Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Konsumsi Makanan Serat Tinggi untuk Kesehatan Pencernaan Si Kecil

Konsumsi Makanan Serat Tinggi untuk Kesehatan Pencernaan Si Kecil

Melihat si Kecil dapat beraktivitas dengan ceria dan memiliki kondisi tubuh yang sehat merupakan kebahagiaan besar untuk setiap orang tua, bukan begitu Mums? Hal ini bisa didapatkan tentu dengan pola hidup yang sehat, yang salah satunya adalah konsumsi makanan serat tinggi, on a daily basis.
Aktivitas si Kecil, pada usia 3 hingga 6 tahun, tergolong aktivitas yang intens. Tak hanya banyak belajar berhitung, membaca dan menulis, aktivitasnya akan banyak diisi dengan kegiatan fisik dan di luar ruang. Tentu si Kecil memerlukan tenaga yang cukup banyak serta nutrisi yang juga tidak sedikit.
Selain sebagai sumber tenaga, makanan juga akan menjadi faktor besar untuk menjaga kesehatan tubuh dan pencernaan si Kecil. Variasi berbagai menu sehat seperti buah dan sayur merupakan kombinasi paling tepat untuk menjaga kesehatan sekaligus memenuhi nutrisi yang diperlukannya.
Untuk makanan serta tinggi sendiri, dapat membantu si Kecil menjaga kesehatan organ pencernaan dengan mendorong BAB lancar. Lalu apa saja ragam makanan berserat serta manfaat yang dikandungnya? Berikut penjelasan selengkapnya.

Strawberry

Rasanya yang segar dan warnanya yang menarik membuat strawberry jadi salah satu buah favorit anak-anak. Dengan kandungan Vitamin C, Mangan dan beberapa antioksidan kuat, buah ini sangat baik untuk kesehatan si Kecil. Dalam 100 gram strawberry, terdapat sedikitnya 2 gram serat, yang mana ini sangat banyak mengingat kalorinya yang rendah.

Apel

Selain memiliki gizi dan rasa yang lezat, apel juga merupakan buah yang kaya akan serat. Konsumsi apel yang rutin akan membantu si Kecil untuk dapat melancarkan pencernaannya, sehingga tidak akan ada cerita dimana si Kecil kesulitan buang air besar. Apel juga memiliki kandungan Vitamin C yang cukup tinggi, sangat berguna untuk daya tahan tubuh si Kecil.

Alpukat

Salah satu buah yang mudah dikonsumsi dan diolah ini memiliki kandungan VItamin C, Kalium, Magnesium, Vitamin E dan berbagai Vitamin B. Alpukat juga memiliki kandungan lemak baik yang sangat berguna untuk tumbuh kembang si Kecil. Tentu, terdapat juga serat (6,7 gram serat dalam 100 gram alpukat) yang membantu BAB si Kecil menjadi lancar.

Wortel

Sayuran berwarna cerah dan tekstur agak keras ini memiliki nutrisi yang cukup banyak. Mulai dari Vitamin K, Vitamin B6, Magnesium, Beta-Karoten, Antioksidan serta sumber Vitamin A yang baik. Wortel juga memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, yakni 2,8 gram per 100 gram penyajian.

Brokoli

Well, meski tidak banyak disukai si Kecil, kandungan nutrisi yang ada dalam brokoli ternyata tidak main-main lho Mums. Setidaknya brokoli memiliki kandungan Vitamin C, Vitamin K, Vitamin B, Potasium, Zat Besi, Mangan, Antioksidan dan nutrisi pencegah kanker. Dengan nutrisi sebanyak ini, tentu sayang jika si Kecil tidak mau mengkonsumsi brokoli. Kreasikan bahan ini dengan menarik, sehingga si Kecil mau menyantapnya.

Ubi

Jenis umbi-umbian ini selain memiliki rasa yang cenderung manis dan tekstur lembut ternyata juga memiliki segudang nutrisi yang baik untuk tubuh si Kecil. Mulai dari Beta-Karoten, Vitamin B, serta berbagai mineral lain, penting untuk tumbuh kembang si Kecil. Kandungan serat yang dimiliki juga lumayan tinggi, pada kisaran 2,5 gram serta per 100 gram ubi tanpa kulit.

Coklat Hitam

Makanan apa yang paling digemari si Kecil sebagai camilan? Jawabannya tentu adalah coklat. Makanan manis dengan warna gelap ini menjadi favorit kebanyakan anak karena rasanya yang enak serta efek rileks yang ditimbulkan setelah memakan coklat.
Namun demikian, jika Mums menginginkan coklat yang bermanfaat untuk si Kecil, pastikan Mums memberikan coklat hitam dengan kandungan kakao antara 70% hingga 95%. Coklat dengan kadar ini biasanya memiliki rasa sedikit pahit namun justru sangat bermanfaat untuk si Kecil.
Kandungan serat yang ada dalam coklat hitam adalah 10,9 gram serat per 100 gram coklat. Cukup tinggi bukan? Selain itu, konsumsi coklat juga dapat membantu memberikan mood yang baik untuk si Kecil.

Demikian tadi makanan yang banyak mengandung serat yang bisa Mums berikan untuk si Kecil. Selain membuat BAB si Kecil lancar, makanan serat tinggi juga akan membantu membersihkan organ pencernaan si Kecil dari sisa makanan atau bakteri jahat yang menempel, sehingga akan terjaga tetap bersih dan sehat.
Untuk melengkapi makanan serat tinggi yang Mums sajikan, berikan Friso Gold 4 Dengan teknologi Locknutri, kualitas alami nutrisi akan terjaga dan lebih mudah diserap tubuh si Kecil. Ini akan membantu si Kecil agar kuat dari dalam. Selain itu, Mums juga bisa berkonsultasi dengan Ahli Nutrisi Alami Friso (ANA) melalui fitur live chat pada situs resminya.

Selamat! Mums beruntung berkesempatan mendapatkan Free Sample dari Friso!

Daftar Sekarang