Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Lomba Bola Kapas bersama Keluarga

Lomba Bola Kapas bersama Keluarga

Mum, biasanya saat ini si Kecil sudah semakin mengerti tentang pengaruh dari tiupan angin terhadap benda-benda di sekitarnya. Ia sudah tahu bahwa rumput akan bergoyang ketika terkena hembusan angin, atau kincir angin kertasnya akan berputar saat ditiup. Nah, untuk memperdalam pengetahuannya tentang ini, Mum juga dapat membuat sebuah permainan sederhana yang seru dan menarik bersamanya. Caranya mudah, siapkan sedotan dan bola kapas, lalu ajak si Kecil untuk berlomba dengan seluruh anggota keluarganya!

Aktivitas Bersama si Kecil

  1. Ajaklah Dad dan seluruh anggota keluarga lainnya untuk berlomba bersama. Mum hanya perlu menyiapkan sedotan dan bola kapas secukupnya.
  2. Siapkan bola kapas untuk alat permainannya. Jika Mum menggunakan kapas kosmetik yang berbentuk persegi, ajarkan si Kecil untuk membuat gumpalan kapas satu per satu hingga berbentuk bola dan berguling dengan baik saat ditiup.
  3. Agar lebih meriah, siapkan juga batas garis start dan finish-nya dengan menggunakan kertas atau karton berwarna-warni. Mum juga bisa menghias meja tempat perlombaannya dengan kertas warna berbentuk bendera.
  4. Sebelum mulai berlomba, mari berlatih dulu dengan si Kecil. Taruhlah bola kapas di atas meja atau permukaan datar, lalu minta si Kecil mengarahkan sedotan di depan bola dan meniupnya secara perlahan dan keras-keras. Setelah itu, bimbing si Kecil untuk memperhatikan perbedaan reaksi bola kapasnya saat ia melakukan kedua hal tersebut.
  5. Apakah si Atlit Bola Kapas yang menggemaskan itu sudah siap, Mum? ayo berlomba bersamanya! Taruhlah bola kapas di ujung meja, lalu minta Dad, si Kecil, serta anggota keluarga yang lain untuk bersiap-siap dengan sedotan plastiknya. Sementara itu, Mum bisa bertindak sebagai juri.
  6. 1..2..3! Ayo, minta si Kecil serta seluruh anggota keluarga untuk meniupkan sedotannya keras-keras. Coba perhatikan Mum, siapakah yang berhasil meniupkan bola kapasnya sejauh mungkin?
  7. Saat bermain, Mum juga bisa meminta Dad untuk berpura-pura kesulitan meniupkan sedotan sambil menunjukkan ekspresinya lucunya. Si Kecil tentu akan dibuat tertawa ya , Mum
  8. Sebagai kenang-kenangan atas momen seru bersama keluarga ini, abadikan perlombaan ini dalam bentuk foto atau video. Jadikan pula aktivitas yang Mum lakukan ini sebagai inspirasi bagi Mums yang lain dengan membagikan foto atau videonya melalui halaman Facebook kami di Friso Indonesia dan twitter @FrisoID lewat hashtag #FrisoMoments.

Untuk membuat perlombaan bola kapas, Mum dapat menyiapkan alat berikut ini:

  1. Bola kapas (bisa Mum temukan di mini market atau supermarket terdekat)
  2. Sedotan panjang
  3. Meja atau permukaan datar lainnya
  4. Kertas atau karton warna warni
  5. Jika cuaca di luar rumah sedang cerah, Mum juga dapat mengajak si Kecil melakukan aktivitas ini di halaman. Dengan begitu, ia pun dapat membandingkan perbedaan tiupan angin dan sedotannya terhadap bola kapas tersebut

    Klik Gambar Untuk Mendownload Langkah Langkah

    Klik Gambar Untuk Mendownload Kartu & Stiker

      

Manfaat Bagi Mum

Bermain dalam suasana yang menyenangkan bersama keluarga, tak hanya ikut mempererat hubungan Mum, Dad, dan si Kecil, tapi juga menjadi momen yang membahagiakan dan tak terlupakan. Tak hanya itu, Dengan membuat permainan sederhana yang seru dan memberikan banyak manfaat ini, Mum juga ikut mengajarkan kepada si Kecil bahwa mainan dapat dibuat dengan memanfaatkan berbagai benda yang tersedia di sekitar rumah, tak selalu harus beli dan membutuhkan peralatan yang rumit. Satu lagi yang tak kalah penting, Mum bisa ikut membantu membangun kepercayaan diri si Kecil saat ia mulai menguasai permainan yang menyenangkan ini.

Manfaat Bagi si Kecil

Ketika asyik meniup sedotannya dan belajar mengatur kekuatan tiupannya, si Kecil sebenarnya juga ikut melatih daya konsentrasinya serta koordinasi antara mulut dan tangannya. Lewat perlombaan sederhana bersama anggota keluarganya ini, Mum pun telah ikut membangun kemampuan interaksi serta rasa percaya diri si Kecil.

Info Gizi dan Nutrisi

Melihatnya dapat bermain dengan lincah dan penuh semangat saat meniup sedotannya dengan penuh semangat merupakan tanda bahwa si Kecil sudah berkembang dengan baik saat ini. Untuk mendukung pertumbuhan serta menjaga tubuhnya agar selalu sehat dan bersemangat dalam menjalani kegiatannya sehari-hari, tentunya peran nutrisi sangatlah penting bagi si Kecil.

Buah blueberry dapat menjadi salah satu pilihan untuk menjaga tubuh si Kecil serta mendukung proses tumbuh kembangnya saat ini. Seperti yang dikutip dari Parenting.co.id, Rachel Beller, R.D., dari Beller Nutritional Institute di California, menjelaskan bahwa buah yang satu ini dapat menghindarkan si Kecil dari penyakit jantung, serta mengurangi lemak visceral yang dapat menyebabkan obesitas. Tak hanya itu, blueberry pun ikut berperan dalam meningkatkan kinerja otak.

Agar proses tumbuh kembangnya dapat berlangsung dengan optimal, pastikan juga si Kecil selalu mendapatkan asupan nutrisi yang seimbang dari susu pertumbuhannya tersebut. Kandungan seperti Nukleotida, Prebiotik, Vitamin A, Vitamin C, Vitamin E, Zinc, Zat Besi, dan Selenium dapat ikut membangun pertumbuhan fisik si Kecil dan melindungi tubuhnya dari dalam.

Kandungan tersebut bisa Mum temukan dalam susu Friso Gold 3, yang diformulasikan secara khusus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bagi perkembangan si Kecil secara menyeluruh. Dengan proses produksinya yang menggunakan konsep “Grass to Glass” , nutrisi alami yang terkandung di dalamnya pun tetap terjaga kualitasnya karena susu tidak melewati proses pemanasan yang berlebih.