Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Konser Keluarga Dengan Alat Musik Buatan Sendiri

Hi Mum, sudah punya rencana untuk acara malam tahun baru nanti? Yuk, jadikan hari spesial tersebut makin meriah dengan membuat konser unik bersama si Kecil dan keluarga. Tidak perlu membeli alat musik dulu, kok. Mum hanya perlu menyiapkan perlengkapan yang tersedia di dalam rumah. Ayo lihat caranya dengan daftar di Friso Moments!

Hi Mum, sudah punya rencana untuk acara malam tahun baru nanti? Yuk, jadikan hari spesial tersebut makin meriah dengan membuat konser unik bersama si Kecil dan keluarga. Tidak perlu membeli alat musik dulu, kok. Mum hanya perlu menyiapkan perlengkapan yang tersedia di dalam rumah. Ayo lihat caranya di bawah ini!

Aktivitas Bersama si Kecil

  1. Pertama-tama, mari kita siapkan alat musiknya terlebih dahulu. Mum bisa menyiapkan kaleng biskuit kosong untuk drum, toples plastik berisi beras sebagai maracas, 2 buah penutup panci untuk cymbal, dan kotak sepatu dengan karet gelang berukuran besar sebagai senarnya untuk dijadikan gitar.
  2. Setelah alat musiknya sudah siap semua. Kini, ajak si Kecil dan keluarga untuk bermain dan latihan bersama.
  3. Saat berlatih, Mum bisa mendampingi si Kecil untuk memainkan satu per satu alat musiknya. Kemudian, minta dia untuk memilih alat yang ingin dimainkannya.
  4. Mum, apa masing-masing anggota keluarga sudah siap dengan alat musiknya? Kalau begitu, ini dia saatnya untuk konser bersama! Yuk, download lagu Friso Noisemakers Jingle di bagian Info Pendukung Aktivitas. Jadikan lagu ini musik pengiring untuk konser akbar nanti.
  5. Siap? Putarkan lagunya dan ajak seluruh anggota keluarga untuk memainkan alat musik masing-masing sambil mengikuti musiknya.
  6. Mum, jangan lupa rekam konser seru ini untuk kenang-kenangan saat si Kecil sudah besar nanti, ya! Bagikan video keceriaan tersebut kepada Friso Mums lainnya melalui halaman Facebook di Friso Indonesia dan twitter @FrisoID dengan hashtag #FrisoMoments.

Info Pendukung Aktivitas

Inilah daftar perlengkapan yang bisa Mum siapkan untuk aktivitas ini:

  1. Komputer dengan akses internet
  2. Kaleng biskuit kosong
  3. Ice Cream Cup berisi beras
  4. 2 buah penutup panci
  5. Kotak sepatu dengan karet gelang berukuran besar.
  6. Lagu Friso Noisemakers Jingle yang bisa di-download di bawah ini

Manfaat Bagi Mum

Inilah kesempatan emas untuk menunjukkan daya kreativitas Mum! Lewat aktivitas ini, Mum jadi bisa berkreasi sesuka hati untuk membuat alat musik yang unik bersama si Kecil dan keluarga. Selain itu, konser tersebut juga bisa Mum manfaatkan untuk mengamati perkembangan si Kecil sejauh ini. Satu lagi yang tak kalah penting, bermain musik bersama seluruh anggota keluarga di hari yang istimewa tersebut tentu menjadi momen seru yang tak akan terlupakan!

Manfaat Bagi si Kecil

Senangnya saat melihat si Kecil tertawa ceria waktu konser bersama! Selain seru, aktivitas seperti ini ternyata dapat mengembangkan berbagai kemampuannya, Mum. Misalnya, saat berkenalan dengan berbagai bebunyian, daya imajinasi dan kemampuan berpikir si Kecil jadi bisa ikut terlatih. Begitu juga waktu mendengarkan instruksi Mum ketika bermain, yang dapat mengembangkan kemampuan berbahasanya saat ini. Tak hanya itu, bermain alat musik pun akan melatih koordinasi tangan, fokus, dan daya konsentrasinya. Kristen Murphy, direktur dari University of Puget Sound Community Music Department juga mengungkapkan kalau musik adalah sarana yang tepat untuk melatih daya kreativitas si Kecil saat ini.

Info Gizi & Nutrisi

Perkenalannya dengan musik menjadi kesempatan belajar yang baik bagi si Kecil di masa ini. Apalagi, aktivitas seperti itu pun ikut mengasah daya kognitif si Kecil yang sedang berkembang pesat di usianya sekarang. Untuk mendukung proses tumbuh kembangnya itu, peran nutrisi juga tak kalah penting, Mum. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang ikut berperan dalam mengoptimal perkembangan otak si Kecil:

  1. Telur
    Kaya akan Protein, Kolin, Omega-3s, Zinc, dan Lutein yang dapat meningkatkan daya konsentrasi anak.
  2. Ikan
    Mengandung vitamin D dan Omega-3 untuk melindungi otak dari kerusakan.
  3. Alpukat
    Kandungan lemak tak jenuh di dalamnya merupakan salah satu nutrisi penting untuk mendukung perkembangan otak si Kecil.
  4. Kale
    Sayuran hijau yang satu ini mengandung zat diindolylmethane yang dapat membantu perkembangan sel dalam otak.

Jangan lupa, susu pertumbuhan pun memiliki peran tersendiri dalam mendukung proses tumbuh kembangnya saat ini. Oleh sebab itu, pastikan susu yang diminum si Kecil telah melewati proses produksi yang tepat sehingga nutrisinya dapat dicerna dengan mudah. Friso Gold 3 dengan kandungan nutrisi ALA, LA, Nukleotida, Prebiotik, Vitamin A, Vitamin C, Vitamin E, Zinc, Zat Besi, dan Selenium, diproses dengan konsep “Grass to Glass”. Dengan begitu, susu tidak melewati pemanasan secara berlebih sehingga kandungan di dalamnya tetap terjaga kualitasnya dan mudah diserap oleh tubuh si Kecil.