Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Makan Sehat, Kunci Optimalnya Tumbuh Kembang si Kecil

Makan Sehat, Kunci Optimalnya Tumbuh Kembang si Kecil

Memiliki pola makan sehat  dan menu makanan yang teratur sejak dini, dapat memberikan bekal sempurna untuk setiap fase kehidupan si Kecil. Makan sehat serta jam makan yang teratur, ditambah dengan kandungan nutrisi yang terukur, jadi hal penting yang tak boleh lupa untuk diajarkan sejak ia masih kecil. Dengan demikian si Kecil akan terbiasa mengkonsumsi makanan sehat dan memiliki pola makan yang benar-benar ideal.

Mengapa hal tersebut penting? Sebab pola makan dan makanan yang sehat dapat menjadi dasar krusial untuk tumbuh kembang dan kesehatan si Kecil. Dengan memiliki pola makan yang sehat, tubuh si Kecil akan memiliki jam cerna yang teratur. Tentu, dikombinasikan dengan makanan bernutrisi, maka setiap nutrisi yang diperlukan tubuh untuk tumbuh dan berkembang serta membangun daya tahan tubuh dapat dipenuhi.

Tapi pernahkah Mums bertanya apa saja nutrisi yang harus dipenuhi setiap hari untuk optimalnya tumbuh kembang si Kecil?

Nutrisi Wajib Setiap Hari

Makan Sehat, Kunci Optimalnya Tumbuh Kembang si Kecil

Setidaknya si Kecil memerlukan empat nutrisi utama setiap hari untuk menunjang aktivitas dan tumbuh kembangnya. Nah, empat nutrisi ini kemudian wajib ada pada makanan sehat yang Mums berikan (tentu dengan takaran yang tepat pula). Di antaranya adalah Karbohidrat, Protein, Lemak, dan Serat.

Karbohidrat

Menjadi sumber energi utama untuk aktivitas si Kecil, nutrisi ini dibagi menjadi dua. Pertama adalah karbohidrat sederhana yang bisa ditemukan pada gula dan makanan manis, sementara yang kedua adalah Karbohidrat kompleks yang ditemukan pada nasi, kentang, atau pasta. Keduanya sama-sama dibutuhkan agar tubuh si Kecil memiliki ‘bahan bakar’ untuk beraktivitas dan terus tumbuh.

Protein

Protein penting untuk membangun dan membentuk jaringan tubuh baru, sehingga sangat krusial dalam masa tumbuh kembang si Kecil. Nutrisi ini juga berperan besar untuk memulihkan jaringan tubuh yang rusak karena berbagai hal. Seperti yang Mums pahami, Mums bisa mendapatkan Protein dari sumber hewani dan nabati. Keduanya sangat diperlukan, sehingga penting membuat kombinasi makanan sehat setiap hari.

Lemak

Jika pada manusia dewasa konsumsi makanan berlemak yang terlalu banyak tidak disarankan, justru pada anak-anak Lemak jadi salah satu nutrisi penting yang harus dipastikan keberadaannya. Lemak memiliki peran untuk membantu penyerapan vitamin, mengatur suhu tubuh, serta sumber energi selain Karbohidrat. Mums bisa mendapatkan Lemak seperti ini pada alpukat, ikan tuna, atau kacang-kacangan.

Serat

Terakhir adalah nutrisi yang diperlukan untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan, mengontrol berat badan, serta mengontrol kadar gula darah. Serat bisa Mums dapatkan dari sayuran dan buah-buahan. Idealnya dengan saluran pencernaan yang sehat maka makanan dan nutrisinya dapat diserap optimal, sehingga tubuh mendapatkan apa yang dibutuhkannya.

Menerapkan Pola Makan Teratur

Makan Sehat, Kunci Optimalnya Tumbuh Kembang si Kecil

Pola makan teratur di sini diartikan sebagai jam makan yang sama untuk setiap harinya. Jadi selain nutrisi yang terkandung dalam makanan sehat, Mums juga sebaiknya membeirkan waktu makan yang sama setiap hari, misalnya saja, sarapan pada pukul 07.00, kemudian makan siang pada pukul 12.00 dan makan malam pada pukul 19.00.

Ketika pola ini terbentuk, tubuh si Kecil juga akan dapat bekerja mengolah dan menyerap nutrisi dengan lebih baik. Pola makan teratur ini selain bisa membuat tubuh si Kecil bekerja optimal, juga dapat menghindarkannya dari maag yang menyerang pada orang dengan pola makan tidak teratur.

Pantangan Makanan, Perlukah?

Makan Sehat, Kunci Optimalnya Tumbuh Kembang si Kecil

Makanan-makanan yang disukai si Kecil, yang dirasa lezat, tidak semua sehat dan bisa dikonsumsi setiap hari. Misalnya seperti makanan dengan kandungan garam yang tinggi atau minuman bersoda, tentu tidak bisa setiap hari diberikan. Makanan seperti ini yang harus dijadikan pantangan demi kesehatan si Kecil.

Mums tetap bisa memberikan makanan ini pada waktu-waktu tertentu. Namun dengan kontrol yang ketat pada jumlahnya. Untuk jumlah dan jenis makanan seperti ini (yang mungkin sebenarnya tergolong tidak sehat), Mums dapat berkonsultasi dengan dokter anak kepercayaan agar mendapat rekomendasi yang sesuai dengan tubuh si Kecil.

Makanan Sehat Selingan untuk Menunjang Pemenuhan Nutrisi

Makan Sehat, Kunci Optimalnya Tumbuh Kembang si Kecil

Nutrisi yang diperlukan si Kecil tidak hanya bisa didapat melalui makanan berat atau makanan pokok saja. Mums juga dapat memberikan berbagai makanan ringan atau camilan sehat yang mengandung nutrisi yang diperlukan si Kecil. Jumlahnya sekitar dua sampai tiga kali dalam satu hari.

Porsi yang diberikan cenderung sedikit, dan biasanya camilan ini memiliki rasa yang digemari si Kecil. Misalnya saja, buah kering, atau mungkin kacang-kacangan, dan berbagai makanan lain. Meski terlihat sedikit, namun kandungan nutrisi yang ada di dalamnya bisa benar-benar menopang pemenuhan nutrisi harian si Kecil lho.

Baca Juga : 3 Manfaat Minyak Ikan untuk Tumbuh Kembang si Kecil

Memberikan makanan sehat untuk si Kecil, lengkap dengan pola dan jadwal makannya, adalah upaya sederhana dalam menanamkan kebiasaan baik yang bisa berefek positif pada tumbuh kembang dan masa depannya. Tentu, Mums dapat pula menambahkan Friso Gold 3 sebagai susu formula untuk membantu memenuhi nutrisi harian si Kecil. Friso dengan teknologi Locknutri menjaga kualitas alami nutrisi sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh si Kecil dan membantunya kuat dari dalam. Pastikan si Kecil mendapatkan yang terbaik, dan lihat ia tumbuh dengan optimal!