Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Manfaat Kesehatan Saluran Pencernaan untuk Anak

Manfaat Kesehatan Saluran Pencernaan untuk Anak

Pemberian nutrisi untuk anak menjadi aspek yang sangat penting. Terutama mengenai makanan dan minuman dengan kandungan alami yang diperlukan oleh tubuh agar dapat diserap dengan baik oleh sistem saluran pencernaan si kecil.

Sistem saluran pencernaan sendiri merupakan pondasi bagi sistem imun untuk menjaga agar anak dapat tumbuh dan berkembang dengan maksimal. Berbagai masalah pencernaan yang sering terjadi pada anak-anak dapat mengakibatkan tidak akan tercapai kemampuan optimal yang sesuai dengan potensi genetiknya.

Gangguan saluran pencernaan pada anak sendiri merupakan hal yang biasa terjadi. Kondisi seperti ini dapat menyebabkan Mums menjadi resah , karena anak menjadi rewel dan tidak nyaman. Anak yang mengalami gangguan saluran pencernaan umumnya akan memunculkan gejala berupa rewel, perut kembung, mual, muntah, diare, hingga dehidrasi.

Pada siaran Radio Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Dr.dr. Ariani Dewi Widodo, SpA (K) menjelaskan perbedaan antara saluran pencernaan anak dan dewasa. 

Jelas berbeda antara saluran cerna anak dan dewasa, perbedaan tersebut seperti ; sel – sel usus pada anak masih renggang, mengakibatkan apabila ada kuman atau alergen akan mudah masuk melalui sel-sel tersebut sehingga akan rentan terkena penyakit, kemudian yang kedua sel imunitas kurang atau belum terlalu matang dan yang terakhir adalah perisainya belum lengkap,” kata Ariani.

Disampaikan pula perlunya menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari – hari. Berilah makanan yang sehat dan bergizi tinggi bagi si kecil. Kemudian perhatian apakah makanan tersebut juga diserap pada saluran pencernaan anak kita. Tanpa saluran pencernaan yang sehat, maka nutrisi yang diberikan hanya akan numpang lewat saja dan itu akan berpengaruh pada tumbuh kembang dan kecerdasan anak.

Manfaat Sistem Saluran Pencernaan yang Sehat untuk Anak

Saluran pencernaan yang sehat pada anak membawa berbagai macam manfaat untuk si Kecil, beberapa di antaranya sebagai berikut:

a. Memperkuat daya tahan tubuh

Sekitar 70% sel imunitas tubuh terletak pada saluran pencernaan. Anak yang memiliki sistem pencernaan yang sehat cenderung memiliki daya tahan tubuh yang baik.

b. Membantu penyerapan nutrisi

Pencernaan yang sehat membantu penyerapan nutrisi yang dibutuhkan anak untuk tumbuh kembangnya. Dengan terserapnya nutrisi dengan baik, anak juga dapat tumbuh sehat.

c. Mendukung tumbuh kembang yang optimal

Sistem pencernaan yang sehat pada anak akan membantu penyerapan nutrisi, maka anak dapat tumbuh lebih optimal.

d. Menunjang perkembangan otak

Pengaruh kondisi saluran cerna terhadap perkembangan otak kini makin mendapat perhatian. Diketahui bahwa anak yang memiliki pencernaan yang baik, lebih cepat dalam menanggapi sesuatu.

e. Menjaga suasana hati

Kesehatan sistem pencernaan juga memengaruhi suasana hati. Anak yang mengalami gangguan pencernaan biasanya akan lebih rewel, sehingga aktivitas belajar dan bermain, bahkan waktu tidurnya, dapat terganggu.

Nutrisi untuk Kesehatan Saluran Pencernaan si Kecil

Seperti yang sudah dijelaskan, saluran pencernaan menjadi sangat krusial bagi anak karena proses pencernaan makanan merupakan proses krusial dalam tumbuh kembang si Kecil dalam setiap tahapan usianya. Proses ini yang menentukan, bagaimana nutrisi diserap tubuh dan menjadi bahan bakar tumbuh kembang fisik dan otaknya. 

Untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan makanan, Mums bisa memberikan beberapa jenis makanan dengan kandungan nutrisi yang baik untuk saluran pencernaan anak. Makanan yang dikonsumsi dapat mendukung kesehatan saluran pencernaan, sehingga penyerapannya dapat maksimal dan membuat tubuhnya sehat dan kuat.

Beberapa nutrisi yang sangat baik untuk pencernaan si Kecil diantaranya adalah Serat, Prebiotik, Omega 3, Glutamin dan juga Zink. 

a. Serat

Serat dikenal sebagai salah satu nutrisi yang sangat bermanfaat bagi saluran pencernaan makanan. Serat larut dalam air dapat membantu membersihkan setiap sisa di saluran pencernaan yang masih menempel pada dinding organ, sehingga dapat dikeluarkan seluruhnya ketika proses buang air besar. Serat tak larut dalam air, di sisi lain, akan membantu tubuh si Kecil mencerna makanan secara bertahap sehingga setiap bagian nutrisi dapat terserap maksimal.

Serat bisa dengan mudah didapatkan dari buah-buahan dan sayuran. Mums bisa memberikan buah dan sayuran dengan mengolahnya jadi berbagai makanan menarik agar si Kecil bisa bangkit nafsu makannya.

b. Prebiotik

Di dalam organ saluran pencernaan, terdapat dua jenis bakteri. Bakteri baik akan membantu proses pencernaan, proses penyerapan makanan serta proses tumbuh kembang organ dalam. Sedangkan bakteri jahat, jika jumlahnya terlalu banyak, akan menyebabkan gangguan saluran pencernaan seperti mencret, perut sakit dan sebagainya.

Namun demikian, kedua jenis bakteri ini perlu dijaga keseimbangannya. Dengan konsumsi prebiotik, maka jumlah bakteri baik dan bakteri jahat akan seimbang sehingga semua dapat bekerja sesuai dengan porsi dan fungsinya masing-masing.

c. Omega 3

Omega 3 dikenal sebagai salah satu nutrisi yang sangat bermanfaat untuk perkembangan otak. Disamping itu, nutrisi ini juga memiliki efek anti radang yang dapat mendukung daya tahan tubuh si Kecil dari dalam. Kerja Omega 3 akan sangat optimal ketika masuk ke dalam organ pencernaan, sehingga dapat mencegah terjadinya peradangan yang mengakibatkan gangguan cerna.

Omega 3 sendiri banyak didapatkan pada jenis makanan ikan. Dalam pengolahannya, sangat dianjurkan untuk tidak diproses dengan digoreng, karena dapat mengurangi manfaat baik dan justru menambahkan zat tidak bermanfaat jika tidak digoreng dengan tepat. Jika harus digoreng, gunakan minyak berbahan dasar alami serta jangan sampai gosong.

d. Glutamin

Dalam penelitian yang banyak dilakukan, nutrisi Glutamin terbukti dapat membantu mendukung sistem daya tahan tubuh yang terletak di saluran pencernaan makanan. Organ pencernaan yang sehat idealnya dapat memberikan fungsi optimal penyerapan makanan, sehingga setiap nutrisi dalam makanan yang masuk ke dalam tubuh si Kecil dapat terserap sempurna dan tidak ada yang terbuang.

e. Zink

Salah satu mineral kaya manfaat ini dapat mempengaruhi hasil produksi enzim yang berperan dalam proses pencernaan makanan. Ketika tubuh si Kecil kekurangan asupan Zink, dapat menyebabkan terganggunya kerja sistem saluran pencernaan. Dalam penelitian terkait menyatakan bahwa diperlukan setidaknya 8 hingga 11 miligram asupan Zink setiap hari agar dapat menjaga kesehatan organ pencernaannya.

Setiap nutrisi tersebut bisa didapatkan pada setiap bahan makanan yang Mums berikan. Mulai dari daging ayam, daging merah, daging ikan, kedelai, susu, telur, buah dan sayur dan sebagainya. Namun demikian, komposisinya perlu tetap diperhatikan agar asupan nutrisinya dapat seimbang dalam jumlah dan porsi makannya.

Kesehatan saluran pencernaan juga bisa didukung dengan mengonsumsi susu kaya nutrisi untuk melengkapi kebutuhan nutrisi hariannya. Mums bisa memberikan susu Friso Gold 3 sebagai pelengkap. Dengan teknologi Locknutri, kualitas alami nutrisi akan terjaga dan lebih mudah diserap tubuh si Kecil. Ini akan membantu si Kecil agar kuat dari dalam serta mampu terhindar dari resiko gangguan saluran pencernaan.

Teknologi Locknutri memastikan kualitas Protein alami di dalam susu selalu terjaga. Protein alami sendiri lebih mudah dicerna, sehingga dapat mencegah si Kecil mengalami rasa tidak nyaman di perut. Tak hanya itu, Protein juga berperan penting dalam perkembangan otot dan otak si Kecil, sehingga dapat memengaruhi kemampuan fisik dan kognitifnya.

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang