Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Manfaat Kedekatan Bayi dan Ibu pada Masa Awal Kehidupan [4 Poin Penting]

Manfaat Kedekatan Bayi dan Ibu pada Masa Awal Kehidupan [4 Poin Penting]

Kedekatan antara bayi dan ibu telah lama dipahami sebagai hubungan yang sangat diperlukan oleh bayi untuk tumbuh dengan optimal. Mungkin saja, Mums hanya mengetahui hal ini sebagai mitos belaka. Namun pada kenyataannya, tahukah Mums jika hubungan emosional yang erat antara Mums dan si Kecil ketika ia bayi dapat benar-benar membantu tumbuh kembangnya secara menyeluruh?

Tentu tidak semata hanya melakukan kontak fisik yang intens saja, tumbuh kembang si Kecil juga harus didukung dengan asupan ASI yang kaya nutrisi. Mums bisa memberikan ASI kaya nutrisi dengan konsumsi makanan sehat dan juga bernutrisi, sehingga ASI yang diproduksi dapat memiliki kandungan gizi yang sangat baik sehingga dapat menunjang kebutuhan nutrisi harian si Kecil.

Bayi dan ibu, di manapun berada, akan memiliki satu hubungan khusus yang mungkin tidak dipahami orang lain. Hubungan ini meliputi komunikasi yang intens, sentuhan secara fisik, momen intim ketika menyusui, dan sebagainya. Momen-momen tersebutlah yang dapat membantunya tumbuh dengan optimal. Lalu apakah ada pendekatan sains atas hal ini? Mums datang ke artikel yang tepat. Di sini akan disampaikan beberapa manfaat kedekatan bayi dan ibu dilihat dari sudut pandang ilmu pengetahuan.

Setidaknya ada beberapa manfaat yang bisa Mums berikan pada si Kecil dengan kedekatan baik emosional dan fisik. Simak penjelasannya pada beberapa poin berikut ini.

Koneksi Sel Otak Bayi

Setiap manusia dilahirkan dengan jutaan sel otak yang tersedia pada bagian organ penting tersebut. Sel otak ini yang nantinya membentuk kecerdasan, logika, dan hal-hal yang berkaitan dengan kemampuan manusia untuk berpikir dan bertindak. Seiring waktu memang sel otak akan terhubung dengan sendirinya, namun dengan rangsangan yang tepat, sel otak akan lebih cepat terhubung dan membuat proses belajar bayi semakin cepat.

Kedekatan emosional dan fisik Mums dan si Kecil, secara langsung dapat berpengaruh pada hal ini. Interaksi yang Mums lakukan baik berupa sentuhan ataupun secara verbal, dapat memicu terhubungnya sel otak si Kecil. Selain itu, ketika si Kecil merasa nyaman dalam dekapan Mums, tubuhnya akan memproduksi hormon oksitosin yang dapat memicu rasa bahagia dan tenang. Kedua perasaan ini sangat baik untuk mendorong stabilitas kondisi tubuh sehingga tumbuh kembangnya optimal.

Daya Tahan Tubuh si Kecil

Mengapa poin ini ada? Sebab ketika si Kecil merasa nyaman dan bahagia, ia cenderung akan mengkonsumsi ASI lebih banyak. Konsumsi ASI yang lebih banyak berarti asupan nutrisi yang juga lebih banyak, sehingga dapat digunakan untuk membangun daya tahan tubuh dengan lebih baik. Bantu penuhi nutrisi si Kecil dengan konsumsi makanan yang bergizi ya Mums, sebab makanan yang Mums konsumsi nantinya akan dilanjutkan ke tubuh si Kecil melalui media ASI.

Hubungan emosional dan sentuhan fisik yang intens dapat memberikan rasa nyaman sehingga penyerapan nutrisi yang terkandung dalam ASI bisa maksimal. Tubuh si Kecil memerlukan banyak nutrisi ketika masa awal hidupnya, dan satu-satunya asupan nutrisi yang disarankan adalah ASI. Dengan tercukupinya kebutuhan nutrisi, secara langsung tubuhnya akan dapat tumbuh, berkembang dan membangun daya tahan tubuh dengan lebih baik.

Berat Badan Ideal

Kembali, kenyamanan dan kebahagiaan si Kecil menjadi kunci dari poin ini. Secara logis, ketika si Kecil merasa nyaman dan bahagia, maka tubuhnya tidak memerlukan upaya berlebih untuk menstabilkan kerja organ dalam. Energi yang digunakan untuk hal ini bisa benar-benar dimanfaatkan untuk kepentingan tumbuh kembang, sehingga ia dapat mencapai berat badan ideal dengan lebih mudah.

Sentuhan dan pelukan Mums juga akan memberikan kehangatan pada si Kecil. Seperti diketahui bersama, untuk tumbuh optimal dan mendapatkan berat badan yang ideal, si Kecil memerlukan energi dan nutrisi. Ketika tubuhnya dalam kondisi yang kondusif, segala nutrisi yang diterima tubuh akan dapat diolah dengan maksimal sehingga tidak perlu terbuang untuk keperluan lain seperti menjaga suhu tubuh misalnya.

Ikatan Emosional

Ikatan emosional dalam hubungan bayi dan ibu tidak hanya dimaknai sebatas Mums dapat memahami apa yang si Kecil rasakan. Lebih lanjut, ikatan ini dapat menumbuhkan rasa percaya pada diri si Kecil terhadap Mums. Hal ini dapat berdampak baik pada masa hidup si Kecil kedepannya, karena ia akan merasa memiliki tempat untuk ‘pulang’ dan menceritakan segala yang dialaminya.

Poin terakhir sebenarnya lebih bersifat psikis, karena kepercayaan juga perlu ditumbuhkan dan dipupuk seiring berjalannya waktu. Ikatan emosional yang baik antara Mums dan si Kecil juga akan memudahkan Mums memahami apa yang si Kecil inginkan, memudahkan Mums dalam mengajari berbagai hal pada si Kecil, serta meningkatkan kepekaan Mums dalam mendeteksi penyebab si Kecil rewel dan menangis.

Hubungan bayi dan ibu, sebagai dua individu berbeda, memang merupakan hubungan yang sangat unik dan khusus. Mungkin hanya dengan kata-kata belum dapat menggambarkan secara jelas, namun tentu Mums dapat merasakan hal ini dan memberikan manfaat pada si Kecil dengan maksimal.