Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Manfaat Perosotan Anak untuk Tumbuh Kembang si Kecil [5 Poin Penting]

Manfaat Perosotan Anak untuk Tumbuh Kembang si Kecil [5 Poin Penting]

Masa anak-anak merupakan masa bermain yang tidak ada hentinya. Setiap hal yang dilakukan anak merupakan permainan untuknya. Meski demikian, permainan yang dilakukan ini tidak hanya untuk membuatnya merasa bahagia, namun juga merangsang tumbuh kembang fisik maupun kecerdasan yang dimiliki si Kecil. Mungkin untuk permainan di taman, satu yang paling sering dimainkan adalah perosotan anak.

Berbagai wahana dalam taman bermain tradisional, seperti misalnya perosotan, jungkat-jungkit, ayunan dan lain sebagainya, memiliki peranan besar dalam mengoptimalkan tumbuh kembang fisiknya. Biasanya dalam berbagai wahana ini yang dapat terangsang optimal adalah pada bagian motorik kasar si Kecil.

Sama seperti wahana lain, perosotan anak juga dapat memberikan banyak manfaat tadi. Padahal bermain perosotan nampak sangat sederhana dan tidak banyak yang si Kecil lakukan ya Mums? Di balik kesederhanaan gerakan dan gelak tawanya ketika bermain, ternyata tubuh si Kecil merasakan manfaat yang cukup signifikan.

Penasaran apa saja yang bisa terangsang dengan bermain perosotan? Simak penjelasannya berikut ini.

Gerakan Menaiki Tangga

Gerakan sederhana ini dapat membantu melatih koordinasi tangan dan kaki si Kecil. Kemampuan motorik kasar benar-benar terasah ketika melakukan gerakan ini. Meski sederhana, menaiki tangga memerlukan koordinasi yang baik sehingga si Kecil dapat mencapai puncak perosotan yang ia naiki.

Sebenarnya tidak ada gerakan menaiki tangga yang ‘benar’ menurut teori. Setiap gerakan, baik dengan melangkah seperti biasa atau menaiki anak tangga satu persatu, sama-sama dapat memberikan rangsangan baik. Disamping itu, kekuatan otot kaki si Kecil juga akan terasah dengan gerakan ini.

Keseimbangan Tubuh

Masih dalam gerakan menaiki tangga, diperlukan keseimbangan yang cukup baik untuk melakukannya. Untuk Mums mungkin keseimbangan bukan hal yang sulit dilakukan karena telah memiliki koordinasi gerak tubuh yang baik. Namun pada anak-anak, keseimbangan perlu dilatih terus menerus. Keseimbangan dapat berperan banyak dalam tumbuh kembangnya, diantaranya untuk dapat berjalan, berlari dan melompat.

Tidak semua perosotan anak memiliki pegangan pada bagian tangganya. Mungkin jika terdapat pegangan, keseimbangan si Kecil dapat terlatih dengan cukup baik karena dibantu dengan kekuatan tangannya. Namun pada perosotan tanpa pegangan, Mums sebaiknya mendampingi si Kecil ketika naik untuk berjaga-jaga. Tidak semua latihan berjalan dengan lancar bukan Mums? Selain sebagai bentuk antisipasi, keberadaan Mums di sisi si Kecil juga dapat memberikan tambahan kepercayaan diri untuknya.

Fleksibilitas Tubuh

Apakah ada gerakan yang membutuhkan kelenturan tubuh ketika bermain perosotan? Ya, ketika si kecil menuruni perosotan dengan posisi duduk, tubuhnya harus menyesuaikan gerak dan momentum pada perosotan sehingga ia dapat menikmati permainan tersebut. Jika badan si Kecil kaku, maka ia tidak akan dapat mengikuti momentum yang ada dan justru bisa membuatnya cedera.

Namun tenang Mums, gerakan kelenturan ini akan timbul dengan sendirinya pada percobaan kedua atau ketiga setelah si Kecil mencoba wahana ini. Nantinya, kemampuan seperti ini akan menjadi refleks yang diingat tubuh si Kecil. Jangan lupa untuk selalu mendampinginya ya!

Keberanian

Perosotan anak didesain sedemikian rupa agar tidak terlalu tinggi untuk ukuran anak-anak. Tetap saja, si Kecil harus memiliki cukup keberanian ketika berada di puncak perosotan dan menuruninya. Perosotan juga dapat melatih mentalnya untuk menghadapi ketinggian. Keberanian akan ketinggian adalah satu jenis keberanian yang perlu diasah.

Nah, untuk memberikannya tambahan kepercayaan diri dan keberanian, Mums bisa memposisikan diri dengan tepat. Bisa disamping puncak perosotan, atau bisa juga di bagian ujung akhir perosotan tersebut. Berikan motivasi untuk si Kecil agar ia berani menuruni perosotan tersebut. Sampaikan motivasi dengan nada riang dan ceria sehingga ia dapat mengesampingkan rasa takut dan keraguannya.

Budaya Antri

Budaya antri adalah mentalitas manusia modern yang harus ditanamkan pada si Kecil sedini mungkin. Ketika bermain perosotan, tidak jarang si Kecil harus antri dengan orang lain untuk menaiki dan menuruni perosotan tersebut. Berikan pengertian pada si Kecil untuk mengantri dengan tenang sehingga tidak mengganggu teman-temannya yang juga tengah antri.

Antri sendiri memerlukan kecerdasan dan simpati pada orang lain. Ketika si Kecil dibiasakan antri sejak dini, maka pada kehidupannya ke depan ia dapat antri dengan baik dan menjadi manusia yang berkarakter.

Bermain bersama si Kecil di taman bisa menjadi saat intim yang baik untuk hubungan Mums dan si Kecil. Selain mengasah kemampuan serta merangsang tumbuh kembangnya, momen ini juga dapat memberikan ikatan batin yang baik antara Mums dan si kecil.

Untuk membantu optimalnya tumbuh kembang si Kecil dengan bermain perosotan anak, Mums bisa memberikan Friso Gold 4. Dengan teknologi Locknutri, kualitas alami nutrisi akan terjaga dan lebih mudah diserap tubuh si Kecil. Ini akan membantu si Kecil agar kuat dari dalam dan tumbuh dengan optimal. Jika Mums ingin berkonsultasi mengenai nutrisi si Kecil, Mums bisa menggunakan fitur live chat dan menanyakannya langsung dengan Ahli Nutrisi Alami Friso (ANA) pada situs resmi Friso yang berada di pojok kanan bawah ya, Mums.