Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Manfaat Permainan Petak Umpet untuk si Kecil, Agar Permainan Tak Sekedar Menyenangkan

Manfaat Permainan Petak Umpet untuk si Kecil, Agar Permainan Tak Sekedar Menyenangkan

Permainan petak umpet merupakan satu permainan tradisional yang bisa dikatakan tidak termakan oleh zaman. Kesederhanaan permainan ini, ditambah dengan nilai yang terkandung di dalamnya, menjadi alasan mengapa permainan yang berusia sangat tua ini masih bertahan. Nilai yang terkandung dalam permainan ini juga dapat menjadi pembelajaran yang baik untuk si Kecil yang tengah tumbuh.
Secara praktis, bermain petak umpet akan memberikan latihan dan stimulasi kognitif pada si Kecil. Padahal jika dilihat, permainan ini sangatlah sederhana dan bisa dilakukan hampir dimana saja. Pada dasarnya, petak umpet mengajarkan pada si Kecil untuk mencari sesuatu yang tersembunyi dengan usaha tertentu.
Kemampuan kognitif memang akan berkembang seiring bertambahnya usia si Kecil. Namun demikian, dengan stimulasi yang tepat, kemampuan ini akan berkembang secara optimal dan memberi manfaat yang sangat besar bagi masa depan si Kecil. Lalu sebenarnya apa manfaat permainan petak umpet untuk si Kecil? Simak penjelasan berikut ini.

Kemampuan Memecahkan Masalah

Dasar permainan petak umpet sendiri adalah penjaga akan mencari barang atau orang yang disembunyikan atau bersembunyi. Misi utama permainan ini adalah menemukan sesuatu yang tersembunyi. Secara langsung , pencarian ini akan mendorong si Kecil untuk berpikir kemana ia harus mencari teman-temannya yang bersembunyi.
Kemampuan pemecahan masalah dan menemukan solusi akan terlatih. Baik ketika menjadi penjaga atau menjadi pihak yang bersembunyi, kemampuan ini sama-sama terasah. Ketika berjaga, seperti yang disebutkan tadi, si Kecil akan berusaha mencari dan menemukan teman-temannya dengan analisa serta naluri yang dimilikinya.
Pada saat si Kecil mendapat giliran bersembunyi, ia akan mencari tempat persembunyian yang paling aman dan sekiranya sulit dicari. Pertimbangan akan muncul pada proses pencarian tempat bersembunyi ini. Disinilah tepatnya kemampuan pemecahan masalah diasah dan mendapatkan stimulasi.

Pengenalan Arah dan Area

Tempat bermain petak umpet biasanya terletak di lingkungan sekitar rumah si Kecil dan teman-temannya. Lokasi ini dinilai paling strategis, karena kebanyakan anak-anak yang turut dalam permainan ini tentu memiliki pengenalan dasar pada lingkungan sekitarnya. Ketika bermain, setiap peserta juga dituntut untuk mengetahui berbagai arah serta titik strategis persembunyian.
Pengenalan pada arah ini bisa dilakukan secara lebih jelas dengan memberikan satu titik acuan pada si Kecil. Ajarkan pada si Kecil satu benda, atau tempat, atau landmark apapun yang ada di lingkungan sekitar rumah dan kenalkan arah mata angin padanya. Dengan begini, si Kecil akan memiliki kemampuan lebih baik dalam mengenal arah mulai dari lokasi sekitar tempat tinggalnya.
Misalnya, tunjukkan bahwa rumah Ketua RT berada pada bagian Barat rumah. Ketika Mums menunjukkan hal ini, si Kecil akan membangun satu asosiasi arah dengan objek tertentu sehingga bisa menjadi acuan ketika harus menentukan arah. Pengenalan arah yang baik akan membantunya untuk tidak mudah tersesat baik kini dan nanti.

Konsentrasi dan Inisiatif

Mulai dari mengingat peraturan yang ada, menghitung ketika berjaga, hingga proses pencarian tempat persembunyian, memerlukan konsentrasi yang tinggi. Ketika si Kecil bermain, setiap hal tersebut akan dipraktekkannya. Latihan konsentrasi akan terus dilakukan, seiring permainan tersebut berjalan.
Contohnya, ketika mencari teman yang bersembunyi si Kecil akan coba mengingat tempat mana yang sudah didatanginya. Dengan demikian si Kecil dapat melakukan pencarian lebih efektif karena tidak perlu mendatangi tempat yang sama berkali-kali.  Ketika bersembunyi pun demikian. Tempat persembunyian yang sudah diketahui teman-temannya tidak akan dipilih kembali karena menjadi tempat persembunyian yang kurang aman.
Untuk latihan inisiatif sendiri akan muncul ketika si Kecil mencoba mencari dan menemukan tempat baru untuk bersembunyi. Tanpa inisiatif yang kuat, si Kecil tidak akan dapat mencari teman dan tempat persembunyian dengan baik karena tidak ada dorongan dari dalam dirinya untuk mencoba hal baru.

Yang harus selalu diingat adalah keselamatan dan keamanan si Kecil. Lokasi bermain di sekitar rumah dipilih karena setiap anak cenderung mengenali lokasi tersebut dan tidak akan tersesat. Peran Mums, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bisa ditunjukkan dengan mengenalkan si Kecil pada satu acuan objek yang menjadi pegangan penunjuk arah.
Permainan petak umpet sendiri memerlukan fisik yang kuat dan kecerdasan pada si Kecil. Selain untuk berlari dengan cepat, fisik juga diperlukan saat si Kecil harus mencari dalam waktu yang lama. Akan menjadi tidak asik jika permainan harus selesai karena si Kecil kelelahan kan Mums? Untuk itu Mums bisa memberikan makanan kaya nutrisi dan penuh energi agar permainannya bisa berjalan menyenangkan.
Friso Gold 4, menjadi satu produk yang sangat direkomendasikan untuk si Kecil. Dalam produk ini, Mums bisa mendapatkan sederet nutrisi lengkap yang diperlukan si Kecil seperti ALA dan LA, Prebiotik dan Probiotik, Nukleotida, Vitamin A, C, E, Zinc dan Selenium yang membantu meningkatkan daya tahan tubuhnya dari dalam. Dengan teknologi Locknutri, kualitas alami nutrisi tidak berubah saat proses pemanasan sehingga nutrisinya mudah diserap tubuh si Kecil. Mums juga bisa berkonsultasi secara langsung dengan Ahli Nutrisi Alami Friso (ANA) pada situs resmi melalui fitur live chat, untuk pertanyaan lebih lanjut mengenai nutrisi si Kecil ya Mums.

Selamat! Mums beruntung berkesempatan mendapatkan Free Sample dari Friso!

Daftar Sekarang