Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Manfaat Daun Kelor untuk Anak-Anak, Ini 6 Poinnya!

Manfaat Daun Kelor untuk Anak, Setara 7 kali Vitamin C jeruk

Pernahkah Mums mendengar bahwa tanaman kelor memiliki banyak manfaat kesehatan? Salah satu bagian yang sering dimanfaatkan untuk tujuan kesehatan adalah bagian daunnya. Ya, manfaat daun kelor terbilang sangat banyak, karena memiliki banyak kandungan nutrisi yang sangat baik. Terlebih, nutrisi ini juga dapat bermanfaat untuk anak-anak lho Mums!

Tanaman kelor sendiri dapat dengan mudah ditemukan karena menjadi tanaman liar. Dengan nama ilmiah Moringa Oleifera, Mums bisa saja dengan cukup mudah menemukannya pada komposisi berbagai produk kecantikan dan kesehatan. Biasanya, daun kelor akan diambil kemudian diekstrak agar mendapatkan sari atau nutrisi yang ada di dalamnya.

Untuk anak-anak sendiri, manfaat daun kelor cukup banyak. Ingin tahu selengkapnya? Mums bisa cek penjelasan di bawah ini.

Kebutuhan Nutrisi Harian si Kecil

Manfaat Daun Kelor untuk Anak-Anak, Ini 6 Poinnya!

Sumber : www.freepik.com

Setiap hari, tubuh si Kecil memerlukan asupan nutrisi dalam jumlah tertentu. Nutrisi ini berguna untuk tumbuh kembang sekaligus membentuk daya tahan tubuh. Beberapa diantara nutrisi yang diperlukan adalah Vitamin C, Kalsium, Vitamin A, Serat, Mineral, dan juga Zat Besi. Setiap nutrisi tersebut memiliki perannya masing-masing dalam proses tumbuh kembang si Kecil.

Dalam daun kelor, setidaknya terkandung jumlah nutrisi yang setara dengan 7 kali Vitamin C pada jeruk, 4 kali kandungan Kalsium pada susu, 4 kali kandungan Vitamin A pada wortel, dan 3 kali kandungan Potasium pada pisang. Tentu ini merupakan jumlah yang cukup banyak jika dilihat dalam setiap ukuran per 1 gram daun kelor.

Mineral untuk Metabolisme si Kecil

Konsumsi daun kelor secara rutin juga dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh si Kecil. Dengan metabolisme yang optimal, maka penyerapan nutrisi serta pemanfaatannya untuk berbagai keperluan dalam rangka tumbuh kembang dapat berjalan dengan optimal pula.

Manfaat Daun Kelor untuk Pencernaan

Manfaat Daun Kelor untuk Anak-Anak, Ini 6 Poinnya!

Sumber : www.freepik.com

Apa yang terpikirkan ketika membahas mengenai manfaat daun kelor untuk pencernaan si Kecil? Tentu kandungan Serat yang tinggi bukan? Ya, daun kelor memiliki kandungan Serat yang tinggi sehingga dapat membantu merawat kesehatan organ pencernaan si Kecil. Selain penyerapan nutrisi dapat berjalan dengan baik, organ pencernaan seperti usus dan lambung akan terjaga tetap dalam keadaan bersih berkat kandungan Serat yang ada.

Mengandung Zat Besi

Kandungan Zat Besi yang ada pada daun kelor dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. Zat Besi jadi salah satu nutrisi harian yang wajib dipenuhi karena berperan dalam membantu sel darah merah membawa Oksigen ke seluruh tubuh. Jika kebutuhan Zat Besi hariannya terpenuhi, maka si Kecil dapat beraktivitas dan tumbuh dengan baik.

Sebaliknya, ketika kebutuhan Zat Besi tidak terpenuhi, maka si Kecil akan menjadi lemas dan kurang fokus menjalani hari-harinya. Kekurangan Zat Besi juga dapat memicu terjadinya penyakit anemia dan defisiensi Zat Besi, yang tentu saja buruk untuk tumbuh kembangnya secara umum.

Mengandung Anti Inflamasi

Manfaat Daun Kelor untuk Anak-Anak, Ini 6 Poinnya!

Sumber : www.freepik.com

Ketika si Kecil terinfeksi bakteri atau virus yang membuatnya jatuh sakit, tentu akan menjadi hal yang membuat Mums sedih. Keceriaan si Kecil yang biasanya mengisi hari-hari Mums akan hilang. Pengobatan yang tepat diperlukan agar si Kecil lekas pulih.

Manfaat daun kelor selanjutnya, salah satunya juga adalah membantu mendetoksifikasi tubuh si Kecil yang tengah terserang bakteri atau virus. Dengan kandungan anti inflamasi yang cukup tinggi, tubuh si Kecil dapat pulih lebih cepat dan si Kecil kembali bisa beraktivitas dengan normal.

Menjaga Kelembaban Kulit si Kecil

Aktivitas si Kecil yang dijalani setiap hari tentu memerlukan tenaga dan dukungan Mums. Jangan lupa, kesehatan kulit si Kecil juga sangat diperlukan agar aktivitasnya tak terganggu. Bisa dibayangkan bukan jika ketika bermain dan tangannya tergores sedikit lalu kemudian terluka? Tentu ini akan sangat mengganggu.

Manfaat daun kelor yang selanjutnya adalah membantu menjaga kelembaban kulit si Kecil. Kulit yang mudah terluka dan sering gatal biasanya disebabkan oleh kulit yang kering. Kandungan Vitamin E yang ada pada daun kelor dapat membantu menjaga kelembaban kulit si Kecil setiap saat, sehingga tidak mudah mengalami iritasi dan tetap dapat beraktivitas dengan optimal.

Baca Juga : Mengatasi Alergi Gatal pada Anak Balita

Memenuhi kebutuhan nutrisi harian si Kecil dapat dilakukan dengan memberikannya variasi menu yang padat nutrisi. Jangan lupa, olah berbagai bahan makanan dengan kreativitas Mums, agar si Kecil tetap memiliki nafsu makan yang tinggi ketika memakan masakan Mums setiap hari.

Mengetahui manfaat daun kelor rasa-rasanya menjadi hal yang cukup penting untuk menambah khasanah serta pengetahuan Mums terkait bahan makanan bernutrisi. Selain daun kelor, pastikan juga si Kecil mendapatkan asupan buah, sayuran, daging, serta susu yang cukup setiap hari. Hal ini semata agar proses tumbuh kembangnya dapat berjalan dengan optimal. Berikan juga Friso Gold 4 untuk membantu Mums memenuhi nutrisi harian si Kecil. Friso dengan teknologi Locknutri, menjaga kualitas nutrisi alami dan mudah dicerna oleh tubuh si Kecil, sehingga si Kecil akan mendapatkan manfaat terbaik dari susu.