Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Manfaat Anak Bermain Di Luar Ruang [4 Manfaat Paling Utama]

Manfaat Anak Bermain Di Luar Ruang [4 Manfaat Paling Utama]

Memberikan rangsangan yang tepat untuk tumbuh kembang anak merupakan hal wajib yang dilakukan pada orang tua. Mulai dari permainan tebak huruf, tebak bentuk, menyusun balok, hingga permainan di luar ruangan yang memerlukan gerak fisik yang intens. Anak bermain tidak sekedar bersenang-senang, namun juga menjadi proses pembelajaran penting untuknya.

Pada artikel kali ini, sedikit akan dijelaskan bagaimana manfaat yang dapat diterima oleh si Kecil ketika ia bermain di luar ruangan. Bukan bermaksud mengesampingkan rangsangan dari permainan dalam ruang, namun bersentuhan dengan alam sekitar secara langsung nyatanya benar-benar dapat memberikan ragam manfaat yang baik untuk tumbuh kembangnya.

Aktivitas dalam ruang tentu baik untuk merangsang kecerdasan terkait pengenalan warna, nama, huruf, angka dan sebagainya. Permainan di luar rumah, di sisi lain, akan memberikan rangsangan yang sangat baik untuk tumbuh kembang fisiknya. Gerakan yang intens ketika bermain, sinar matahari pagi yang menyehatkan, serta mengasah kepercayaan diri anak untuk bergaul dengan teman di lingkungan sekitar.

Beberapa manfaat tadi jika dijelaskan akan seperti pada uraian di bawah ini.

Gerak Fisik

Gerakan fisik ketika si Kecil bermain di luar ruangan dapat benar-benar merangsang pertumbuhan tulang dan ototnya. Asupan nutrisi yang sudah diberikan akan menjadi lebih optimal penyerapannya jika si Kecil bergerak dengan aktif. Tulang bagian kaki, tangan dan seluruh badan secara umum akan dapat menerima dan memproses nutrisi yang masuk sehingga akan memiliki massa yang lebih padat.

Hal yang sama terjadi pula pada otot tubuh si Kecil. Ketika ia berlari misalnya, otot bagian kaki akan terasah untuk memberikan kekuatan yang tepat. Demikian halnya dengan ketika si Kecil melakukan aktivitas memanjat, otot tangan dan kakinya akan bergerak secara berkesinambungan, sehingga dapat menopang tubuh mungilnya untuk mencapai puncak.

Keseimbangan

Gerakan fisik yang aktif, dalam hal anak bermain di luar ruangan, juga akan membantu si Kecil untuk mengasah keseimbangan yang dimilikinya. Meski hal ini terasah secara tidak disadari, keseimbangan akan dengan sendirinya terlatih ketika ia banyak bergerak. Koordinasi setiap bagian tubuh akan terbentuk secara alami untuk menjaga si Kecil agar tetap tegak dan tidak jatuh.

Untuk melatih keseimbangan, Mums bisa mengajak si Kecil berlari, atau melompat kedepan dan kebelakang, meniti besi keseimbangan atau sekedar berjalan melintasi medan yang berbatu. Dengan demikian, tubuh si Kecil akan menganalisa medan tersebut lalu akan mengirimkan sinyal ke bagian tubuh agar melakukan adaptasi pada medan yang ada.

Kemampuan Spasial

Memang hal ini sangat jarang dibahas dan mungkin saja Mums juga belum terlalu mengenalnya. Kemampuan spasial dapat dipahami kemampuan untuk mengenal lingkungan seperti arah, bentuk, benda, serta ruang. Well, jika si Kecil tidak pernah keluar rumah, bagaimana ia akan memiliki kemampuan mengenal lingkungan yang baik bukan?

Kemampuan ini juga akan terasah dengan sendirinya ketika anak bermain dengan teman-temannya. Misalnya saja ketika ia sedang mengantri papan perosotan, ia akan melihat jarak yang ada antara ia dan teman di depannya. Kemudian dapat memperkirakan seberapa cepat ia akan meluncur, dan sejenisnya. Ajak si Kecil bermain di berbagai tempat, agar kemampuan spasialnya makin terasah.

Kepercayaan Diri dan Kemampuan Interaksi

Ketika bermain bersama teman sebaya, tidak mungkin si Kecil akan diam saja. Pasti akan ada percakapan yang muncul. Secara langsung hal ini akan melatih kemampuannya bersosialisasi dan berinteraksi dengan orang lain. Rasa percaya diri juga akan tumbuh perlahan ketika ia bisa menjalin percakapan dengan orang lain.

Di waktu yang sama, si Kecil akan berlatih pula bagaimana cara berbicara dan menggunakan kata-kata yang sudah ia pelajari di rumah. Praktek secara langsung dengan orang asing dapat menjadi latihan yang sangat amat baik untuk kemampuannya berbicara. Jangan lupa Mums, terus dampingi si Kecil agar ia merasa aman dan nyaman ketika bermain ya!

Melihat beberapa manfaat anak bermain di luar ruang di atas, tentunya Mums semakin mantap mengajaknya bermain di luar bukan? Manfaat di atas hanya sedikit dari sekian banyak manfaat, baik yang disadari atau tidak disadari, akan didapatkan si Kecil dan berpengaruh langsung pada tumbuh kembangnya. Satu yang menjadi tambahan, berinteraksi dengan lingkungan sekitar juga akan mengenalkan si Kecil pada bakteri serta kuman, yang mana hal ini akan menjadi latihan bagus bagi daya tahan tubuhnya.

Memberikan rangsangan akan sangat tepat bila disertai dengan pemberian nutrisi yang cukup. Untuk membantu Mums mencukupi nutrisi harian si Kecil, berikan Friso Gold 4 sebagai pelengkap kebutuhannya. Dengan teknologi Locknutri, kualitas alami nutrisi akan terjaga dan lebih mudah diserap tubuh si Kecil. Ini akan membantu si Kecil agar kuat dari dalam dan tidak mudah terkena penyakit.