Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Makanan untuk Anak Diare Agar Cepat Sembuh

Makanan untuk Anak Diare Agar Cepat Sembuh

Diare adalah salah satu penyakit pencernaan yang umumnya menyerang anak-anak. Diare pada anak biasanya bisa sembuh dalam kurun waktu 1-2 hari. Penyembuhannya juga bergantung dengan obat atau penanganan selama diare tersebut menyerang. 

Pemulihan gejala diare anak mungkin saja berjalan lambat, jika Mum sebagai orang tua tidak mendampingi pemberian obat dengan makanan yang menyehatkan kembali pencernaannya. Makanan untuk anak diare ini yang sepatutnya Mum perhatikan, agar diare pada anak cepat sembuh dan tidak kambuh lagi.

Pemberian makanan untuk anak diare yang tepat akan memberikan energy tambahan untuk tubuhnya melawan infeksi. Tidak hanya itu, makanan untuk anak diare ini harus memenuhi asupan nutrisi anak selama diare. 

Sebab, meskipun diare juga menyerang orang dewasa, namun diare yang menyerang anak memiliki risiko lebih tinggi menyebabkan kekurangan cairan atau dehidrasi. Jadi, patutnya Mum memperhatikan beberapa rekomendasi makanan untuk mengembalikan nutrisi anak saat diare yang hilang.

ASI

Makanan untuk anak diare pertama yaitu ASI. ASI merupakan sumber makanan utama, untuk anak bayi yang sedang diare dan belum bisa makan makanan padat. Kandungan protein, gula, dan lemak pada ASI sangat dibutuhkan anak saat diare sebagai energy. 

Tidak bisa dipungkiri, miris melihat anak ketika diare apalagi anak bayi. ASI bisa dibilang mungkin satu-satunya makanan mujarab untuk diare. Maka dari itu pemberian ASI tidak boleh dihentikan saat anak mengalami diare. Namun, jika bayi  sudah cukup besar (di atas 6 bulan) untuk mendapatkan jenis cairan lainnya, boleh selang-seling pemberian ASI dengan minum air putih lebih banyak. 

Wortel rebus

Menjadi salah satu makanan untuk anak diare, wortel merupakan makanan yang kaya akan serat. Selain itu, wortel juga mengandung banyak manfaat seperti zat besi, kalsium, vitamin C, dan vitamin D yang membantu meningkatkan sistem imun tubuh agar diare pada anak bisa lebih cepat pulih. Cara menyajikan wortel sebagai makanan untuk anak diare adalah dengan merebusnya. 

Namun, Mum harus memastikan mengolah wortel hingga benar-benar matang sempurna. Sebab, wortel yang tidak matang teksturnya masih keras dan kemungkinan masih mengandung bakteri yang bisa memperparah diare pada anak. cara paling mudah menyajikan wortel pada anak yang diare dengan mengolahnya menjadi bubur dengan cara direbus dan ditumbuk atau bisa juga dimasukkan sebagai tambahan sayur dalam sup ayam bening. 

Pisang 

Selain wortel rebus, buah pisang juga bisa menjadi makanan untuk anak diare agar cepat sembuh. Pisang makanan untuk anak diare bisa disajikan dengan cara dipotong kecil-kecil atau dihaluskan dan dijadikan makanan selingan anak saat diare. Teksturnya yang lembut menjadikan pisang sebagai makanan yang mudah dicerna oleh perut anak yang sedang bermasalah. Rasanya yang manis juga turut membantu Mum untuk diterima oleh lidah anak yang tengah diare. 

Selain sebagai makanan untuk anak diare, pisang termasuk ke dalam salah satu makanan terbaik untuk anak karena kandungan seratnya yang kaya, serta beberapa kandungan baik lainnya, seperti kalium, tannin, vitamin A, vitamin B6, dan folat. Kandungan serat dan kalium dalam pisang lah yang membantu mengurangi diare atau memadatkan feses, sementara mineral lainnya membantu meredakan gejala diare yang dialami anak.

Telur rebus matang

Telur juga termasuk ke dalam makanan untuk anak diare terbaik. Tinggi protein pada telur dapat meningkatkan energi yang hilang saat diare. Selain itu, telur juga diperkaya oleh vitamin B12, folat, fosfor, selenium, dan kolin yang berfungsi untuk mempercepat kesembuhan anak dari diare. Cara penyajian telur sebagai makanan untuk anak diare ini bisa dengan direbus hingga matang sempurna. Perhatikan baik-baik penyajian telur untuk anak yang diare. 

Jangan berikan telur setengah matang, karena kemungkinan telur setengah matang masih mengandung bakteri yang dapat membuat diare pada anak semakin parah. Selain itu, Mum juga perlu memastikan bahwa anak Mum tidak memiliki alergi pada telur. Karena hal tersebut juga bisa memperparah diare pada perut anak.

Bubur atau nasi tim

Selain telur dan pisang, ternyata nasi juga termasuk ke dalam menu makanan untuk anak diare terbaik karena nasi atau bubur mudah dicerna. Bubur atau nasi tim ini makanan yang bisa menambah asupan energi untuk anak saat diare merasa lemas akibat sering buang air. 

Penyajian bubur dan nasi tim sangat mudah sekali, Mum bisa membuat bubur polos yang ditambah dengan kecap asin atau kecap manis dan sedikit topping. Hindari menambahkan bumbu rempah yang terlalu kuat atau santan pada nasi atau bubur. Sebab hal itu bisa memicu gejala diare yang semakin parah pada anak. 

Yoghurt

Makanan untuk anak diare selanjutnya merupakan makanan selingan yang penuh dengan banyak manfaat, yaitu yoghurt. Namun, yoghurt ini hanya bisa diberikan untuk anak usia di atas 1 tahun. Sebagai makanan untuk anak diare, yoghurt mengandung probiotik yang merupakan bakteri baik untuk pencernaan. 

Dengan begitu, yoghurt bisa membantu mengurangi jumlah bakteri penyebab diare. Yoghurt juga menjadi salah satu obat alami untuk anak saat diare. Walaupun begitu, Mum sebagai orang tua harus cermat dalam memilih yoghurt sebagai makanan untuk anak diare. Pilihlah yoghurt yang rendah kandungan gula, tanpa pemanis buatan, dan mengandung lactobacillus (jenis bakteri baik).

Daging panggang atau rebus

Daging yang kaya akan sumber protein seperti telur juga termasuk ke dalam makanan untuk anak diare terbaik. Selain daging sapi, ada juga daging ayam, dan ikan yang termasuk ke dalam makanan untuk anak diare. Namun, cara pengelolaan sumber protein daging harus dimasak dengan matang sempurna. Disarankan pengelolaannya dilakukan dengan direbus atau dipanggang daripada digoreng. Mengapa? Karena proses penggorengan membuat tekstur daging jadi lebih keras dan berminyak. 

Hal tersebut tidak baik untuk sistem pencernaan anak yang sedang bermasalah karena diare. Jadi, lebih baik Mum membuatkan sup dari sumber protein di atas sebagai makanan untuk anak diare. Ditambah dengan sayur-sayuran yang juga membantu menyembuhkan diare secara cepat.

Pemberian makanan sehat juga termasuk hal penting untuk anak yang diare. Jadi, Mum dituntut untuk memberikan makanan untuk anak diare agar cepat sembuh. Diare yang berlarut-larut kesembuhannya dapat berdampak negatif pada proses tumbuh kembang anak, lho. 

Itulah sebabnya, selain obat diare yang dibutuhkan anak saat diare, Mum juga perlu menyediakan makanan untuk anak diare yang sehat dan bergizi seimbang agar diare lekas sembuh dan tidak kembali lagi menyerang anak. Selain itu, Mums juga harus memenuhi kebutuhan nutrisi baik anak setiap harinya, dengan memberikan susu Friso Gold 4

Friso Gold 4 merupakan susu yang diformulasikan khusus untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil. Friso dengan teknologi Locknutri, nutrisi baik untuk si kecil tetap terjaga walaupun melalui proses pemanasan. Jadi, untuk tetap menjaga tumbuh kembang si kecil dan jauh dari diare, bantu menutrisi baik tubuh si kecil dengan Friso Gold 4.