Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Perhatikan Ini Dalam Memilih Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Perhatikan Ini Dalam Memilih Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Memenuhi asupan nutrisi untuk tubuh Mums dan si Kecil yang berada di dalam kandungan selama masa kehamilan adalah hal yang mutlak untuk dilakukan. Mulai dari memilih makanan sehat untuk ibu hamil, memilih asupan nutrisi tambahan dari suplemen jika diperlukan, hingga penerapan pola hidup sehat secara umum, semua perlu dilakukan dalam upaya mengoptimalkan kondisi tubuh selama masa kehamilan agar si Kecil dapat tumbuh dengan maksimal.

Mungkin Mums selama ini benar-benar sudah menyiapkan segala hal yang perlu diberikan dan dilakukan ketika si Kecil lahir. Seperti misalnya asupan nutrisi dan rangsangan yang spesifik sehingga ia dapat tumbuh maksimal. Tapi sebenarnya, hal tersebut bisa dimulai ketika si Kecil berada dalam kandungan. Untuk tumbuh secara optimal, janin memerlukan asupan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi oleh Mums secara rutin.

Tentu saja, ketika Mums bisa memilih dan memilah makanan sehat untuk ibu hamil, kondisi tubuh Mums juga akan terjaga dan ‘ternutrisi’ dengan baik. Mums yang sehat akan berefek langsung pada kesehatan janin, jadi soal memilih makanan ini benar-benar tak boleh disepelekan. Secara langsung setiap nutrisi yang diperlukan oleh janin juga akan bergantung pada apa yang dikonsumsi Mums setiap hari.

Menjaga Kesehatan Pada Saat Kehamilan

Perhatikan Ini Dalam Memilih Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Masa kehamilan yang berlangsung kurang lebih selama 40 minggu merupakan masa yang penuh dengan keajaiban. Ketika mulai menyadari kondisi Mums yang tengah hamil, perlahan tapi pasti Mums akan mengalami banyak perubahan. Tak sekedar fisik saja yang benar-benar nampak lambat laun berubah, namun juga faktor psikis yang ada di dalam diri Mums. Semua ini terjadi karena perubahan hormon yang diproduksi tubuh dan merupakan hal wajar.

Dalam rangka menjaga kesehatan tubuh selama masa kehamilan, setidaknya ada 3 hal yang bisa Mums lakukan. Pertama, adalah topik utama dalam artikel ini, yakni memilih makanan sehat untuk ibu hamil. Kedua yaitu menerapkan pola hidup sehat. Dan terakhir adalah melakukan pengecekan kondisi kandungan secara rutin ke dokter kepercayaan Mums. Jika ketiga hal ini dilakukan, idealnya kondisi kandungan akan tetap terjaga hingga pada saatnya melahirkan nanti.

Mungkin selama ini Mums juga sudah banyak membaca makanan apa saja yang sekiranya baik dikonsumsi ketika masa kehamilan guna memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Nah, pada bagian selanjutnya, Mums dapat melihat beberapa rekomendasi makanan serta bahasan singkat mengenai nutrisi yang ada di dalamnya. Ingat, daftar berikut hanya berupa rekomendasi saja, konsultasi pada dokter kepercayaan tetap menjadi hal utama dalam menyusun menu makanan selama masa kehamilan agar dapat disesuaikan dengan kondisi tubuh Mums.

Sedikit sisipan, ada juga beberapa makanan yang sebaiknya dihindari ketika Mums hamil, diantaranya adalah makanan mentah atau setengah matang, kafein yang berlebih, makanan yang mengandung pemanis buatan, serta makanan seafood yang tidak terjamin kehigienisannya.

Kandungan Gizi dalam Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Perhatikan Ini Dalam Memilih Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Kebutuhan nutrisi selama masa kehamilan akan lebih besar ketimbang ketika Mums belum mengandung si Kecil. Rasanya hal ini wajar karena tumbuh kembang janin juga memerlukan nutrisi yang banyak. Mengonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil kemudian jadi hal mutlak. Lalu apa saja makanan yang baik untuk mendukung kesehatan dan tumbuh kembang Mums serta janin?

Produk Susu dan Olahannya

Kebutuhan Kalsium dan Protein yang tinggi selama masa kehamilan dapat dipenuhi dengan konsumsi produk susu dan olahannya. Baik susu alami maupun susu formula, selama mengandung nutrisi yang diperlukan Mums bisa mengkonsumsinya. Selain susu, Mums juga dapat mengkonsumsi yogurt, keju, serta mentega yang berasal dari lemak hewani untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil.

Telur dan Olahannya

Makanan sehat untuk ibu hamil selanjutnya adalah telur. Ya, bahan makanan ini diklaim sebagai salah satu makanan super yang dapat membantu memenuhi kebutuhan beragam nutrisi. Mulai dari berbagai vitamin, Protein, serta mineral ada dalam bahan makanan yang bisa didapatkan dari unggas ini. Protein yang ada di dalam telur dapat membantu menghasilkan dan memperbaiki sel janin yang rusak sehingga tumbuh kembangnya dapat berjalan optimal. Telur juga mengandung Kolin yang bisa membantu perkembangan otak serta sistem saraf si Kecil selama di dalam kandungan.

Legum atau Kacang-Kacangan

Istilah legum sendiri mengacu pada beberapa bahan makanan berupa kacang-kacangan dan biji-bijian. Beberapa makanan sehat untuk ibu hamil dari kategori ini adalah lentil, kacang kedelai, kacang polong, hingga kacang tanah dan buncis. Jenis makanan ini kaya akan serat nabati, Protein, Folat, Kalsium, serta Zat Besi yang menjadi kebutuhan utama nutrisi harian untuk Mums. Kandungan Folat sendiri dapat membantu membentuk kekebalan tubuh si Kecil dari infeksi berbagai penyakit.

Sayur dan Buah

Menjadi makanan selanjutnya dari daftar ini adalah sayuran yang memiliki daun. Kandungan Antioksidan yang kaya dalam jenis sayuran berdaun dapat membantu melindungi tubuh Mums dari penyakit, serta memberikan proteksi pada janin. Selain itu, jenis makanan ini juga mengandung Kalsium, Protein, Serat, Folat, berbagai vitamin, dan Kalium. Konsumsi sayuran yang rutin juga dapat membantu menjaga kesehatan organ pencernaan Mums. Semakin sehat organ pencernaan, maka penyerapan nutrisi dalam makanan akan berlangsung semakin optimal.

Beberapa buah juga direkomendasikan untuk dikonsumsi selama masa kehamilan, karena tentu saja kandungan nutrisinya yang berlimpah. Misalnya saja seperti alpukat yang kaya akan kandungan Vitamin B, VItamin C, Asam Folat, serta Kalium. Atau mungkin pisang yang dapat menopang kebutuhan kalori harian sehingga Mums tidak mudah merasa lelah.

Makanan Sehat untuk Ibu Hamil : Salmon

Salah satu ikan yang sudah cukup terkenal mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh ini menjadi makanan sehat untuk ibu hamil berikutnya. Ya, ikan ini memiliki kandungan asam lemak Omega-3 yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Omega-3 sendiri juga berperan besar dalam mendukung tumbuh kembang otak dan mata si Kecil di dalam kandungan. Belum lagi kandungan Vitamin D yang sangat penting untuk kesehatan tulang dan pertumbuhannya. Konsumsi salmon secara rutin sangat disarankan untuk Mums ketika masa kehamilan.

Mengapa Frisomum?

Kebutuhan nutrisi harian selama masa kehamilan dapat pula didukung dengan konsumsi Frisomum Gold Dualcare+ setiap hari. Mengapa produk Frisomum Gold Dualcare+? Sebab susu formula ini mengandung nutrisi lengkap, seperti Protein, ALA/LA, Nukleotida, Prebiotik, Asam Folat, Kalsium, serta Zat Besi. Dengan konsumsi rutin, Mums dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian dengan baik. Tentu saja, konsumsi Frisomum Gold Dualcare+ harus dibarengi dengan konsumsi makanan sehat lainnya, seperti yang tertera dalam daftar di atas.