Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Mainan Edukasi Anak ‘Kuno’, Apa Masih Relevan?

Mainan Edukasi Anak ‘Kuno’, Apa Masih Relevan?

Dengan kecanggihan teknologi saat ini, banyak hal yang terbantu dan dipermudah. Salah satunya adalah mendidik si Kecil. Ya, gadget dan beragam perangkat elektronik kini digunakan sebagai alat bantu edukasi, agar si Kecil bisa mendapat stimulus optimal. Meski demikian, penggunaan mainan edukasi anak yang lebih konvensional ternyata memiliki kelebihan yang tidak ditawarkan perangkat modern ini.

Memang perangkat modern seperti laptop atau smartphone atau mainan elektronik lain menawarkan konsep kekinian yang simple namun bisa memberikan rangsangan pada tumbuh kembang si Kecil. Namun ada beberapa aspek yang kemudian terpinggirkan, misalnya interaksi antara Mums dan si Kecil, komunikasi yang menjadi sangat sedikit, dan sebagainya.

Di sisi lain, mainan edukasi anak konvensional bisa memberikan beberapa hal tersebut pada si Kecil, sehingga stimulus yang diterimanya menjadi optimal. Beberapa mainan yang bisa jadi pilihan sebenarnya mudah ditemukan atau dilakukan, dan benar-benar memberikan nilai manfaat tinggi. Penasaran apa saja mainan tersebut?

Balok Susun, untuk Motorik Kasar

Balok Susun, untuk Motorik Kasar

Stimulus yang diberikan harus benar-benar memenuhi apa yang diperlukan oleh si Kecil. Salah satu mainan edukasi anak paling klasik mungkin adalah balok susun. Balok susun sendiri berupa potongan kayu yang sudah dihaluskan dan dibentuk sedemikian rupa sehingga dapat disusun jadi berbagai bentuk. Biasanya, sudah ditambahkan pula berbagai warna dan pola agar lebih menarik.

Bermain dan menyusun balok-balok hingga menjadi bentuk yang dibayangkan si Kecil dapat melatih dua hal besar. Pertama adalah kreativitas dan imajinasinya, yang akan berkembang seiring dengan susunan dan kombinasi yang dilakukannya. Kedua adalah membantu mengembangkan kemampuan motorik kasar yang dimiliki si Kecil. Jelas, dua hal ini cukup krusial dalam tumbuh kembangnya ‘kan?

Puzzle Beraneka Bentuk

Mainan selanjutnya yang juga terbilang cukup klasik adalah puzzle. Dengan menyusun bagian yang ada, si Kecil memiliki misi untuk membentuk satu figur atau sosok tertentu dari bagian tersebut. Satu per satu hingga semua tersusun sempurna dan terpasang pada posisinya, si Kecil akan banyak belajar mengenai kesabaran dan kecermatan dalam mengamati potongan puzzle yang ada.

Selain melatih kesabaran dan kemampuan observasi si Kecil, puzzle juga bisa melatih si Kecil untuk memiliki imajinasi dan daya ingat yang baik. Selain bisa memberikan rangsangan pada kemampuan tersebut, Mums juga bisa mendapatkan waktu yang sangat berkualitas ketika menemani si Kecil bermain puzzle.

Masak-Masakan

Masak-Masakan

Masih masuk dalam golongan mainan edukasi untuk anak, kegiatan masak-masakan yang dilakukan si Kecil adalah stimulus yang sangat baik untuknya. Si Kecil, pada permainan ini, bisa mencoba berperan sebagai Mums yang menyiapkan makanan untuk anggota keluarga. Walau memang tidak memasak secara nyata, namun menirukan kegiatan yang Mums lakukan juga adalah rangsangan yang baik untuk tumbuh kembang si Kecil.

Disadari atau tidak ketika si Kecil menirukan Mums dalam kegiatan memasak, ia juga akan menirukan apa yang Mums katakan. Perlahan namun pasti, si Kecil belajar berkomunikasi dengan bergumam. Di waktu yang sama ia juga berlatih mengkoordinasikan gerakan tangan dan matanya, ketika menggunakan berbagai peralatan yang ada di dapur.

Mainan Edukasi Anak : Mainan Makanan

Mums tentu sering melihat mainan dengan bentuk beragam makanan, buah, sayuran, dan sejenisnya dijual di supermarket atau toko-toko mainan. Meski terlihat sederhana, ternyata mainan berbentuk makanan ini bisa jadi mainan yang sangat edukatif. Selain si Kecil bisa belajar mengenai ragam jenis makanan ia juga bisa banyak mengenal warna baru pada mainan-mainan tersebut.

Mainan makanan bisa jadi media yang tepat mengajarkan si Kecil untuk mengkonsumsi berbagai jenis makanan setiap hari. Sederhana, tujuannya agar kebutuhan nutrisi harian si Kecil dapat terpenuhi. Mulai dari daging, buah-buahan, brokoli, wortel, kacang-kacangan, dan masih banyak lagi, pastikan juga mainan tersebut memiliki standar keamanan yang baik ya Mums!

Bermain Bola Bersama si Kecil

Bermain Bola Bersama si Kecil

Nah, terakhir adalah bermain bola. Bola di sini sifatnya universal, dan bisa dalam berbagai bentuk, mulai dari bola sepak, bola basket, bola tenis, dan bola lainnya. Bermain bola bersama si Kecil bisa jadi mainan yang sangat menyenangkan sekaligus memberikan banyak stimulus pada tumbuh kembangnya.

Gerakan yang dilakukan, lemparan, tendangan, hingga upaya menangkap bola, adalah latihan fisik dan koordinasi gerak yang sangat baik. Selain itu jika mulai cukup bisa memahami aturan, si Kecil juga bisa belajar mengenai sportivitas dalam permainan, belajar pola permainan, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Latih Koordinasi Tangan & Mata Anak 1 Tahun dengan Cara Ini

Tidak disangka bukan Mums mainan edukasi anak konvensional yang terkesan kuno ternyata memberikan banyak manfaat pada tumbuh kembang si Kecil? Tidak ada salahnya untuk memperbanyak bermain dengan permainan kuno ini, karena selain manfaat yang disebutkan tadi Mums juga bisa memiliki waktu berkualitas yang baik bersama si Kecil. Nah untuk melengkapi stimulus yang diberikan, jangan lupakan asupan makanan bernutrisi, dan Friso Gold 4 untuk membantu melengkapi kebutuhan nutrisi hariannya. Friso dengan teknologi Locknutri, kualitas nutrisi alami akan terjaga sehingga mudah diserap tubuh si Kecil dan membantunya kuat dari dalam.

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang