Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Lebih Rileks di Masa Kehamilan dengan Beraktivitas

Lebih Rileks di Masa Kehamilan dengan Beraktivitas

Pada masa awal kehamilan, tubuh akan mengalami beberapa perubahan. Proses ini terjadi karena tubuh sedang beradaptasi untuk menghadapi masa kehamilan nanti. Hal inilah yang menyebabkan berbagai gangguan pada fisik seperti mudah letih dan mual. Namun, tidak hanya tubuh saja, kondisi emosional Mum pun akan ikut terpengaruh.

Untuk mengurangi masalah tersebut, cobalah untuk tetap rileks di masa adaptasi ini. Olahraga ringan dapat dijadikan salah satu pilihan untuk Mum. Selain menjaga kesehatan serta mengontrol perkembangan berat badan, olahraga juga dapat mengeluarkan hormon endorfin di dalam tubuh. Hormon inilah yang membuat Mum akan merasa lebih tenang dan rileks.

Nah, kira-kira aktivitas apa saja yang bisa dilakukan untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap rileks? nikmati rekomendasi aktivitas dari kami dalam artikel “Pentingnya Menjaga Kesehatan Saat Hamil"