Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Mainan Anak 1 Tahun untuk Merangsang Kecerdasan si Kecil [4 Macamnya]

Mainan Anak 1 Tahun untuk Merangsang Kecerdasan si Kecil [4 Macamnya]

Bermain menjadi kegiatan utama si Kecil setiap hari. Kesenangan yang ditimbulkan serta rangsangan yang didapatkan, merupakan kombinasi yang sempurna untuk mendukung tumbuh kembang fisik dan kecerdasannya. Tentu permainannya beragam, misal pada mainan anak 1 tahun saja, mungkin Mums sudah dapat membayangkan mainan apa saja yang sudah dipegang dan dimainkan olehnya.

Beragam rangsangan yang didapatkan oleh si Kecil ketika bermain tentu penting agar masa tumbuh kembangnya dapat berjalan optimal. Rangsangan kecil seperti kemampuan memegang benda seukuran genggamannya dapat melatih kekuatan tangan serta kemampuan menggunakan bagian tubuh tersebut. Lebih lanjut, mainan seperti balok susun dapat mengajarkannya konsep keseimbangan dasar yang penting untuk si Kecil di kemudian hari.

Dari sekian banyak  mainan anak 1 tahun, beberapa mainan dinilai dapat memberikan rangsangan pada kecerdasan si Kecil. Tentu kecerdasan ini tak semata kemampuan berhitung saja ya Mums, sebab bentuk kecerdasan sangat banyak dan beragam. Nah untuk mengetahuinya, yuk simak beberapa poin di bawah ini. Dengan begitu Mums dapat mulai memilah mainan mana yang paling bermanfaat untuk merangsang kecerdasan si Kecil.

Shape Sorter

Mungkin Mums sudah pernah melihat atau bahkan memiliki mainan ini. Sebentuk kubus memiliki berbagai bentuk lubang di sisi-sisinya, dan dilengkapi dengan balok lebih kecil sesuai bentuk pada lubang tersebut. Cara memainkannya adalah si Kecil bertugas memasukkan balok yang berukuran lebih kecil ke bagian sisi yang bentuknya sesuai.

Mainan ini dapat merangsang kemampuan si Kecil dalam mengenali bentuk, kecerdasan spasial, ketelitian, kesesuaian bentuk dan kemampuan motoriknya sekaligus. Nah agar lebih seru, Mums dapat mencari shape sorter dengan warna cerah sehingga si Kecil lebih antusias dalam memainkannya. Pastikan juga mainan selalu terjaga kebersihannya ya Mums!

Mainan Alat Musik atau Bunyi-Bunyian

Mainan ini dapat membuat mood si Kecil menjadi lebih baik ketika emosinya sedang tidak stabil. Suara alat music yang muncul dapat menenangkan si Kecil sekaligus merangsang kecerdasannya. Ketika si Kecil memainkan mainan anak 1 tahun seperti ini, ia akan mendapatkan respon langsung dari mainan tersebut. Ini akan meningkatkan kemampuannya mendengar sekaligus menggerakkan jemarinya.

Musik telah sejak lama dikaitkan dengan kecerdasan anak-anak. Bahkan sejak dalam kandungan, disarankan untuk memperdengarkan music-musik klasik sehingga kecerdasan si Kecil dapat dirangsang sedini mungkin. Dengan memberikannya mainan alat musik, Mums sudah mengenalkan berbagai bentuk suara baru yang berasal dari alat musik dan akan terus diingat oleh si Kecil.

Bola

Meski lebih dikaitkan dengan rangsangan pada kemampuan gerak fisik, namun nyatanya bola juga dapat melatih kemampuan otak si Kecil mengenali momentum dan gerak. Ketika bola dilemparkan, maka ia akan memantul hingga titik tertentu sehingga si Kecil dapat mengenali pola pantulannya. Tentu hal ini menjadi pembelajaran laten yang tidak langsung nampak hasilnya.

Selain itu dengan melihat gerakan bola ketika memantul, biasanya reflek si Kecil adalah mengikuti pantulan bola tersebut. Kemampuan mengenali jarak dan kecepatan dapat terasah di sini ketika Mums bermain lempar tangkap bola dengan si Kecil. Bentuk kecerdasan seperti ini memang sulit diukur, namun diperlukan oleh si Kecil agar ia dapat mengenali ruang dan benda bergerak di sekitarnya.

Mainan Telepon

Bentuk mainan ini sebenarnya memberikan rangsangan pada kemampuan si Kecil berbicara dan menirukan Mums atau orang dewasa di sekitarnya. Si Kecil yang berada di jaman modern seperti sekarang ini akan terus melihat orang di sekitarnya berbicara pada telepon genggam, ini dapat dimanfaatkan untuk merangsang kemampuan berbicara dan mengenali berbagai kata.

Dengan mainan ini, si Kecil bisa menirukan kegiatan di sekitarnya. Tentu, anak-anak dikenal sebagai peniru yang handal, bermain dengan mainan telepon dapat mendorong si Kecil berlatih mengucapkan berbagai kata yang sering didengarnya. Tentu tidak serta merta membuat si Kecil dapat  berbicara dengan lancar, namun merupakan latihan baik untuk merangsang kemampuannya berbicara.

Untuk melanjutkan mainan yang dapat merangsang kecerdasan si Kecil, mungkin Mums dapat memberikannya mainan dengan karakter huruf atau angka dan berbagai warna. Ketiga hal tersebut sangat cocok diberikan pada usia awal untuk merangsang kecerdasan dan pengenalan si Kecil pada benda tersebut. Ketika si Kecil bertambah usia, ia akan lebih mudah belajar huruf dan angka jika sejak awal sudah dikenalkan pada berbagai bentuk yang berkaitan.

Nah itu tadi ragam mainan anak 1 tahun yang dapat Mums berikan pada si Kecil untuk merangsang kecerdasannya. Untuk melengkapi rangsangan yang diberikan, Mums juga harus mencukupi kebutuhan nutrisi hariannya dengan asupan makanan bernutrisi. Untuk membantu Mums, berikan si Kecil  Friso Gold 3 yang mengandung nutrisi yang diperlukan si Kecil untuk tumbuh dan berkembang. Dengan metode Single Process, susu tidak mengalami pemanasan berlebih sehingga nutrisinya terjaga. Juga dilengkapi dengan teknologi  Locknutri  yang menjaga kualitas alami nutrisi susu sehingga lebih mudah diserap tubuh si Kecil.