Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Makanan Apa Saja yang Jadi Sumber Vitamin D untuk si Kecil?

Makanan Apa Saja yang Jadi Sumber Vitamin D untuk si Kecil?

Pertambahan jumlah sel dalam tubuh, pertumbuhan tulang dan gigi, serta perkembangan setiap organ dalam si Kecil pada setiap fase tumbuh kembangnya memerlukan asupan nutrisi yang tidak sedikit. Untuk tulang dan gigi misalnya, si Kecil memerlukan sumber Vitamin D yang tepat dan dalam porsi cukup setiap hari. Namun sebenarnya, apa saja sumber vitamin yang sangat penting untuk kesehatan dan pertumbuhan tulang dan gigi ini?

Sumber Vitamin D alami sebenarnya juga tidak sedikit, dan Mums bisa menemukannya dengan mudah. Misalnya saja, seperti susu sapi, kedelai, yogurt, salmon, dan berbagai olahannya. Makanan-makanan ini harus diberikan dalam porsi yang cukup agar kebutuhan nutrisi hariannya terpenuhi. Sebab jika tidak, bukan tak mungkin si Kecil mengalami gangguan tumbuh kembang dan menjadi tak optimal.

Sumber Vitamin D, Susu

Makanan Apa Saja yang Jadi Sumber Vitamin D untuk si Kecil?

Pada setiap 8 ons susu terdapat setidaknya 300 mililiter Kalsium di dalamnya. Kalsium sendiri menjadi sumber Vitamin D yang ada pada susu, sehingga konsumsi susu secara rutin setiap hari sangat disarankan untuk mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil. Pastikan si Kecil tidak memiliki alergi terhadap susu yang Mums berikan, agar tidak ada efek buruk yang muncul pada tubuh si Kecil.

Ada pendapat bahwa susu mengandung banyak Lemak, yang mana itu tidak baik untuk kesehatan si Kecil. Well, selama Lemak yang dikandung bukan Lemak Jenuh, maka sebenarnya tidak masalah. Lemak sendiri diperlukan oleh tubuh anak-anak sebagai sumber energi serta sebagai pelindung organ tubuh vital agar tidak mengalami cedera atau infeksi.

Baik susu sapi alami atau susu formula yang berbahan dasar susu sapi, Mums harus tetap menjaga higienitasnya. Pastikan susu yang diberikan higienis kemasan dan isinya. Kemudian pastikan pula penyajian susu formula menggunakan air matang yang sudah dimasak hingga mendidih.

Kedelai, Sumber Protein Nabati Kaya Nutrisi

Makanan Apa Saja yang Jadi Sumber Vitamin D untuk si Kecil?

Menjadi salah satu sumber Protein Nabati yang sangat direkomendasikan untuk si Kecil, kedelai juga memiliki banyak kandungan nutrisi lain di dalamnya. Salah satunya adalah Isoflavon yang berperan untuk memperkuat dan menutrisi tulang. Zat nutrisi ini tentu saja juga mengandung Kalsium, yang menjadi sumber Vitamin D yang diperlukan si Kecil.

Kedelai sendiri terbilang memiliki sangat banyak olahan yang bisa dipilih dan dijadikan makanan yang lezat. Misalnya saja, Mums bisa mengolahnya menjadi susu kedelai, atau mungkin tahu atau tempe yang dikenal luas sebagai makanan super kaya nutrisi. Tahu juga bisa diberikan sebagai MPASI karena teksturnya yang lembut sehingga mudah dicerna oleh organ pencernaan si Kecil.

Untuk kadar Kalsiumnya sendiri, pada 240 gram tahu setidaknya terdapat 400 miligram Kalsium. Kadar ini sudah dapat mencukupi kebutuhan nutrisi harian si Kecil. Namun demikian, variasikan makanan yang diberikan pada si Kecil agar ia tak cepat bosan dan tetap memiliki nafsu makan yang baik.

Yogurt, Produk Olahan Susu yang Nikmat

Makanan Apa Saja yang Jadi Sumber Vitamin D untuk si Kecil?

Memberikan yogurt bisa jadi salah satu alternatif jika si Kecil tidak terlalu suka minum susu. Yogurt sendiri menjadi salah satu produk olahan susu yang banyak digemari anak-anak karena rasanya yang nikmat dan segar, cocok sebagai penyemangat si Kecil ketika berkegiatan.

Untuk satu gelas yogurt, Mums akan memperoleh sekitar 300 mililiter Kalsium yang menjadi sumber Vitamin D. Mums juga dapat memberikan yogurt sebagai kudapan nikmat ketika waktu makanan ringan tiba. Agar lebih lengkap nutrisinya, tambahkan juga potongan buah yang bisa membuat yogurt makin nikmat.

Makanan yang menarik secara visual secara otomatis dapat meningkatkan nafsu makan si Kecil. Ini mengapa, menyajikan yogurt dengan tambahan atau topping berbagai macam buah sangat disarankan. Dengan warna yang menarik serta rasa yang segar, dijamin si Kecil tidak akan kekurangan asupan Vitamin D setiap harinya.

Daging Ikan Salmon

Makanan Apa Saja yang Jadi Sumber Vitamin D untuk si Kecil?

Ikan salmon telah dikenal sejak lama menjadi salah satu makanan yang sangat baik diberikan pada anak-anak pada masa pertumbuhan. Bukan hanya karena rasanya yang lezat, daging ikan salmon juga mengandung banyak sekali nutrisi yang diperlukan tubuh si Kecil.

Kandungan Kalsium, Omega 3, dan Asam Lemak dapat membuat tubuh si Kecil tumbuh lebih optimal. Tak hanya itu, konsumsi salmon secara teratur juga dapat mengoptimalkan tumbuh kembang otak si Kecil sehingga ia menjadi anak yang cerdas dan cepat mempelajari hal baru yang ditemuinya.

Baca Juga : Kebaikan Prebiotik untuk si Kecil

Tentu masih banyak bahan makanan lain yang bisa menjadi sumber Vitamin D untuk si Kecil. Yang perlu diingat adalah untuk selalu membuat variasi menu makanan setiap hari, agar kebutuhan nutrisi si Kecil di setiap aspek dapat terpenuhi. Nah, untuk menunjang upaya pemenuhan nutrisi harian si Kecil, Mums juga dapat menambahkan susu formula yang berkualitas. Friso Gold 4 bisa jadi pilihan tepat, dengan kandungan nutrisi terbaik yang berasal dari susu sapi asli. Dengan proses berteknologi canggih yang ditujukan untuk tetap menjaga manfaat alami, Friso Gold 4 juga dilengkapi dengan Locknutri yang membantu menjaga kualitas alami nutrisi sehingga mudah diserap tubuh si Kecil dan membantunya kuat dari dalam. Berikan yang terbaik untuk si Kecil, dan lihat ia tumbuh optimal!

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang