Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Khasiat Buah untuk Pencernaan si Kecil, Simak Selengkapnya!

Khasiat Buah untuk Pencernaan si Kecil, Simak Selengkapnya!

Gaya hidup sehat sebaiknya ditanamkan sejak usia dini. si Kecil yang dibiasakan memiliki gaya hidup sehat sejak dini, cenderung memiliki kondisi kesehatan yang lebih stabil. Tentu saja, gaya hidup sehat meliputi aktivitas serta pola makanan yang sehat pula. Konsumsi buah, akan memberikan asupan nutrisi yang cukup untuk si Kecil. Selain itu, efek buah untuk pencernaan juga sangat baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Pada usia 1 hingga 3 tahun, mungkin si Kecil memang belum dianjurkan mengkonsumsi makanan dengan tekstur yang padat. Selain karena gigi yang belum tumbuh sempurna dan masih merupakan gigi susu, sistem pencernaan si Kecil juga belum sepenuhnya terbentuk seperti manusia dewasa. Untuk itulah, beberapa buah yang bernutrisi harus diolah terlebih dahulu agar lebih mudah diolah oleh sistem pencernaannya.

Untuk menjaga sistem pencernaan si Kecil, orang tua bisa memberikan beberapa buah yang disebutkan berikut ini. Memang tidak semua buah yang disebutkan memiliki tekstur halus dan mudah dikonsumsi. Namun orang tua bisa menjadikannya jus atau olahan lain yang mudah dicerna. Buah masih menjadi sumber vitamin dan nutrisi alami yang baik dikonsumsi semua usia, khususnya si Kecil karena minim bahan kimia.

Aprikot

Buah yang memiliki warna cerah dan berbulu halus ini sangat baik untuk kesehatan saluran pencernaan, khususnya bagian usus. Kandungan serat dan Vitamin C yang tinggi dalam buah aprikot bisa membantu menjaga kelancaran pencernaan dan daya tahan tubuh.

Kandungan serat, pada makanan apapun merupakan kunci dari kesehatan pencernaan. Pada aprikot sendiri, kandungan ini juga bisa membantu mencegah konstipasi. Tentu sensasi yang ditimbulkan konstipasi sangat tidak nyaman bukan? Terlebih bila dirasakan oleh si Kecil. Selain itu, aprikot juga dikenal sebagai buah yang dapat membantu menjaga kesehatan usus besar.

Apel

Tentu para orang tua sudah tidak asing dengan ungkapan apel dan dokter. ‘An apple a day keep the doctor away’. Ungkapan ini memiliki dasar ilmiah yang kuat. Buah apel mengandung jenis serat yang disebut Pectin. Pectin sendiri dapat membantu sistem pencernaan untuk meringankan gangguan diare dan konstipasi.

Kendati memiliki tekstur yang agak keras, apel baik dikonsumsi si Kecil. Orang tua bisa menjadikannya jus atau dicampurkan ke dalam bubur. Kandungan Pectin memiliki kemampuan untuk mengikat kolesterol jahat dan racun dalam sistem pencernaan dan membawanya keluar ketika buang air besar.

Kiwi

Buah yang memiliki kulit berwarna coklat ini selain rasanya segar juga dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan si Kecil. Buah kiwi, yang berwarna hijau, memiliki kandungan enzim Actidin yang dapat membantu mencerna Protein yang masuk ke dalam tubuh

Selain kandungan enzim tersebut, buah kiwi juga kaya akan kandungan serat. Nyatanya, konsumsi dua buah kiwi sehari bisa mencukupi 20% kebutuhan serat pada orang dewasa harian. Tentu saja untuk si Kecil porsinya harus disesuaikan. Selain itu, kiwi juga akan membantu usus besar si Kecil lebih sehat dan kuat.

Pisang

Salah satu buah yang paling banyak disukai si Kecil, karena selain rasanya yang enak, teksturnya juga lembut dan mudah dikonsumsi. Pisang memiliki kandungan serat yang sangat banyak sehingga dapat membantu si Kecil dalam melancarkan buang air besarnya. Konsumsi pisang secara rutin juga mampu menjaga kesehatan organ bagian perut secara keseluruhan, sehingga sangat tepat untuk dikonsumsi setiap saat.

Perlu diketahui, konsumsi pisang juga diklaim dapat meningkatkan mood si Kecil sepanjang hari. Dengan konsumsi makanan yang bernutrisi dan mood yang baik, tentu tumbuh kembang fisik dan psikis si Kecil akan berjalan secara optimal. Pisang juga memiliki berbagai varian, jadi orang tua bisa memberikan banyak pilihan pada anaknya.

Jambu

Salah satu buah dengan tekstur yang cukup padat dan keras ini tentu bukan buah yang asing bagi masyarakat Indonesia. Rasanya yang manis dan terkadang sedikit asam sangat segar ketika dikonsumsi saat cuaca sedang terik. Kandungan utama yang berperan dalam sistem pencernaan dari buah ini adalah serat, yang bisa mencukupi 12% kebutuhan serat orang dewasa hanya dengan satu buah jambu saja.

Mengingat teksturnya yang cenderung padat, maka ada baiknya orang tua mengolah buah ini terlebih dahulu sebelum dikonsumsi oleh si Kecil. Jus jambu bisa jadi alternatif, karena selain menyegarkan, rasanya juga nikmat dan disukai si Kecil.

Lima buah di atas bisa menjadi pilihan orang tua untuk membantu menjaga kesehatan pencernaan si Kecil. Konsumsi buah secara rutin juga sangat membantu mencukupi kebutuhan gizi dan vitamin lain yang diperlukan si Kecil dalam masa tumbuh kembangnya.

Khasiat buah untuk kesehatan telah teruji secara klinis. Demikian pula dengan susu kaya nutrisi Friso Gold 3, yang mengandung setiap nutrisi penting yang diperlukan si Kecil untuk tumbuh dan berkembang. Setiap kemasan Friso Gold 3 diolah dengan Single Process, yang membantu kualitas protein yang ada di dalam susu tetap terjaga. Selain itu, jika diperlukan Mum bisa melakukan konsultasi secara live chat dengan Ahli Nutrisi Alami Friso (ANA) untuk konsultasi berbagai hal tentang tumbuh kembang si Kecil.