Lompat ke isi utama
Makanan Pelancar ASI yang Wajib Mums Konsumsi [6 Pilihannya]

6 Makanan Pelancar ASI yang Wajib Dikonsumsi

Rutin mengonsumsi makanan pelancar ASI merupakan hal baik untuk Mums lakukan sehari-hari. Pasalnya, makanan pelancar ASI bisa jadi salah satu cara yang membantu Mums demi mencukupi kebutuhan ASI si kecil. Mengonsumsi makanan pelancar ASI secara rutin bahkan jadi hal penting terutama bagi Mums yang taat menjalankan program ASI eksklusif selama 6 bulan pertama yang kerap kali jadi menjadi impian bagi setiap Mums. Akan tetapi, tak semua Mums memiliki pasokan ASI yang cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi si Kecil. Ada beberapa kondisi seperti baby blues syndrome yang menyebabkan ASI susah keluar. Dalam kondisi tersebut, Mums mungkin bertanya-tanya mengenai adanya berbagai jenis makanan yang mungkin bisa dikonsumsi untuk membantu memperlancar ASI.

Ragam makanan pelancar ASI

Jangan cemas, Mums, makanan pelancar ASI secara umum bisa didapatkan dari berbagai sumber makanan yang sehat dan kaya akan nutrisi. Bagi Mums yang sedang dalam fase menyusui, sebenarnya tidak ada pola konsumsi makanan atau minuman khusus untuk meningkatkan produksi ASI. Namun demikian, Mums bisa mengonsumsi berbagai sumber makanan sehat sebagai makanan pelancar ASI, sehingga dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi harian. Gizi yang tercukupi dengan baik dari makanan pelancar ASI bisa membantu meningkatkan atau memperbanyak persediaan ASI.

Nah, untuk lebih jelasnya, artikel berikut akan membahas mengenai berbagai sumber makanan bergizi yang dikenal bermanfaat untuk memperlancar ASI. Mums bisa menjadikan sumber makanan pelancar ASI ini sebagai varian makanan harian. Apa saja daftar makanan pelancar ASI tersebut? Simak infonya di bawah ini.

Kacang hijau

Makanan Pelancar ASI yang Wajib Mums Konsumsi [6 Pilihannya]

Kacang hijau merupakan salah satu makanan pelancar ASI yang juga kaya akan berbagai manfaat. Untuk Mums yang merencanakan program hamil, kacang hijau sangat baik untuk kesuburan. Sementara untuk Mums yang menyusui, makanan pelancar ASI satu ini akan memenuhi kebutuhan protein dan Vitamin B1 dalam tubuh.

Vitamin B1 yang terkandung dalam kacang hijau akan membantu mengubah karbohidrat menjadi energi, termasuk memicu hormon oksitosin untuk memperlancar produksi ASI. Tak hanya itu, kacang hijau dapat membantu meningkatkan mood sehingga Mums lebih rileks saat menyusui. Jenis makanan pelancar ASI ini juga kaya akan Zat Besi yang baik untuk perkembangan otak si Kecil. Mengonsumsi kacang hijau dapat mencukupi kebutuhan nutrisi Mums dan si Kecil sekaligus.

Daun katuk

Mums yang sedang dalam tahap menyusui tentu mengenal sayuran ini bukan? Daun katuk dipercaya bisa memperlancar dan memperbanyak persediaan ASI. Bahkan, banyak suplemen makanan yang mengandung ekstrak daun katuk sebagai pelancar ASI.

Daun katuk sebagai makanan pelancar ASI dinilai baik dikonsumsi saat fase menyusui karena memiliki kandungan laktagogum yang dapat memicu peningkatan produksi ASI. Selain itu, salah satu makanan pelancar ASI ini juga mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, kalsium, zat besi, sehingga manfaat yang diperoleh cukup lengkap untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian.

Kacang almond

Makanan Pelancar ASI yang Wajib Mums Konsumsi [6 Pilihannya]

Kacang almond sebagai makanan pelancar ASI kaya akan kandungan serat, kalsium, protein, dan lemak. Jangan khawatir, lemak yang ada di dalam kacang almond tergolong asam lemak tak jenuh sehingga baik untuk kesehatan. Selain baik untuk kesehatan, kacang almond, terlebih yang telah diolah sebagai susu, juga berguna sebagai makanan pelancar ASI. Mengonsumsi kacang almond bisa meningkatkan produksi ASI dan menambah cita rasa pada ASI. Tak hanya itu, kacang almond mengandung Vitamin D dan Vitamin E yang baik untuk kesehatan kulit lho, Mums.

Pepaya

Buah pepaya ternyata dikenal juga sebagai makanan yang berkhasiat untuk memperlancar ASI. Makanan pelancar ASI satu inimampu meningkatkan hormon oksitosin dalam tubuh, sehingga produksi ASI juga ikut meningkat. Buah ini juga kaya akan Vitamin A, B, C, dan E, serta berbagai mineral yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Sebagai buah yang rendah kalori, pepaya sangat baik untuk pencernaan. Mums bisa mengonsumsi pepaya secara langsung atau diolah terlebih dahulu menjadi sup atau salad.

Bayam

Makanan Pelancar ASI yang Wajib Mums Konsumsi [6 Pilihannya]

Sayur bayam dikenal sebagai makanan pelancar ASI yang kaya akan Zat Besi. Bayam sangat efektif mengembalikan kadar Zat Besi di dalam tubuh Mums, terutama setelah melahirkan. Kekurangan Zat Besi bisa memengaruhi kualitas ASI. Maka, konsumsi bayam sangat diperlukan karena mengandung phytoestrogen yang terbukti ampuh meningkatkan produksi ASI.

Baca Juga: ASI Eksklusif adalah Asupan Terbaik untuk si Kecil

Labu siam

Labu siam bisa jadi pilihan sayuran lainnya sebagai makanan pelancar ASI. Diketahui bahwa labu siam mampu mencukupi kebutuhan asam folat sangat diperlukan bagi Mums yang sedang hamil maupun menyusui. Asam folat berperan penting untuk membantu perkembangan sel, hemoglobin, dan jaringan organ si kecil. Mums bisa mengonsumsi minimal 100 gram labu siam setiap hari untuk memenuhi kebutuhan asam folat dalam tubuh. Selain memperlancar ASI, labu siam juga dipercaya dapat memaksimalkan manfaat ASI untuk si kecil.

Cara alami meningkatkan produksi ASI

Selain makanan pelancar ASI, ada beberapa langkah yang bisa Mums lakukan demi menjaga kualitas produksi ASI harian untuk si kecil. Beberapa langkah ini merupakan langkah alami yang bisa Mums lakukan di rumah sehari-hari dan juga berperan sebagai dorongan agar manfaat makanan pelancar ASI bisa didapatkan secara maksimal.

  1. Tingkatkan frekuensi menyusui

    Agar Mums bisa menyalurkan produksi ASI dan juga nutrisi yang didapatkan dari makanan pelancar ASI kepada buah hati, pastikan agar Mums terus meningkatkan frekuensi menyusui. Peningkatan frekuensi menyusui ini baik dilakukan di awal-awal masa pasca kelahiran. Pasalnya, semakin tinggi frekuensi menyusui, tubuh Mums, terutama di bagian payudara akan mendapatkan rangsangan agar bisa terus menyediakan pasokan ASI seoptimal mungkin.

  2. Coba untuk pompa ASI secara rutin

    Selain mendapatkan rangsangan dari frekuensi menyusui yang meningkat, memompa ASI secara rutin bisa jadi alternatif baik agar produksi ASI bisa berjalan dengan baik, sehingga Mums bisa merasakan manfaat makanan penambah ASI yang maksimal. Memompa ASI sebagai salah satu cara untuk meningkatkan produksi ASI ini dianjurkan jika seusai menyusui, payudara Mums masih terasa keras. Payudara yang keras tersebut menjadi tanda bahwa masih ada pasokan ASI yang masih perlu dikeluarkan dalam waktu tersebut. ASI yang berhasil dipompa tersebut bisa Mums simpan dalam lemari pendingin khusus agar bisa dikonsumsi si kecil pada jadwal menyusui berikutnya.

  3. Buat ruangan menjadi nyaman

    Aspek lingkungan juga ternyata dapat memengaruhi produksi ASI, lho, Mums. Jika Mums menyusui di ruangan yang nyaman, hal tersebut tentu juga akan membuat Mums menjadi lebih rileks. Perasaan nyaman tersebut bisa membuat tubuh menjadi tidak tegang, sehingga produksi ASI pada saat menyusui buah hati bisa mengalir secara maksimal. Ruangan yang nyaman juga dapat membantu Mums untuk terhindar dari serangan stres yang dapat mengganggu aktivitas keseharian lainnya.

  4. Melakukan pijatan di payudara

    Memijat payudara secara berkala juga ternyata mampu menjadi rangsangan alami demi meningkatkan produksi ASI. Memijat payudara ini merupakan salah satu cara yang mudah dan bisa dilakukan kapan saja di saat Mums sedang rileks. Mums bisa melakukan pijatan di bagian payudara sambil menyusui si buah hati. Sangat dianjurkan untuk Mums mulai memijat payudara dari bagian luar terlebih dahulu sembari secara perlahan memijiat ke bagian dalam.

Itulah beberapa rekomendasi makanan pelancar ASI yang bisa Mums coba. ASI merupakan makanan terbaik yang dapat Mums berikan semenjak si Kecil lahir hingga berumur 6 bulan. Oleh karena itu, selalu pastikan makanan yang Mums konsumsi mampu meningkatkan kualitas ASI dan mencukupi kebutuhan nutrisinya. Pemberian ASI yang cukup dapat meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil menjadi lebih kuat, sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Jangan lupa, konsumsi juga susu khusus masa menyusui seperti Frisomum Gold Dualcare+. Diperkaya dengan Asam Folat, ALA, LA, Nukleotida, Kalsium, dan Zat Besi, Frisomum Gold Dulacare+ mampu memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan tubuh Mums. Penuhi kebutuhan nutrisi harian selama masa menyusui untuk meningkatkan produksi ASI, serta mendukung kesehatan Mums dan tumbuh kembang si Kecil.