Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Manfaat Kartun Anak Sekolah untuk Tumbuh Kembang si Kecil

Manfaat Kartun Anak Sekolah untuk Tumbuh Kembang si Kecil

Mendidik si Kecil sejak dini menjadi prioritas agar ke depan si Kecil dapat memiliki kecerdasan serta kreativitas yang baik. Selain dengan alat bantu seperti mainan, Mums juga dapat memilihkan kartun anak sekolah yang tepat. Dengan majunya teknologi sekarang ini, mendapatkan kartun anak sekolah yang cocok tentu bukan perkara sulit, hanya diperlukan kecermatan dan sedikit riset.

Mainan dan aktivitas kreatif seperti menggambar, mewarnai, atau penggunaan media interaktif memang dapat menjadi pilihan yang baik dalam merangsang tumbuh kembang otak dan kecerdasan si Kecil. Namun demikian, dengan menonton kartun bersama Mums, si Kecil juga akan mendapatkan banyak nilai positif yang disampaikan oleh tokoh dan jalan cerita kartun tersebut.

Secara rinci, manfaat menonton kartun anak untuk si Kecil dengan pendampingan Mums adalah sebagai berikut.

Kartun Anak Sekolah Memberikan Nilai Kebaikan

Setiap kartun yang memiliki segmen anak-anak, biasanya memiliki nilai kebaikan yang ingin disampaikan. Entah berupa nilai persahabatan, nilai tenggang rasa, toleransi, saling berbagi, menghormati budaya dan orang tua, dan lain sebagainya. Penyampaian nilai ini tentu dapat mendukung apa yang Mums ajarkan setiap hari kepada si Kecil.

Disampaikan dengan jalan cerita yang menarik dan penokohan yang bervariasi akan membuat nilai-nilai ini lebih mudah diserap oleh si Kecil. Ketika menonton dengan perasaan hati dan mood yang baik, nilai ini akan lebih mudah dipahami dan secara laten tertanam di pikiran si Kecil. Tinggal nanti ketika selesai menonton Mums mengingatkan saja dengan pengajaran berulang agar benar-benar tertanam dengan baik.

Imajinasi Terasah dengan Tokoh dan Latar Fiktif

Tokoh dan latar cerita yang ada pada kartun anak sekolah umumnya bersifat fiktif dan tidak nyata. Hal ini membuat imajinasi si Kecil mendapat paparan yang baik karena melatih si Kecil berfantasi dan menghilangkan batas yang mungkin masih dimiliki si Kecil. Jika si Kecil terbiasa berpikir lepas dan memiliki imajinasi yang bebas, maka idealnya ia akan tumbuh jadi anak yang kreatif.

Yang diperlukan untuk mendukung hal ini adalah pendampingan dari Mums untuk menjawab rasa ingin tahu si Kecil ketika menonton. Sampaikan informasi dan berikan pemahaman perlahan-lahan hingga si Kecil dapat memahami benar apa yang ingin ia ketahui. Dengan begini tumbuh kembang si Kecil dapat terus dipantau dan diarahkan ke titik yang Mums inginkan.

Pengetahuan Baru

Kartun atau film animasi yang disaksikan oleh Mums dan si Kecil tentu memiliki banyak pengetahuan baru yang tadinya belum diketahui si Kecil. Jika Mums cukup jeli, hal ini juga dapat menjadi media belajar yang baik. Latih rasa ingin tahu si Kecil dengan menarik perhatiannya pada hal yang masih asing untuknya.

Sembari mendapatkan hiburan yang dapat membuat si Kecil senang, Mums dapat memanfaatkan adanya pengetahuan baru untuk mengedukasi si Kecil. Sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui, Mums dapat memberikan hiburan sekaligus pembelajaran untuk si Kecil dengan aktivitas sederhana seperti menonton kartun anak sekolah ini.

Kreativitas yang Ditunjukkan Kartun Anak Sekolah

Tidak hanya imajinasi, namun mewujudkannya dalam suatu karya memerlukan kreativitas yang juga terasah. Mums dapat memilih kartun yang menyajikan banyak kegiatan membuat, menciptakan atau sebagainya untuk merangsang si Kecil. Anak yang terbiasa menggunakan tangannya untuk menciptakan dan membuat sesuatu memiliki kemampuan logika yang lebih baik.

Memang tidak semua adegan dan aktivitas yang dilakukan di dalam kartun dapat dilakukan di dunia nyata. Namun demikian, inspirasi dan rangsangan di dapat bisa mendorong si Kecil untuk melakukan aktivitas produktif. Tidak perlu sama persis, ambil saja nilai inti yang disajikan di dalam kartun lalu Mums dapat mengadaptasinya agar dapat dipahami dengan baik oleh si Kecil.

Pemilihan Kartun yang Tepat

Memilih kartun yang tepat menjadi hal yang harus dilakukan oleh Mums. Di sinilah kecermatan perlu ditekankan. Tidak semua kartun yang disajikan di bioskop atau televisi cocok untuk anak-anak. Mums perlu memilih dan memilah mana kartun yang baik dan bernilai untuk si Kecil, dan mana kartun yang tidak tepat untuk merangsang tumbuh kembangnya.

Rangsangan dan stimulus dapat Mums berikan melalui berbagai kanal, salah satunya dengan kartun anak sekolah ini. Pendampingan serta pemilihan kartun yang tepat akan menjadi kunci utama. Selama Mums dapat melakukan penyaringan tontonan dengan baik dan memberikan pendampingan yang tepat, idealnya si Kecil dapat menerima rangsangan dengan baik dan dapat tumbuh ideal.

Menonton kartun anak sekolah sebagai rangsangan pada kreativitasnya juga perlu didukung dengan memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. Makanan dan minuman bergizi tinggi harus senantiasa diberikan. Untuk membantu Mums memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya, Mums dapat memberikan Friso Gold 4. Dengan teknologi Locknutri, kualitas alami nutrisi Friso tetap terjaga. Selain itu, karena diproses dengan metode Single Process dimana susu diproses tanpa pemanasan berlebih, susu tidak akan rusak dan tetap memiliki kualitas terbaik.