Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Latihan Menulis Anak TK, Terapkan 5 Cara Mudah Ini Mums!

Latihan Menulis Anak TK, Terapkan 5 Cara Mudah Ini Mums!

Mums tentu ingin si Kecil tumbuh dan berkembang menjadi anak yang cerdas dan pintar. Bahkan di usianya yang sudah siap memasuki Taman Kanak-Kanak (TK), Mums mungin berupaya maksimal untuk mengajari latihan menulis anak TK agar ia dapat mengikuti pelajaran dengan mudah.

Seperti yang Mums ketahui, menulis merupakan salah satu kemampuan motorik halus yang perlu dikuasai oleh setiap anak. Melalui menulis, si Kecil akan belajar untuk menyatakan atau menyalurkan emosi maupun ekspresi diri tentang perasaannya. Menulis dapat menjadi bekal untuk masa depannya. Nantinya, ia dapat menuangkan segala ide-ide yang ada dalam pikirannya ke dalam sebuah tulisan.

Agar si Kecil dapat mengikuti latihan menulis anak TK, Mums perlu mengajari beberapa cara agar si Kecil terbiasa menulis. Mums bisa menerapkan 5 cara mudah belajar menulis berikut ini.

Menyambungkan Titik-Titik Huruf

Latihan Menulis Anak TK, Terapkan 5 Cara Mudah Ini Mums!

Cara mudah latihan menulis anak TK adalah dengan menyambungkan titik-titik yang membentuk huruf. Metode ini sangat mudah diikuti oleh si Kecil. Untuk melakukan cara ini, Mums bisa membuat pola sendiri secara manual yang menggambarkan huruf dan angka dengan bentuk tertentu atau sebuah rangkaian tertentu. Pola harus dibuat titik-titik menggunakan spidol atau pulpen.

Selain manual, Mums bisa mendapatkan pola tersebut dari sebuah buku atau mencetak titik-titik huruf dari sebuah gambar di internet. Cara satu ini terbilang praktis karena bisa mempersingkat waktu daripada membuatnya sendiri. Setelah pola titik-titik huruf sudah tersedia, mintalah si Kecil untuk menebalkan atau menyambungkan masing-masing titik agar bisa menciptakan sebuah huruf tertentu. Setiap si Kecil menyelesaikan satu titik-titik huruf, ajak si Kecil untuk mengeja huruf tersebut agar ia terbiasa mengingat pelafalan dan bentuk huruf.

Menebalkan Huruf Tipis

Hampir sama seperti menyambungkan titik-titik huruf, cara latihan menulis anak TK selanjutnya adalah menebalkan huruf tipis. Mums bisa membuat sebuah huruf dari pensil, lalu meminta si Kecil menebalkan huruf tersebut dengan pulpen atau spidol warna. Perlu Mums ingat, dalam membuat sebuah huruf, pastikan menuliskannya dengan ukuran yang besar agar si Kecil dapat tidak kesulitan dan bisa belajar dengan maksimal. Buatlah pola menggunakan berbagai tipe huruf mulai dari A hingga Z. Bentuk yang beragam akan membuat si Kecil semakin tertarik dan tidak mudah bosan saat belajar.

Latihan Menulis dengan Cara Menjiplak

Latihan Menulis Anak TK, Terapkan 5 Cara Mudah Ini Mums!

Bagi si Kecil yang memiliki masalah ketika menulis seperti kesulitan memegang pensil atau membentuk huruf, Mums perlu membantu mengatasinya dengan mencari metode belajar menulis lainnya. Salah satu metode belajar untuk latihan menulis anak TK yang bisa Mums gunakan yaitu menulis dengan menjiplak.

Menjiplak termasuk kegiatan menirukan sebuah huruf, angka, gambar, atau bentuk tertentu menggunakan pola. Metode belajar ini biasanya memerlukan media kertas yang lebih tipis di bagian atasnya sehingga si Kecil dapat mudah melihat jenis pola yang bisa diterapkan untuk menjiplak. Dengan menuntun si Kecil menulis melalui metode menjiplak, terutama jika rutin dilakukan, si Kecil secara perlahan akan terbiasa menulis. Bahkan nantinya, si Kecil akan mampu mandiri tanpa perlu menggunakan metode menjiplak lagi untuk latihan menulis anak TK.

Baca Juga: Ketahui Cara Mengajari Anak Membaca, Menulis dan Berhitung yang Ideal

Mengulangi Penulisan Huruf Alfabet Tunggal

Cara untuk latihan menulis anak TK lainnya adalah dengan rajin menuliskan huruf alfabet tunggal. Mums bisa memintanya menuliskan huruf alfabet tunggal dari A sampai Z dengan jumlah tertentu. Misalnya, minta si Kecil membuat huruf A di satu lembar kertas hingga 10 kali, bila sudah terlatih, Mums bisa melanjutkan dengan huruf B, C, D, dan seterusnya. Mengulangi penulisan huruf alfabet tunggal ini bisa terus dilatih dengan konsisten agar latihan menulis anak TK yang ia lakukan berjalan sesuai harapan.

Mulai Menulis Suku Kata

Latihan Menulis Anak TK, Terapkan 5 Cara Mudah Ini Mums!

Cara mudah untuk latihan menulis anak TK yang terakhir adalah mulai belajar menulis suku kata. Latihan dengan cara ini hanya bisa diterapkan setelah si Kecil bisa menuliskan huruf per huruf. Menulis suku kata termasuk metode yang paling diharapkan untuk membantu si Kecil dalam belajar menulis.

Kenalkan si Kecil dengan suku kata sederhana seperti ba, ca, da, fa, ga dan lainnya agar perkembangan menulis si Kecil memberikan manfaat positif. Mintalah si Kecil untuk menulis suku kata tersebut. Selain dapat mempermudah belajar menulis, cara ini juga dapat membantu si Kecil belajar membaca melalui bantuan dari sebuah suku kata.

Setelah mengetahui beberapa cara mengajari latihan menulis anak TK pada si Kecil, kini saatnya Mums menerapkan cara tersebut. Agar si Kecil bisa belajar menulis secara optimal, jangan lupa untuk selalu penuhi kebutuhan nutrisi hariannya ya, Mums. Nutrisi yang terpenuhi dengan baik bisa membuatnya mudah menangkap pelajaran dan hal-hal baru. Mums bisa melengkapi asupan nutrisinya dengan susu pertumbuhan.

Friso Gold 4 dengan beragam nutrisi seperti ALA, LA, Prebiotik, Nukleotida, Vitamin A, C, E, Zinc, dan Selenium sangat baik untuk mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil. Friso juga dilengkapi dengan teknologi Locknutri yang menjaga kualitas alami nutrisi sehingga mudah dicerna dan diserap oleh tubuh si Kecil. Selalu berikan asupan nutrisi yang terbaik untuk si Kecil agar ia sehat, cerdas, dan pintar!