Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Manfaat-Omega-3-untuk-Anak-Mums-Wajib-Paham-[4Manfaat].jpg

Manfaat Omega 3 bagi Anak, Mums Wajib Paham! [4 Manfaat]

Menjaga asupan Omega 3 dalam konsumsi makanan sehari-hari harus senantiasa dilakukan. Hal ini disebabkan karena Omega 3 merupakan asam lemak yang sangat bermanfaat, namun tidak diproduksi oleh tubuh secara mandiri. Manfaat Omega 3 sendiri sangat beragam, mulai dari mendukung tumbuh kembang otak hingga kesehatan mental si Kecil secara umum.

Asupan makanan yang mengandung Omega 3 sendiri dapat dikatakan mudah didapatkan. Mulai dari telur, ikan sarden, makarel, dan salmon, semua merupakan jenis makanan yang banyak mengandung nutrisi ini. Oleh sebab itu, kampanye konsumsi ikan secara rutin terus digalakkan, agar setiap anak mendapatkan asupan nutrisi yang baik untuk tumbuh kembangnya. Tentu, asupan nutrisi lain seperti Zat Besi, Zinc, Protein, vitamin dan mineral juga tetap diperlukan.

Kembali ke manfaat Omega 3 secara umum, sebenarnya apa saja yang bisa didapatkan dengan asupan rutinnya? Nah, berikut penjelasannya.

Meningkatkan Kecerdasan si Kecil secara Umum

Secara luas, Omega 3 diketahui sebagai salah satu nutrisi yang sangat baik untuk mendukung perkembangan otak. Dengan otak yang berkembang secara ideal, maka yang akan secara langsung meningkat adalah kecerdasan si Kecil. Asupan Omega 3 yang cukup membantu si Kecil menjadi lebih fokus dan mudah memahami apa yang dipelajarinya.

Ketika otak berkembang dan berfungsi optimal, maka si Kecil akan memiliki daya konsentrasi yang lebih baik. Hal ini sangat terasa ketika ia menginjak usia pra sekolah dan sekolah, dimana si Kecil jadi lebih mudah fokus pada pelajaran yang disampaikan oleh guru di kelasnya.

Koordinasi Gerakan Mata dan Tangan

Koordinasi gerakan mata dan tangan sangat penting untuk dikuasai si Kecil pada usia sekolah. Mengapa demikian? Sebab ketika di dalam kelas, si Kecil akan banyak membaca tulisan di papan tulis dan mencatatnya. Dengan koordinasi yang baik antara gerakan mata dan gerakan tangan, maka ia dapat belajar lebih baik.

Anak-anak yang memiliki kandungan Omega 3 tinggi pada darahnya cenderung mampu membaca dengan lebih baik. Hal ini disebabkan karena mata sebagai organ penglihatan dapat bekerja sempurna dan mendapat asupan nutrisi yang diperlukan. Semakin tinggi kemampuan koordinasi mata dan tangan, maka semakin mudah pula si Kecil belajar di sekolah.

Sistem Pertahanan Tubuh si Kecil

Selain Protein, Zat Besi, VItamin A, Vitamin C, dan Vitamin E, daya tahan tubuh si Kecil juga akan banyak terbantu ketika ia mendapat asupan Omega 3 yang cukup. Manfaat Omega 3 salah satunya adalah membentuk sistem pertahanan tubuh, sehingga si Kecil tidak mudah terserang penyakit.

Secara ilmiah, nutrisi yang satu ini juga bermanfaat untuk meningkatkan kadar kolesterol baik, mengendalikan tekanan darah, menghambat terbentuknya plak di bagian pembuluh darah, dan sebagainya. Jadi, konsumsi makanan yang kaya akan kandungan Omega 3 akan membuat si Kecil sehat, tidak hanya dalam waktu dekat namun juga dalam jangka panjang hingga ia dewasa nanti.

Mental yang Stabil dan Sehat

Terakhir, Omega 3 juga bermanfaat untuk mendukung kestabilan dan kesehatan mental si Kecil. Pada banyak kasus, kandungan Omega 3 ditemukan pada obat untuk pasien yang mengalami gangguan mental. Tentu, ini berarti nutrisi ini bisa membantu meningkatkan stabilitas mental dan menjaga agar mental tetap sehat.

Ketika si Kecil secara rutin dapat dipenuhi kebutuhan Omega 3-nya, maka ia cenderung terhindar dari gangguan mental ketika ia dewasa, seperti misalnya depresi, skizofrenia, serta bipolar. Konsumsi makanan yang kaya akan Omega 3 ternyata tak hanya bermanfaat untuk tumbuh kembang fisik, namun juga untuk kesehatan mentalnya secara umum. 

Dengan melihat berbagai manfaat Omega 3 di atas, tentu Mums bisa melihat kembali daftar belanja bahan makanan yang akan dibeli. Pastikan ada makanan yang kaya akan kandungan Omega 3, seperti telur dan beragam jenis ikan laut. Untuk pengolahannya, Mums dapat mencari berbagai resep unik agar si Kecil bisa tetap lahap mengkonsumsi makanan tersebut tanpa merasa bosan.

Manfaat dari Omega 3 di atas dapat dengan optimal dirasakan ketika Mums juga menerapkan pola hidup sehat. Makan makanan yang bernutrisi, cukup air putih, cukup bergerak setiap hari, menjaga kebersihan fisik dan lingkungan, serta senantiasa berpikiran positif dalam segala hal. Ketika si Kecil terbiasa untuk menerapkan pola hidup seperti ini ketika masih kecil, maka kebiasaan ini akan di bawahnya hingga ia dewasa.

Mengetahui manfaat Omega 3 secara umum dapat membantu Mums lebih memahami betapa pentingnya konsumsi makanan yang kaya akan nutrisi ini. Untuk membantu Mums memenuhi kebutuhan nutrisi harian si Kecil, Mums dapat menambahkan Friso Gold 4 dalam menu si Kecil. Tak hanya mengandung Omega 3, Friso Gold 4 juga kaya akan kandungan lain seperti Zat Besi, Zinc, Protein, vitamin, mineral dan lain sebagainya yang dapat berperan mendukung pertumbuhan si Kecil. Friso Gold 4 juga didukung dengan teknologi Locknutri, sehingga kualitas alami nutrisi senantiasa terjaga dalam kondisi terbaik dan mudah dicerna oleh tubuh si Kecil, Friso juga membantunya untuk kuat dari dalam. Berikan asupan terbaik untuk si Kecil, dan selalu berikan juga rangsangan untuk tumbuh kembang yang optimal!