak muntah terus perlu segera dilakukan untuk mencegah resiko terjadinya hal yang membahayakan keselamatan si Kecil. Tentu saja sebelum hal ini terjadi Mums dapat mencegahnya dengan menerapkan pola hidup sehat, asupan nutrisi yang terjamin higienitas dan kebersihannya, serta melakukan olahraga rutin untuk membentuk daya tahan tubuh si Kecil lebih baik.

Setelah mengetahui sedikit mengenai pertolongan pertama anak muntah terus, tentu Mums tidak ingin hal ini perlu dilakukan bukan? Untuk itu, Mums dapat mencegahnya dengan memenuhi kebutuhan nutrisi si Kecil agar ia memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Mums bisa memberikan Friso Gold 3 Dengan teknologi Locknutri, kualitas alami nutrisi akan terjaga dan lebih mudah diserap tubuh si Kecil. Ini akan membantu si Kecil agar kuat dari dalam dan terhindar dari berbagai gangguan kesehatan.

Selamat! Mums beruntung berkesempatan mendapatkan Free Sample dari Friso!

Daftar Sekarang