Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Manfaatkan Kebun di Rumah Sebagai Tempat Belajar dan Bermain si Kecil

Manfaatkan Kebun di Rumah Sebagai Tempat Belajar dan Bermain si Kecil

Memasuki tahun keduanya, si Kecil banyak menyerap pengetahuan baru dengan memerhatikan segala sesuatu yang ada di sekitarnya. Bangganya lagi, kini ia tidak hanya mampu mengingat, tapi juga dapat mengelompokkan warna yang sama. Yuk, pertajam kemampuan tersebut dengan mengajaknya melakukan kegiatan mewarnai!

Aktivitas ini bisa Mum lakukan di kebun yang ada di sekitar rumah. Sambil mewarnai, Mum bisa membantu si Kecil untuk mengenal objek apa saja yang bisa ia temukan di kebun.

Aktivitas yang bisa dilakukan

  1. Persiapan

    Persiapan

    Pertama-tama, siapkan berbagai keperluan untuk aktivitas ini, seperti tikar atau kain sebagai alas duduk saat di kebun, kertas atau buku mewarnai bertema kebun, krayon/pensil warna, serta meja kecil. Sediakan juga air minum untuk menemani aktivitas si Kecil bersama Mum.

  2. Tentukan Waktu Belajar Dan Bermain Yang Tepat

    Tentukan Waktu Belajar dan Bermain yang Tepat

    Disarankan untuk melakukan aktivitas ini ketika cuaca tidak terlalu panas, yaitu di pagi atau sore hari. Agar lebih seru, Mum juga bisa mengajak Dad atau anggota keluarga lain untuk ikut bermain dan berpiknik bersama.

  3. Memperkenalkan Objek Pada Si Kecil

    Sebelum mulai mewarnai, Mum bisa mengenalkan terlebih dahulu nama objek yang ada pada gambar. Kemudian, berikan si Kecil krayon dan buku mewarnai yang menampilkan berbagai objek yang biasa digunakan atau ditemukan di kebun, seperti sekop, rumput, daun, dan sebagainya. Biarkan ia memilih sendiri warna krayon untuk mewarnai setiap gambar. Bisa saja si Kecil salah memberikan warna pada objek tertentu. Tidak perlu khawatir Mum, jelaskan padanya jika warna yang ia gunakan kurang tepat, misalnya dengan berkata, “Warna rumput itu biasanya hijau, bukan biru. Coba lihat di sana.” Dengan begitu, si Kecil dapat belajar dari pengalamannya langsung di alam. Sebaliknya, jika si Kecil berhasil mewarnai gambar dengan tepat, Mum bisa memberikannya pujian agar ia merasa dihargai dan lebih termotivasi.

  4. Kegiatan Alternatif

    Kegiatan Alternatif

    Di tengah-tengah aktivitas, bisa saja si Kecil merasa bosan dan memutuskan untuk berhenti mewarnai. Buat ia kembali bersemangat dengan mengajaknya menjelajahi kebun untuk menemukan hal-hal baru, tentunya di bawah pengawasan Mum dan Dad.

  5. Abadikan Momen Ini

    Jangan ragu untuk mengabadikan keceriaan si Kecil saat bermain di kebun sambil mewarnai gambar, lalu bagikan kepada Mums lainnya melalui FB page Friso Indonesia atau Twitter @FrisoID dengan hashtag #FrisoMoments.