Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Manfaat-Puasa-untuk-Anak-Anak-Banyak-Pelajaran-yangBisa-Diperoleh.jpg

Manfaat Puasa untuk Anak, Ini Pelajaran Utamanya!

Memberikan rangsangan tumbuh kembang pada si Kecil tidak berarti harus berhenti ketika momen Ramadhan seperti ini. Justru, Mums dapat mengajarkan banyak hal melalui ibadah puasa. Manfaat puasa untuk anak-anak tidak hanya belajar untuk melaksanakan apa yang diajarkan oleh agama, namun juga ternyata memiliki banyak manfaat lain yang berkaitan dengan kesehatan dan tumbuh kembangnya.

Memang jika ingin mengajarkan untuk berpuasa, harus dilakukan perlahan dan tidak serta-merta. Bahkan jika memang belum kuat, si Kecil bisa berlatih puasa selama setengah hari terlebih dahulu. Manfaat yang diberikan dari latihan puasa setengah hari ini juga dapat dirasakan olehnya. Secara umum, berikut manfaat puasa, baik puasa penuh atau setengah hari, untuk anak-anak.

Kondisi Kesehatan Tubuh si Kecil

Secara umum, orang yang berpuasa akan memiliki tingkat kesehatan yang baik. Dengan asupan nutrisi yang memiliki jadwal tetap, tubuh dapat menyeimbangkan metabolisme dan penyerapan nutrisi yang masuk. Dengan pola makan ketika puasa, tubuh dapat menurunkan tingkat kolesterol darah, Trigliserida serta mengurangi stres secara umum.

Efek baik ini tentu dapat pula dirasakan oleh si Kecil. Namun demikian mengingat si Kecil masih berada dalam masa pertumbuhan dan memerlukan banyak nutrisi, Mums harus pandai-pandai mengatur nutrisi yang diberikan ketika sahur dan berbuka puasa. Pastikan menu sahur dan menu berbuka puasa padat nutrisi sehingga kebutuhan nutrisi harian si Kecil tetap terpenuhi dan ia dapat merasakan manfaat puasa yang satu ini.

Menanamkan Sifat Penyabar dan Disiplin

Salah satu aturan berpuasa yang utama adalah untuk menahan diri agar tidak makan dan minum selama waktu yang sudah ditentukan. Idealnya, waktu tersebut ialah setelah sahur hingga waktunya berbuka puasa nanti. Selama proses ini, si Kecil akan belajar untuk menjadi seorang yang memiliki sifat sabar.

Selain itu, selama berpuasa juga aktivitas makan dan beribadah memiliki penerapan waktu yang lebih ketat. Kedisiplinan akan tumbuh secara perlahan. Diharapkan setelah menjalani ibadah puasa selama satu bulan lamanya, maka si Kecil akan memiliki disiplin yang lebih baik, serta pola aktivitas yang lebih terjadwal.

Kontrol Emosi yang Lebih Baik

Tidak berbohong, tidak marah-marah, tidak bersedih, serta tidak melakukan perbuatan yang jahat, menjadi syarat puasa selanjutnya. Manfaat puasa poin ketiga ini kan membuat si Kecil dapat berlatih mengontrol apa yang dirasakannya, sehingga ia tidak menjadi seorang yang mudah marah atau impulsif. Tentu hal ini baik untuk perkembangan kemampuan sosial dan emosional si Kecil.

Dengan terbiasa memiliki kontrol emosi yang baik, maka ia akan jadi pribadi yang lebih tenang, berkepala dingin, serta tidak mudah panik ketika bertemu masalah. Untuk dapat mengelola emosinya dengan baik, Mums perlu mendampingi dan selalu memberikan nasehat untuknya. Tidak lain dan tidak bukan, adalah agar latihan selama bulan Ramadhan ini dapat membawa efek jangka panjang yang positif untuknya.

Rasa Empati dengan Lingkungan Sekitar

Menahan rasa lapar dan haus selama sehari penuh dapat mengajarkannya rasa empati pada lingkungan di sekitarnya. Tidak jarang ketika beraktivitas, si Kecil akan bertemu dengan orang yang kurang beruntung dan tidak dapat menikmati kenyamanan yang ia rasakan. Dengan merasakan lapar dan menahannya, si Kecil dapat lebih peduli pada lingkungan di sekitarnya yang tidak seberuntung dirinya.

Dengan memiliki rasa empati yang tinggi, kelak si Kecil akan tumbuh jadi orang yang murah hati dan tidak ragu menolong orang yang membutuhkan. Disamping itu, manfaat puasa juga dapat membuatnya menjadi lebih mudah bersyukur atas kenyamanan yang dimiliki. Bisa berbuka tepat waktu dengan makanan lezat buatan Mums, bisa sahur bersama dengan diiringin kehangatan keluarga, ia akan semakin menghargai waktu yang dimilikinya.

Beberapa dari manfaat puasa di atas bisa Mums berikan untuk si Kecil, baik melalui puasa penuh atau puasa setengah hari yang menjadi waktu latihannya. Tentu, yang paling diperlukan agar si Kecil mendapatkan manfaat puasa ini adalah pendampingan Mums agar si Kecil selalu bersemangat dan kuat menjalani ibadah puasanya. Selain itu, keberadaan Mums akan memberikan kenyamanan untuk si Kecil, yang mana baik untuk tumbuh kembangnya.

Anak-anak memang seringkali belum benar-benar dapat menjalani ibadah puasa selama satu hari penuh. Tidak ada salahnya Mums memberikan latihan untuk berpuasa setengah hari, agar ia dapat semakin kuat. Jika si Kecil ingin mencoba puasa penuh, pastikan agar Mums memiliki makanan yang siap disajikan ketika si Kecil tiba-tiba merasa tidak kuat. Jangan sampai ia memaksakan diri dan justru berefek buruk pada kesehatannya.

Memahami manfaat puasa di atas dapat menjadi penyemangat agar Mums juga bisa mengajarkan puasa pada si Kecil. Kembali lagi, yang harus dipastikan selama masa puasa adalah tetap memenuhi asupan nutrisi hariannya. Disamping menu padat nutrisi ketika sahur dan berbuka, Mums juga dapat memberikan Friso Gold 4 ketika sahur dan sebelum tidur. Kandungan nutrisi dalam Friso Gold 4 dapat membantu Mums mencukupi kebutuhan nutrisi hariannya. Friso dengan teknologi Locknutri juga tetap menjaga kualitas alami nutrisi, sehingga mudah diserap tubuh si Kecil dan membantunya kuat dari dalam. Persiapkan momen Ramadhan semaksimal mungkin, dan lihat si Kecil tumbuh optimal!