Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Mari Ajarkan Kebiasaan Mencuci Tangan pada si Kecil!

Mari Ajarkan Kebiasaan Mencuci Tangan pada si Kecil!

Kebiasaan menyentuh mata, hidung, atau mulut secara tidak sengaja merupakan hal yang wajar untuk si Kecil. Hal ini perlu disikapi dengan bijak, agar kebiasaan simpel ini tidak membuka jalan bagi virus atau bakteri jahat masuk ke tubuhnya. Mungkin Mums berpikir, mengapa tak melarangnya saja melakukan hal tersebut? Akan cukup sulit karena ini adalah kebiasaan yang berupa refleks. Ada baiknya Mums membiasakan mencuci tangan sebagai penyeimbangnya.

Mencuci tangan bukan merupakan hal yang rumit, dan bisa dilakukan oleh semua orang. Namun dengan proses dan cara yang benar, Mums bisa membantu si Kecil terhindar dari resiko infeksi virus yang berbahaya untuk kesehatannya. Seperti Mums pahami, bahwa benda apapun yang disentuh oleh si Kecil memiliki resiko menjadi media masuknya kuman dan virus serta bakteri ke tubuh si Kecil.

Tapi bagaimana cara mencuci tangan yang benar?

Tata Cara Mencuci Tangan dengan Benar

Mari Ajarkan Kebiasaan Mencuci Tangan pada si Kecil!

Mums bisa mengajarkan tata cara berikut pada si Kecil.

  • Pertama, basahi kedua tangan, bagian depan dan belakan, dengan air mengalir.
  • Kedua, siapkan sabun cuci tangan (biasa berupa sabun biasa atau sabun antibakteri).
  • Selanjutnya, bubuhkan sabun pada tangan yang sudah dibasahi, kemudian gosokkan pada setiap bagian tangan selama kurang lebih 20 detik (bagian depan, sela jari, punggung tangan, kuku jari, buku-buku tangan).
  • Untuk memudahkan penghitungan waktu, Mums bisa mengajaknya menyanyikan lagu Bintang Kecil.
  • Setelah semua digosok menggunakan sabun, bilas tangan hingga bersih.
  • Terakhir, keringkan tangan menggunakan handuk bersih atau kertas tisu.

Cukup mudah dan sederhana bukan Mums caranya?

Waktu yang Tepat untuk Mencuci Tangan

Mari Ajarkan Kebiasaan Mencuci Tangan pada si Kecil!

Seperti Mums tentu pahami, ketika ia sudah mulai dapat beraktivitas dan bermain sendiri atau bersama teman-temannya, ia akan banyak menggunakan barang dan bersentuhan dengan teman bermain. Hal ini akan ‘membuka’ kesempatan virus atau bakteri untuk berpindah dari satu benda ke benda lain, hingga tersentuh oleh si Kecil. Semakin banyak benda yang disentuh, maka secara wajar resiko infeksi juga akan meningkat.

Namun apa ini berarti si Kecil tak boleh bermain dengan menyentuh apapun? Tentu saja tidak. Sentuhan dan menggunakan barang ketika bermain akan meningkatkan kemampuan koordinasinya. Bersamaan dengan hal itu, berbagai kegiatan tersebut juga akan jadi rangsangan yang baik untuk tumbuh kembang si Kecil.

Kebiasaan mencuci tangan berfungsi untuk menunjang hal ini, agar kegiatan apapun yang dilakukan si Kecil bisa tetap berjalan lancar dengan resiko yang diminimalisir. Kebiasaan ini bisa mulai diterapkan ketika si Kecil selesai beraktivitas. Misalnya, setelah ia bermain di luar rumah, setelah bertemu dengan orang lain (terlebih di masa new normal seperti sekarang ini), dan sebelum menyentuh makanan atau minuman.

Sebenarnya jika ingin dilihat lebih teliti, mencuci tangan adalah kebiasaan sederhana yang berdampak sangat baik. Mums bisa menekan resiko bakteri dan virus yang masuk melalui tangan si Kecil. Prosesnya yang mudah membuat kebiasaan ini bisa diterapkan kapan saja, demi menjaga kebersihan bagian tangan yang jadi ‘senjata utama’ ketika beraktivitas.

Dukung Daya Tahan Tubuhnya dengan Mencukupi Nutrisi Harian

Mari Ajarkan Kebiasaan Mencuci Tangan pada si Kecil!

Kebiasaan mencuci tangan dengan benar bertujuan untuk meminimalisir resiko infeksi bakteri dan virus ke tubuh si Kecil agar ia tetap sehat dan dapat tumbuh optimal. Meski demikian, ketika ada bakteri atau virus yang masuk pun sebenarnya tidak serta merta membuatnya sakit. Si Kecil memiliki daya tahan tubuh yang akan bekerja secara alami memerangi virus dan bakteri jahat ini agar tidak mengganggu kesehatannya.

Nah, untuk urusan ini, Mums dapat mendukung upaya meminimalisir efek dari virus tersebut dengan memberikan makanan bernutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Nutrisi ini akan berperan membangun daya tahan tubuh yang kuat sehingga si Kecil tidak mudah sakit ketika ada vurs atau bakteri yang tidak sengaja masuk. Kombinasi antara kebiasaan mencuci tangan dan konsumsi makanan sehat bernutrisi adalah kunci dari kesehatan dan tumbuh kembang yang optimal.

Jangan lupa, pastikan pula higienitas makanan yang dikonsumsi si Kecil agar usaha menjaganya tetap sehat menjadi lebih maksimal.

Baca Juga : Pahami Ciri-Ciri Keracunan Makanan dan Cara Pencegahannya!

Mencuci tangan akan menjadi kebiasaan baik yang bisa diajarkan sejak dini. Di tengah situasi new normal seperti ini, kebiasaan sederhana ini akan membantu si Kecil terhindar dari infeksi bakteri dan virus yang senantiasa mengancam. Tentu akan lebih baik jika kebiasaan ini bisa diingat dan dipraktekkan terus hingga ia dewasa nanti.

Untuk mendukung efek baik dari kegiatan mencuci tangan, Mums juga wajib memperhatikan kecukupan nutrisi hariannya. Asupan makanan sehat dan dipadu dengan Friso Gold 4 akan jadi kombinasi sempurna. Jangan lupa, Friso Gold 4 memiliki teknologi Locknutri yang dapat menjaga kualitas alami nutrisi, sehingga lebih mudah diserap tubuh si Kecil dan membantunya kuat dari dalam. Berikan yang terbaik untuknya, dan persiapkan si Kecil menghadapi era new normal dengan baik!