Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Makanan Pelancar ASI yang Wajib Mums Konsumsi [6 Pilihannya]

Makanan Pelancar ASI yang Wajib Mums Konsumsi [6 Pilihannya]

Mampu mencukupi kebutuhan ASI si Kecil, terutama saat program ASI eksklusif selama 6 bulan pertama, tentu menjadi impian setiap Mums. Akan tetapi, tak semua Mums memiliki pasokan ASI yang cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi si Kecil. Ada beberapa kondisi seperti baby blues syndrome yang menyebabkan ASI susah keluar. Dalam kondisi tersebut, Mums mungkin bertanya-tanya mengenai adanya berbagai jenis makanan yang mungkin bisa dikonsumsi untuk membantu memperlancar ASI.

Jangan cemas, Mums, pelancar ASI secara umum bisa didapatkan dari sumber makanan. Bagi Mums yang sedang dalam fase menyusui, sebenarnya tidak ada pola konsumsi makanan atau minuman khusus untuk meningkatkan produksi ASI. Namun demikian, Mums bisa mengonsumsi berbagai sumber makanan sehat, sehingga dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi harian. Gizi yang tercukupi dengan baik bisa membantu meningkatkan atau memperbanyak persediaan ASI.

Nah, untuk lebih jelasnya, artikel berikut akan membahas mengenai berbagai sumber makanan bergizi yang dikenal bermanfaat untuk memperlancar ASI. Mums bisa menjadikan sumber makanan pelancar ASI ini sebagai varian makanan harian. Apa saja daftar makanan tersebut? Simak infonya di bawah ini.

Kacang Hijau

Makanan Pelancar ASI yang Wajib Mums Konsumsi [6 Pilihannya]

Jenis makanan ini kaya akan berbagai manfaat. Untuk Mums yang merencanakan program hamil, kacang hijau sangat baik untuk kesuburan. Sementara untuk Mums yang menyusui, kacang hijau akan memenuhi kebutuhan protein dan Vitamin B1 dalam tubuh.

Vitamin B1 yang terkandung dalam kacang hijau akan membantu mengubah karbohidrat menjadi energi, termasuk memicu hormon oksitosin untuk memperlancar produksi ASI. Tak hanya itu, kacang hijau dapat membantu meningkatkan mood sehingga Mums lebih rileks saat menyusui. Jenis makanan pelancar ASI ini juga kaya akan Zat Besi yang baik untuk perkembangan otak si Kecil. Mengonsumsi kacang hijau dapat mencukupi kebutuhan nutrisi Mums dan si Kecil sekaligus.

Daun Katuk

Mums yang sedang dalam tahap menyusui tentu mengenal sayuran ini bukan? Daun katuk dipercaya bisa memperlancar dan memperbanyak persediaan ASI. Bahkan, banyak suplemen makanan yang mengandung ekstrak daun katuk sebagai pelancar ASI.

Daun katuk baik dikonsumsi saat fase menyusui karena memiliki kandungan laktagogum yang dapat memicu peningkatan produksi ASI. Selain itu, daun katuk juga mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, Kalsium, Zat Besi, sehingga manfaat yang diperoleh cukup lengkap untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian.

Kacang Almond

Makanan Pelancar ASI yang Wajib Mums Konsumsi [6 Pilihannya]

Kacang almond kaya akan kandungan serat, Kalsium, protein, dan lemak. Jangan khawatir, lemak yang ada di dalam kacang almond tergolong asam lemak tak jenuh sehingga baik untuk kesehatan. Selain baik untuk kesehatan, kacang almond, terlebih yang telah diolah sebagai susu, juga berguna sebagai makanan pelancar ASI. Mengonsumsi kacang almond bisa meningkatkan produksi ASI dan menambah cita rasa pada ASI. Tak hanya itu, kacang almond mengandung Vitamin D dan Vitamin E yang baik untuk kesehatan kulit lho, Mums.

Pepaya

Buah pepaya dikenal sebagai makanan yang berkhasiat untuk memperlancar ASI. Pepaya mampu meningkatkan hormon oksitosin dalam tubuh, sehingga produksi ASI juga ikut meningkat. Buah ini juga kaya akan Vitamin A, B, C, dan E, serta berbagai mineral yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Sebagai buah yang rendah kalori, pepaya sangat baik untuk pencernaan. Mums bisa mengonsumsi pepaya secara langsung atau diolah terlebih dahulu menjadi sup atau salad.

Bayam

Makanan Pelancar ASI yang Wajib Mums Konsumsi [6 Pilihannya]

Sayur bayam dikenal sebagai makanan pelancar ASI yang kaya akan Zat Besi. Bayam sangat efektif mengembalikan kadar Zat Besi di dalam tubuh Mums, terutama setelah melahirkan. Kekurangan Zat Besi bisa memengaruhi kualitas ASI. Maka, konsumsi bayam sangat diperlukan karena mengandung phytoestrogen yang terbukti ampuh meningkatkan produksi ASI.

Baca Juga: ASI Eksklusif adalah Asupan Terbaik untuk si Kecil

Labu Siam

Kebutuhan Asam Folat sangat diperlukan bagi Mums yang sedang hamil maupun menyusui. Asam Folat berperan penting untuk membantu perkembangan sel, hemoglobin, dan jaringan organ si Kecil. Mums bisa mengonsumsi minimal 100 gram labu siam setiap hari untuk memenuhi kebutuhan asam folat dalam tubuh. Selain memperlancar ASI, labu siam juga dipercaya dapat memaksimalkan manfaat ASI untuk si Kecil.

Itulah beberapa rekomendasi makanan pelancar ASI yang bisa Mums coba. ASI merupakan makanan terbaik yang dapat Mums berikan semenjak si Kecil lahir hingga berumur 6 bulan. Oleh karena itu, selalu pastikan makanan yang Mums konsumsi mampu meningkatkan kualitas ASI dan mencukupi kebutuhan nutrisinya. Pemberian ASI yang cukup dapat meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil menjadi lebih kuat, sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Jangan lupa, konsumsi juga susu khusus masa menyusui seperti Frisomum Gold Dualcare+. Diperkaya dengan Asam Folat, ALA, LA, Nukleotida, Kalsium, dan Zat Besi, Frisomum Gold Dulacare+ mampu memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan tubuh Mums. Penuhi kebutuhan nutrisi harian selama masa menyusui untuk meningkatkan produksi ASI, serta mendukung kesehatan Mums dan tumbuh kembang si Kecil.