Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Konsumsi Salad Buah untuk Si Kecil, Cara Asyik Penuhi Kebutuhan Nutrisinya!

Konsumsi Salad Buah untuk Si Kecil, Cara Asyik Penuhi Kebutuhan Nutrisinya!

Konsumsi buah untuk anak-anak dan orang dewasa merupakan kebiasaan sehat yang sebaiknya dilakukan secara rutin. Kini, cara konsumsinya juga beragam, mulai dengan dijadikan jus, dimakan secara utuh, atau dijadikan salad buah nikmat yang dapat menjadi pengganjal perut dan camilan sehat. Tentu saja, pemilihan buah juga harus dicermati agar nutrisi yang masuk ke tubuh si Kecil dapat seimbang dan membawa manfaat baik yang maksimal.

Hal utama yang dapat bermanfaat maksimal untuk si Kecil sebenarnya terletak pada kandungan serat yang ada pada setiap buah. Serat ini akan dapat membantu melancarkan pencernaan si Kecil dan menjaganya dalam kondisi tetap bersih. Ini akan membuat organ pencernaan si Kecil tetap sehat sehingga penyerapan nutrisinya dapat maksimal.

Serat Larut dan Serat Tak Larut

Dalam dunia kesehatan, kemudian dikenal dua jenis serat, yakni yang larut dalam air dan yang tak larut dalam air. Meski demikian, keduanya sama-sama baik untuk kesehatan pencernaan si Kecil. Untuk serat larut air, biasanya teksturnya menyerupai gel dan berguna untuk memperlambat penyerapan karbohidrat sehingga dapat terserap maksimal. Selain itu, serat ini juga dapat menurunkan kadar kolesterol dan gula darah.

Untuk serta yang tak larut dalam air, gunanya adalah mengikat makanan di sistem pencernaan untuk dikeluarkan melalui anus setelah selesai dicerna. Serat ini yang baik untuk membantu melancarkan pencernaan sehingga menjaga organ pencernaan seperti usus dan lambung tetap dalam keadaan bersih dari sisa proses pencernaan yang terjadi.

Buah yang Direkomendasikan untuk Salad Buah

Ketika Mums membuat salad buah untuk si Kecil, tentu harus memperhatikan komposisi buah yang digunakan. Selain agar dapat memberikan nutrisi seimbang, komposisi warna yang ada juga akan membuat si Kecil makin tertarik untuk melahap salad yang Mums buat. Lalu apa saja yang bisa dikombinasikan agar salad terlihat menarik?

Apel

Memiliki manfaat untuk menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik, buah dengan tekstur yang sedikit keras serta rasa yang manis dapat menjadi bahan yang baik untuk salad yang Mums buat. Apel juga baik untuk menurunkan resiko asma dan resiko penyakit paru obstruktif kronis.

Nanas

Dengan warna kuning yang cerah, nanas bisa memberikan nuansa segar dalam salad buah buatan Mums. Kandungan Vitamin C yang sangat kaya dapat memenuhi kebutuhan nutrisi ini satu hari hanya dengan porsi secangkir saja.

Alpukat

Alpukat dapat memberikan warna hijau yang kontras dengan warna kuning nanas. Selain mudah dikunyah, buah ini juga sangat baik untuk asupan kalium, mangan dan serat sehingga bermanfaat untuk kesehatan si Kecil.

Stroberi

Untuk warna merah, Mums bisa membubuhkan beberapa buah stroberi ke dalam salad yang Mums buat. Rasanya yang cenderung asam dapat menjadi variasi baik pada rasa manis yang diberikan buah lain. Selain itu, stroberi juga memiliki kandungan antioksidan tinggi.

Mangga

Mudah ditemukan, rasa yang manis serta warna yang cerah, sangat cocok untuk tambahan dari salad buah bukan? Buah mangga tidak mengenal musim ini dapat ditemukan dengan mudah di semua wilayah indonesia. Teksturnya yang lembut juga disukai si Kecil.

Pepaya

Dikenal luas bermanfaat baik dalam melancarkan pencernaan si Kecil hingga orang dewasa. Buah ini nikmat dikonsumsi secara langsung dan juga nikmat dijadikan salad dengan paduan saus yang tepat. Kandungan Vitamin C, A dan kalium baik untuk menunjang tumbuh kembang si Kecil.

Manfaat Salad Buah untuk Si Kecil

Tentu secara garis besar, konsumsi salad buah akan membawa manfaat baik untuk si Kecil. Manfaat ini tidak hanya pada pencernaan, yang tentu akan menjadi lebih lancar, namun juga pada keterpenuhan nutrisi yang diperlukan tubuhnya untuk tumbuh dan berkembang. Seperti Mums pahami, bahwa tumbuh kembang si Kecil memerlukan nutrisi yang tidak sedikit.

Ketika kebutuhan nutrisi ini terpenuhi maka proses tumbuh kembang idealnya akan berlangsung dengan optimal. Pertambahan berat dan tinggi badan, perkembangan otak, serta meningkatnya daya tahan tubuh dan fungsi organ pencernaan akan berjalan bersamaan secara ideal. Ini mengapa konsumsi buah penting untuk anak-anak.

Pada akhirnya, konsumsi buah, baik secara langsung atau dengan diolah seperti menjadi salad buah, sangat direkomendasikan untuk si Kecil. Manfaat yang terkandung dalam setiap jenis buah dapat membantu proses tumbuh kembang, sehingga dapat berjalan optimal. Dengan terpenuhinya nutrisi yang diperlukan, maka si Kecil akan tumbuh sehat dan ceria.

Salad buah baik diberikan ketika si Kecil mampu mengunyah buah dengan tekstur yang sedikit keras. Untuk membantu Mums dalam memenuhi kebutuhan nutrisi si Kecil, berikan pula Friso Gold 4. Dengan teknologi Locknutri, kualitas alami nutrisi akan terjaga dan lebih mudah diserap tubuh si Kecil. Ini akan membantu si Kecil agar kuat dari dalam dan tumbuh lebih optimal.