Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
 Lindungi si Kecil dari Penyakit Corona dengan 4 Kegiatan Di Dalam Rumah Berikut Ini!

Lindungi si Kecil dari Wabah Corona dengan 4 Kegiatan Di Dalam Rumah Berikut Ini!

Kondisi kesehatan tubuh tidak akan lepas dari peran daya tahan tubuh dan upaya menjaga kebersihan rumah serta meminimalkan potensi virus dan bakteri yang menjangkiti tubuh. Terlebih pada saat penyakit Corona tengah melanda Indonesia seperti sekarang ini, Mums perlu memahami benar cara menjaga kebersihan rumah agar si Kecil dan keluarga tetap berada dalam kondisi sehat dan terhindar dari serangan penyakit tersebut.

Kebersihan rumah dapat diupayakan dengan berbagai cara, misalnya dengan menyapu, mengepel, membereskan barang-barang, menyedot debu serta menyemprotkan cairan disinfektan. Upaya ini bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan rumah dan meminimalkan populasi bakteri atau virus yang dapat tumbuh dengan subur ketika kondisi rumah terlalu kotor.

Selain menjaga kebersihan rumah, Mums dan si Kecil juga disarankan agar tetap melakukan aktivitas fisik untuk menjaga daya tahan tubuh dan terhindar dari penyakit Corona. Ada beberapa aktivitas yang dapat Mums lakukan ketika berada di rumah bersama si Kecil.

Outbond dan Camping Dalam Rumah

Yuk, ajak si Kecil melakukan permainan halang-rintang di dalam rumah dengan menggunakan peralatan yang ada dan ruangan yang tersedia. Mums dapat menggunakan selotip warna-warni untuk membuat petunjuk arah sehingga si Kecil bisa semakin bersemangat.

Misalnya, Mums dapat memberikan arahan halang rintang mulai dari ruang keluarga, menuju ruang tamu, lalu ke bagian dapur dan kembali ke ruang keluarga sebagai garis finish. Berbagai objek bisa dimanfaatkan, kursi untuk dilewati bagian bawahnya, meja kecil untuk dilewati bagian atasnya, keranjang dan bola untuk bermain basket, dan lain sebagainya.

Mums juga bisa menyiapkan beberapa mainan binatang dan wadah plastik, kemudian sembunyikan mainan tersebut di rute halang rintang yang sudah dibuat. Selanjutnya ajak si Kecil menemukan dan menyelamatkan binatang mainan tersebut, dan minta si Kecil mengelompokkannya sesuai grup pada wadah. Misalnya unggas dikelompokan dalam wadah unggas, binatang mamalia dikelompokan dalam wadah mamalia.

Ajak ayah juga ya Mums untuk mendirikan tenda ataupun tepe, sehingga suasana camping bisa semakin terasa.

Bernyanyi dan Menari

Dua aktivitas ini dapat dilakukan bersamaan dalam rangka melakukan gerakan fisik agar daya tahan tubuh selalu terjaga. Mums dapat mencari berbagai lagu permainan yang memiliki irama ceria agar si Kecil juga bersemangat dalam mengikuti gerakan yang ditunjukkan. Tentu saja, akan sangat baik jika Mums melakukan aktivitas ini dengan si Kecil menggunakan panduan dari media seperti YouTube.

Selain dapat menjaga daya tahan tubuh, kegiatan ini juga sangat baik untuk merangsang tumbuh kembang si Kecil baik fisik maupun kecerdasannya. Tumbuh kembang fisik akan mendapat stimulus dari gerakan aktif yang dilakukan, sedangkan kecerdasan dapat terasah dengan melatih kesigapan si Kecil dalam menyaksikan video, mendengarkan lagu serta mengikuti gerakan dalam waktu bersamaan.

Menjaga Kebersihan Rumah Bersama si Kecil

Aktivitas ini selain dapat memberikan efek baik berupa gerak aktif, juga dapat mengajarkan si Kecil betapa pentingnya menjaga kebersihan dan menggunakan berbagai alat kebersihan. Mums dapat mengajak si Kecil melakukan pembersihan rumah secara menyeluruh, mulai dari menyapu, membersihkan perabotan dan mainan, hingga membuang sampah.

Yang perlu diingat dari kegiatan yang satu ini adalah tetap menjaga agar si Kecil selalu berada dalam kondisi bersih dengan memakaikannya masker dan sarung tangan serta pakaian yang tepat. Kerjasama membersihkan rumah juga berdampak baik pada kemampuan sosialnya karena dapat membantu mengasah sifat gotong royong yang ada di dalam diri si Kecil.

Memasak dan Berkreasi dengan Makanan

Bahan makanan merupakan media belajar yang baik untuk mengajarkan berbagai hal sekaligus menjaga si Kecil tetap beraktivitas secara fisik. Mums dapat mengajaknya ‘bermain’ dengan bahan makanan sembari mengajarkan si Kecil banyak hal. Seperti misalnya warna, jenis makanan, membersihkan makanan, nutrisi yang terkandung, dan lain sebagainya.

Jika si Kecil masih dalam tahap belajar mengenai warna dan nama-nama bahan makanan, Mums dapat memanfaatkan banyak bahan makanan yang tersedia di penyimpanan. Ambil satu per satu bahan makanan yang ada, sambil menyebutkan warna dan namanya. Minta si Kecil untuk mengulangi hal yang Mums sebutkan ketika ia memegang bahan makanan tersebut.

Nah, jika ia cukup besar untuk memahami cara memasak, Mums dapat mengajarkannya  cara mencuci sayur dan buah yang baik sebelum dimakan atau diolah. Dengan begini si Kecil akan mengetahui bahwa menjaga kebersihan sayur dan buah sangat penting agar segala nutrisi baiknya yang terkandung di dalamnya dapat diserap oleh tubuh tanpa terganggu oleh risiko keberadaan bakteri atau virus jahat yang menempel karena sudah dicuci bersih.

Menjaga kesehatan Mums dan si Kecil dari penyakit Corona dengan menjaga kebersihan rumah serta beraktivitas fisik secara memadai dapat menjadi langkah efektif yang cukup mudah dilakukan. Tentu saja, sembari menjaga kebersihan dan kesehatan, Mums tetap dapat memberikan rangsangan pada tumbuh kembang si Kecil agar tetap optimal dan mencapai tahap ideal yang ditentukan.

Untuk membantu Mums menjaga kesehatan si Kecil dari virus Corona, Mums juga perlu memastikan si Kecil mendapatkan asupan nutrisi harian yang cukup. Hal ini berperan besar dalam pembentukan daya tahan serta sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Nah, selain aktivitas fisik dan makanan yang bernutrisi, lengkapi dengan susu dan tambahkan multivitamin jika diperlukan untuk memastikan daya tahan tubuh si Kecil tetap dalam kondisi prima. Jangan lupa jaga kesehatan Mums dengan pola hidup sehat juga ya, sehingga segala hal yang perlu dikerjakan dapat diselesaikan dengan baik.