Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Manfaat Meditasi untuk Ibu Hamil

Manfaat Meditasi untuk Ibu Hamil

Memasuki trimester pertama kehamilan, mungkin Mum mulai merasakan perubahan pada tubuh seiring kehadiran sang janin. Salah satu yang umum terjadi adalah morning sickness, yaitu rasa mual di pagi hari yang timbul karena perubahan hormon dalam tubuh. Tidak hanya mual, morning sickness juga sering kali menjadikan tubuh Mum lemas dan kurang berenergi. Untuk itu, mari luangkan waktu sejenak untuk berelaksasi, misalnya dengan melakukan meditasi.

Ya, meditasi memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan fisik maupun mental. Bagi ibu hamil seperti Mum, meditasi bisa membantu meringankan gejala kehamilan yang dialami secara fisik maupun emosional. Baiknya lagi, meditasi bisa dengan mudah dilakukan di mana saja, termasuk di rumah. Yuk, kita simak sama-sama tipsnya di bawah ini!

Aktivitas yang bisa dilakukan

  1. Cari Tempat Yang Nyaman

    Cari sudut rumah yang nyaman dan memiliki sirkulasi udara cukup. Jika ingin lebih leluasa, area outdoor yang bersih dan teduh juga bisa digunakan.

  2. Kenakan Pakaian Yang Sejuk Dan Nyaman

    Kenakan pakaian dengan bahan yang sejuk dan nyaman, misalnya kaus berbahan katun

  3. Siapkan Bantan Untuk Alas Duduk

    Siapkan Bantan untuk Alas Duduk

    Siapkan bantal yang lembut untuk dijadikan sebagai alas duduk.

  1. Atur Waktu

    Atur Waktu

    Atur timer sebagai pengingat durasi meditasi. Tidak perlu terlalu lama, cukup 15-20 menit

  2. Nikmati Musiknya

    Mainkan musik relaksasi sebagai pengiring saat meditasi. Dengan irama yang mendayu dan alunan yang lembut, iringan musik tersebut akan membuat Mum rileks.

  3. Lakukan Posisi Duduk Dengan Benar

    Lakukan Posisi Duduk dengan Benar

    Duduk dengan kaki bersila, lalu letakkan kedua tangan di atas lutut dengan posisi terbuka atau posisi lain sesuai kenyamanan Mum.

  4. Atur Pernapasan Dengan Baik

    Pejamkan mata lalu atur pernapasan dengan ritme yang santai. Lakukan aktivitas ini secara rutin untuk memperoleh hasil yang maksimal.