Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Latih Koordinasi Tangan & Mata Anak 1 Tahun dengan Cara Ini

Latih Koordinasi Tangan & Mata Anak 1 Tahun dengan Cara Ini

Tahukah, Mum? Sejatinya, koordinasi antara mata dan tangan sangat penting untuk mengoptimalkan tumbuh kembang balita, serta melatih konsentrasinya sejak dini . Butuh inspirasi aktivitas seru? Inilah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melatih koordinasi tangan dan mata si Kecil.

Menggambar

Menggambar adalah salah satu contoh aktivitas yang dapat melatih koordinasi antara tangan dan mata si Kecil. Siapkan secarik kertas dan pensil warna untuk menggambar. Perhatikan goresan si Kecil dan tanyakan kepadanya, “Kamu gambar apa, sayang?” Dengan begitu, ia akan berusaha menjawab pertanyaan Mum dengan mulut mungilnya.

Bermain balok

Ajak si Kecil bermain balok, yuk! Gunakan balok-balok tersebut untuk membuat berbagai bentuk yang menarik, seperti rumah, menara, jembatan, dan lain-lain. Aktivitas ini dapat mengoptimalkan tumbuh kembang anak 1 tahun dengan cara membuat sebuah objek yang mendekati bentuk aslinya.

Bermain puzzle

Mum disarankan untuk memilih puzzle dari balok kayu. Pasalnya, balok-balok ini dapat melatih perkembangan balita untuk mengenal bentuk dan warna. Selain itu, permainan ini juga dapat melatih kemampuan kognitif si Kecil, lho.

Bermain lempar bola

Mum bisa mulai dengan menggelindingkan bola ke arah si Kecil secara perlahan, dan biarkan ia menangkapnya. Permainan seperti ini berguna untuk melatih koordinasi antara tangan, mata, dan otak si Kecil. Tidak hanya itu, saat Mum memberi aba-aba padanya untuk menangkap bola, ia jadi belajar berhitung dan menerima instruksi.

Memindahkan benda dari wadah satu ke wadah lain

Permainan memindahkan benda dari wadah satu ke wadah mungkin terlihat sepele ya, Mum. Namun, kegiatan ini akan membantu melatih koordinasi antara tangan, mata, dan otak, serta meningkatkan kemampuan si Kecil untuk berkonsentrasi dengan baik.

Menuang air

Menuang air dari satu gelas ke gelas yang lainnya bisa Mum praktikkan di rumah kapan saja. Melalui aktivitas sederhana ini, si Kecil juga belajar mengenal sifat benda cair, yaitu mudah tumpah dan dapat membasahi objek lainnya.

Memakai dan melepas baju

Mum dapat mengajarkan si Kecil untuk memakai dan melepas baju sendiri. Aktivitas sederhana ini tidak hanya melatih koordinasi tangan dan mata si Kecil, tetapi juga mengajarkannya untuk lebih mandiri.

Mengupas buah

Mungkin selama ini Mum tidak menyadari bahwa mengupas buah dapat melatih motorik si Kecil. Berikan satu buah jeruk dan tunjukkan cara mengupasnya. Saat si Kecil berusaha mengupas jeruk, keterampilan tangan serta koordinasi dengan mata dan otaknya semakin meningkat.

Begitu banyak aktivitas yang dapat dilakukan si Kecil untuk melatih koordinasi antara tangan dan matanya. Jika masih membutuhkan inspirasi kegiatan lainnya, Mum dapat mengajaknya melakukan berbagai hal, seperti memindahkan benda menggunakan alat penjepit, membuat bentuk dari lilin mainan, atau merangkai benda berlubang menggunakan tali. Saat bermain nanti, ada baiknya Mum menyajikan susu anak 1 tahun yang mudah dicerna oleh si Kecil.

Susu Friso Gold 3 diformulasikan dengan kandungan Vitamin A, C, dan E, Kalsium, Prebiotik, Nukleotida, Zink, Zat Besi, dan Selenium untuk melindunginya dari dalam saat beraktivitas bersama Mum. Baiknya lagi, Friso diproduksi dengan konsep Single Process tanpa pemanasan berlebih, sehingga nutrisi alami susu anak 1 tahun ini mudah dicerna serta diserap tubuh.