Lompat ke isi utama
Kandungan Buah Pir

Manfaat Kandungan Buah Pir untuk Kesehatan Anak

Manfaat kandungan buah pir tak hanya penting untuk mencegah sembelit, tetapi juga bermanfaat bagi tumbuh kembang anak

Kandungan buah pir yang paling tinggi adalah serat dan air. Tak heran jika pir termasuk buah tinggi serat yang penting untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan. Namun, Mums juga perlu mengetahui bahwa kandungan buah pir tak hanya itu lho, ada banyak jenis zat gizi lain yang perannya dibutuhkan dalam menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

Buah pir tak hanya berperan untuk mencegah sembelit atau konstipasi, tetap juga dapat menjaga kesehatan jantung, membantu meningkatkan kesehatan tulang, mengontrol berat badan, meningkatkan kesehatan kulit, dan membantu mencegah penyakit. Semua manfaat tersebut tidak terlepas dari berbagai kandungan buah pir. 

Untuk mengetahui lebih jelas mengenai manfaat dari setiap kandungan buah pir, sebaiknya Mums simak penjelasan di bawah ini, yuk! 

Manfaat Kandungan Buah Pir

Jika dibandingkan dengan apel, sepertinya popularitas buah pir tidak begitu tinggi ya, Mums? Sebagian orang cenderung lebih menyukai apel karena berbagai alasan, umumnya karena perbedaan tekstur dan rasa. Kendati demikian, kandungan buah pir sebaiknya tidak diabaikan begitu saja ya, Mums.

Hal tersebut dikarenakan di balik kandungan nutrisinya, ternyata buah pir menjadi salah satu buah kaya nutrisi yang menyimpan berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Seperti yang Mums ketahui, vitamin dan mineral memang dibutuhkan dalam jumlah yang lebih sedikit dibandingkan zat gizi makro seperti protein, karbohidrat, dan lemak.

Namun, bukan berarti Mums mengesampingkan asupan vitamin dan mineral harian anak. Zat gizi mikro ini tetap harus dipenuhi secara seimbang sebagai nutrisi tambahan untuk mendukung kesehatan dan tumbuh kembang anak lebih maksimal.

Oleh karena itu, Mums juga perlu mengetahui apa saja manfaat kandungan buah pir yang bermanfaat bagi anak. Berikut ini beberapa jenis kandungan buah pir beserta manfaatnya, antara lain: 

  1. Serat dan Air

    Seperti yang telah disebutkan, kandungan buah pir yang cukup tinggi yaitu serat dan air. Melansir laman resmi U.S. Department of Agriculture, dalam 100 gram buah pir mengandung sekira 83,96 gram air dan 3,1 gram serat. 

    Kedua jenis kandungan buah pir inilah yang memberikan manfaat untuk tubuh, di antaranya dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan. Serat dan air merupakan 2 nutrisi yang cukup penting dalam mencegah munculnya sembelit dan konstipasi, sehingga buah pir bisa menjadi salah satu solusi apabila anak susah BAB. Dengan BAB yang teratur, maka usus anak pun akan lebih sehat dan terhindar dari penyakit. 

    Tak hanya itu, kandungan buah pir ini juga bermanfaat untuk mengontrol berat badan lebih stabil. Serat dan air yang tinggi dalam buah pir dapat memberikan efek kenyang yang lebih lama sehingga dapat mengurangi keinginan anak untuk makan secara berlebihan.

    Penelitian yang dilansir dari medicalnewstoday.com juga menyebutkan bahwa konsumsi buah pir secara rutin yang disertai dengan pola hidup sehat dan aktif dapat menurunkan kadar lemak tubuh dan mengecilkan lingkar pinggang secara signifikan.

    Jadi, bagi Mums yang sedang mengontrol berat badan anak atau ingin menghilangkan lemak berlebih, buah pir dapat menjadi pilihan yang terbaik untuk dimasukkan ke dalam menu makanan harian anak, termasuk camilan sehat yang menyegarkan.

  2. Vitamin C

    Vitamin C juga termasuk ke dalam kandungan buah pir yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Dalam 100 gram buah pir mengandung sekira 4,3 mg. Manfaat kandungan buah pir yang satu ini sangat penting untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Sebagai antioksidan, vitamin C dapat melindungi sel sistem imun dari kerusakan akibat radikal bebas.

    Selain itu, vitamin C juga bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan kulit. Kandungan buah pir yang satu ini berperan untuk pembentukan kolagen yang berpengaruh terhadap elastisitas kulit. 

  3. Vitamin B kompleks

    Kandungan buah pir yang tak kalah penting yaitu vitamin B kompleks yang mencakup vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, dan vitamin B9 (asam folat). Setiap jenis vitamin B ini memiliki kadar yang berbeda-beda. Dalam 100 gram buah pir mengandung vitamin B2 sekira 0,05 mg, vitamin B3 sekira 0,29 mg, vitamin B5 sekira 0,09 mg, vitamin B6 sekira 0,05 mg, dan vitamin B9 (asam folat) sekira 12,5 mcg. 

    Manfaat dari kandungan buah pir ini di antaranya dapat membantu menjaga kesehatan kulit, mendukung produksi hormon, membantu pembentukan hemoglobin, produksi sel darah merah, dan membantu menjaga sistem saraf dan imun tubuh. 

  4. Tembaga

    Kandungan buah pir selanjutnya yaitu tembaga. Mineral ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan sel saraf dalam tubuh. Selain itu, manfaat tembaga juga berperan penting dalam pembentukan sel darah merah, kolagen, dan penyerapan zat besi. 

    Selain itu, tembaga bersamaan dengan vitamin K dan senyawa flavonoid dalam buah pir bermanfaat untuk melawan peradangan sehingga tubuh anak menjadi lebih bugar dan tidak mudah terserang penyakit. Dengan catatan, Mums tetap memberikan asupan makanan bergizi seimbang dan menerapkan pola hidup sehat, aktif, serta bersih. 

  5. Magnesium

    Kandungan buah pir yang satu ini akan semakin optimal jika dibarengi dengan asupan protein, kalsium, dan vitamin D. Ini karena magnesium berperan untuk membantu meningkatkan kesehatan tulang. Tubuh anak-anak membutuhkan magnesium yang cukup untuk membangun dan memperkuat sel tulang yang baru. 

    Manfaat magnesium juga berperan penting dalam membantu mengaktifkan vitamin D dalam tubuh untuk mengatur kebutuhan kalsium dan fosfat guna menunjang pertumbuhan dan pembentukan tulang. Sederhananya, semua nutrisi ini memang saling berkaitan satu sama lain untuk mendukung kesehatan dan tumbuh kembang anak lebih maksimal. 

  6. Fosfor 

    Kandungan nutrisi buah pir yang lainnya yaitu fosfor. Mineral ini berperan untuk membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi, merangsang metabolisme protein, membantu meningkatkan perbaikan sel-sel tubuh, serta memastikan keseimbangan hormon dalam tubuh. 

    Fosfor termasuk kandungan buah pir yang kadarnya cukup tinggi lho, Mums. Dalam 100 gram buah pir mengandung sekira 12 mg fosfor. Fosfor bekerjasama dengan zat gizi lain, seperti protein, kalsium, magnesium, dan vitamin K untuk menjaga kepadatan tulang dan mencegah munculnya pengeroposan di kemudian hari. 

  7. Senyawa Flavonoid

    Tahukah Mums bahwa pir termasuk buah yang memiliki kandungan senyawa flavonoid cukup tinggi lho. Flavonoid merupakan salah satu senyawa tumbuhan yang memiliki peran penting bagi kesehatan tubuh. Sebagai zat antioksidan, flavonoid bermanfaat untuk membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, membantu menurunkan risiko penyakit diabetes, serta membantu mencegah munculnya berbagai penyakit. Senyawa flavonoid juga berperan untuk meredakan peradangan dalam tubuh. 

Manfaat kandungan buah pir cukup beragam ya, Mums? Meski demikian, buah pir bukanlah satu-satunya nutrisi yang penting untuk kesehatan dan tumbuh kembang anak. Mums tetap harus menyeimbangkan asupan nutrisi anak dari makanan bergizi lainnya, terutama makanan yang tinggi protein seperti susu pertumbuhan.

Bagi anak yang berusia 3-6 tahun dianjurkan mengonsumsi susu pertumbuhan untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Saat ini sudah banyak susu pertumbuhan yang dijual di pasaran, tetapi Mums harus lebih cermat dalam memilih susu yang tepat.

Pastikan memilih susu pertumbuhan yang melalui metode single process atau proses pengolahan 1 kali agar nutrisi alami di dalamnya lebih mudah dicerna oleh anak, seperti susu FRISO Gold 4.

Susu FRISO Gold 4 mengandung nutrisi alami, tanpa perisa, bebas sukrosa, dan tetap memiliki rasa yang enak. Selain itu, susu pertumbuhan ini juga mengandung prebiotik, probiotik, nukleotida, vitamin, dan mineral, serta didukung oleh teknologi Locknutri yang menjaga kualitas nutrisi alami susu agar membantu anak kuat dari dalam.

 

Ditinjau Oleh: dr. Rulli P.A Situmorang