Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Manfaat Vitamin C Bisa Cegah Virus Corona Cek Faktanya di Sini, Mums!

Manfaat Vitamin C Bisa Cegah Virus Corona? Cek Faktanya di Sini, Mums!

Mums pasti sudah tidak asing dengan vitamin C karena dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satu manfaat vitamin C yang sering kita dengar adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Namun, vitamin C tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga Mums harus menjaga asupan Vitamin C dari berbagai jenis makanan yang mengandung asam askorbat ini, seperti buah dan sayuran serta bila perlu tambahan suplemen vitamin C lainnya.

Manfaat vitamin C juga semakin dibicarakan banyak orang setelah munculnya pandemi corona atau Covid-19. Terlebih saat rilisnya Keputusan Menteri Kesehatan tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 yang memberikan anjuran agar mengatur asupan nutrisi dengan memilih buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C, seperti jeruk, jambu, dan sebagainya untuk membantu menjaga daya tahan tubuh serta mengonsumsi suplemen vitamin C bila diperlukan. Apakah manfaat vitamin C ini memang ampuh mencegah virus corona? Cek faktanya di sini yuk Mums!

Faktanya, manfaat vitamin C memang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang. Dengan mengonsumsi vitamin C, maka kerja sel darah putih dapat meningkat, mengurangi kerusakan jaringan dan sel, serta mengurangi perkembangbiakan virus dalam tubuh. Namun, bukan berarti vitamin C bisa membuat seseorang kebal sepenuhnya terhadap virus corona ya Mums. Kehadiran vitamin C ini menjadi salah satu asupan nutrisi agar imun tubuh terjaga karena memperkuat sistem imun tubuh merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menangkal virus penyebab penyakit serius, salah satunya virus corona. 

Manfaat Vitamin C Bagi Kesehatan 

Seperti yang Mums ketahui, manfaat vitamin C sangat penting bagi kesehatan anak karena dalam masa pertumbuhannya, si Kecil rentan terkena virus atau bakteri dari lingkungan sekitar terlebih saat pandemi corona ini. Untuk itu, Mums perlu memenuhi asupan vitamin C bagi si Kecil yang berasal dari berbagai sumber makanan sehat, seperti buah dan sayur. Selain itu, Mums juga harus memenuhi kebutuhan nutrisi lain selain vitamin C agar tumbuh kembang si Kecil lebih optimal. Nah, saatnya Mums pahami manfaat vitamin C yang ada di bawah ini :

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat vitamin C yang paling sering diketahui banyak orang adalah dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Keluhan seperti sakit flu dan batuk bisa dicegah dengan mengonsumsi vitamin C yang tepat dan rutin setiap hari. Selain itu, vitamin C juga bisa memberikan energi bagi tubuh agar tidak mudah lelah saat melakukan aktivitas yang berat. Mums bisa memberikan vitamin C yang tepat bagi si Kecil agar daya tahan tubuhnya kuat dan mampu melawan berbagai penyakit lain, tentunya diimbangi dengan asupan makanan bergizi lainnya ya, Mums. 

2. Sebagai Antioksidan

Manfaat vitamin C bisa sebagai antioksidan yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Tubuh yang terbebas dari radikal bebas pun akan terhindar dari berbagai penyakit, seperti penyakit kanker, penuaan dini, dan penyakit jantung. 

3. Dapat Memproduksi Kolagen

Manfaat vitamin C juga bisa terlihat dari kondisi kulit seseorang karena vitamin C dalam kulit berperan untuk memproduksi kolagen yang baik untuk kesehatan. Selain itu, manfaat vitamin C bagi kulit juga bisa mencegah keriput, membantu proses penyembuhan luka, serta mampu mencerahkan kulit. 

4. Membantu Merawat Kesehatan Tulang dan Gigi

Tahukah Mums ternyata vitamin C memiliki efek positif terhadap pertumbuhan dan penyerapan tulang, sehingga bisa mencegah osteoporosis. Manfaat vitamin C juga dapat merangsang kolagen protein di tulang dan dapat membantu meningkatkan kepadatan mineral tulang. 

Baca juga : 3 Tips Tepat Dalam Berikan Vitamin Untuk Anak

Sumber Makanan yang Mengandung Vitamin C 

Vitamin C tidak bisa dihasilkan alami oleh tubuh, oleh karenanya Mums harus memenuhi kebutuhan vitamin C untuk si Kecil sedini mungkin. Ada banyak sumber makanan dengan manfaat vitamin C yang bisa Mums dapatkan, di antaranya :

Jeruk

Jeruk termasuk buah yang memiliki manfaat vitamin C yang baik bagi tubuh. Di dalam jeruk terdapat kurang lebih 70 miligram vitamin C. Jumlah ini sudah mencukupi kebutuhan vitamin C per harinya. Selain mengonsumsi secara langsung, Mums juga bisa mengolah buah jeruk menjadi makanan atau minuman sehat untuk si Kecil. 

Jambu Biji

Salah satu buah yang mengandung manfaat vitamin C adalah jambu biji. Dalam sebuah jambu biji memiliki kandungan vitamin C kurang lebih sebanyak 125 miligram. Jumlah tersebut setara dengan 140% dari angka kebutuhan vitamin C harian. Buah jambu biji biasnya diolah menjadi minuman segar untuk anak-anak.

Pepaya

Selain memiliki manfaat vitamin C, buah pepaya juga diyakini dapat membantu mencegah penyakit demensia dan kanker, sekaligus dapat menjaga kesehatan saluran cerna si Kecil. Tak heran jika banyak Mums yang memilih pepaya sebagai alternatif bila si Kecil sedang kesulitan buang air besar. 

Stroberi

Buah yang menjadi favorit banyak orang ini memiliki manfaat vitamin c penting bagi tubuh lho Mums. Selain itu, stroberi juga mengandung antioksidan tinggi berupa antosianin, yakni zat warna alami pada buah dan sayur yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menangkal radikal bebas. Buah blackcurrant dan blueberry juga termasuk buah yang mengandung manfaat vitamin C untuk kesehatan. Saatnya Mums berikan buah-buahan ini untuk mendukung nutrisi si Kecil ya!

Mangga

Mangga juga termasuk buah yang banyak digemari karena rasanya yang enak dan memiliki manfaat vitamin C yang baik bagi tubuh. Mums bisa memilih berbagai jenis mangga yang ada sesuai dengan kebutuhan karena setiap jenis mangga mengandung jumlah vitamin C yang berbeda. Mangga juga bisa diolah menjadi cemilan lezat dan sehat bila si Kecil bosan mengonsumsi buah segar. 

Kiwi

Manfaat vitamin C juga bisa Mums dapatkan dalam buah kiwi. Meskipun buah yang satu ini cukup mahal harganya dibanding buah yang lain, tidak ada salahnya jika Mums memberikan asupan nutrisi dari buah kiwi bagi si Kecil. Namun, seringnya buah kiwi memiliki rasa yang asam, sehingga Mums bisa mengolahnya kembali menjadi minuman dengan rasa yang disukai si Kecil ya!

Brokoli

Berbeda dengan buah, biasanya sayuran menjadi salah satu makanan yang dihindari oleh si Kecil karena rasanya yang hambar. Padahal, sayuran seperti brokoli memiliki manfaat vitamin C yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Oleh karenanya, Mums harus pintar-pintar mengolah brokoli menjadi makanan favorit si Kecil. 

Kembang Kol

Sayuran yang mirip dengan brokoli ini memiliki manfaat vitamin C yang tinggi juga lho Mums. Meskipun kadarnya tidak setinggi dalam brokoli, kembang kol tetap menjadi sayuran untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian si Kecil. 

Bayam

Selain vitamin C, bayam memiliki kandungan nutrisi lain yang penting, seperti vitamin A, vitamin K, folat, kalium, dan zat besi. Manfaat vitamin C serta nutrisi tersebut menjadikan bayam sebagai sayuran yang perlu dikonsumsi rutin oleh anak. 

Dari sembilan makanan di atas, Mums bisa mengkreasikan dan mengolahnya dalam berbagai penyajian agar manfaat vitamin C tetap ada agar daya tahan tubuh si Kecil tetap terjaga. Untuk melengkapi kebutuhan nutrisi hariannya, Mums bisa tambahkan Friso Gold 3 sebagai susu pertumbuhan anak usia 1-3 tahun karena di dalamnya mengandung prebiotik, vitamin A, vitamin C, vitamin E, zinc, zat besi, dan selenium untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil. Friso dengan teknologi Locknutri, dapat menjaga kualitas nutrisi alami sehingga mudah diserap tubuh si Kecil dan membantunya kuat dari dalam. 

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang