Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Masihkah Mums Tahu Posyandu Balita? Lihat 4 Manfaatnya!

Masihkah Mums Tahu Posyandu Balita? Lihat 4 Manfaatnya!

Ketika Mums masih kecil, adakah terbesit dalam ingatan Mums pada kunjungan ke Posyandu? Ya, tempat yang memiliki banyak manfaat ini kini mulai terkikis oleh zaman. Tak banyak lagi kaum Mums yang secara rutin berkunjung ke posyandu untuk memantau tumbuh kembang si Kecil dan melakukan kontrol pada kesehatannya. Posyandu balita sudah mulai disisihkan, dan digantikan oleh layanan dokter anak yang bisa setiap saat diakses oleh keluarga modern.

Tidak salah memang menggunakan layanan dokter anak guna memantau kesehatan dan tumbuh kembangnya, namun demikian sebenarnya posyandu anak juga memiliki fungsi yang tak jauh berbeda. Hanya konsepnya lebih kepada kekeluargaan dan kebersamaan. Mungkin Mums lupa, atau bahkan tidak tahu, ada banyak manfaat yang bisa diberikan posyandu untuk membantu Mums memahami kondisi si Kecil dari waktu ke waktu.

Sekedar informasi yang semoga berguna, berikut manfaat posyandu anak, yang dahulu erat dengan kesan imunisasi, yang sebenarnya bisa Mums dapatkan dengan kunjungan rutin.

Memantau Berat Badan si Kecil dari Waktu Ke Waktu

Masihkah Mums Tahu Posyandu Balita? Lihat 4 Manfaatnya!

Hal pertama yang paling umum dilakukan di posyandu anak adalah penimbangan berat badan. Untuk Mums yang mungkin tidak tahu, ketika Mums mengunjungi posyandu maka akan diberikan Kartu Menuju Sehat yang berfungsi sebagai pencatat berat badan si Kecil dari waktu ke waktu. Hal ini sangat berguna untuk dapat memastikan tumbuh kembang si Kecil berjalan optimal.

Berat badan menjadi salah satu indikator melihat normal tidaknya pertumbuhan yang dialami si Kecil. Setelah ditimbang, Mums akan mencatat berat badannya pada kolom yang sudah disediakan. Dengan begini dinamika berat badan si Kecil dapat dipantau dengan mudah. Tentu saja, karena konsepnya gotong royong dan kebersamaan, Mums hanya perlu mengeluarkan sedikit uang sebagai bentuk apresiasi.

Posyandu Anak sebagai Kanal Distribusi Kapsul VItamin A

Masihkah Mums Tahu Posyandu Balita? Lihat 4 Manfaatnya!

Kebutuhan Vitamin A untuk si Kecil ketika usianya masih sangat mudah cukup tinggi. Pasalnya, vitamin ini berperan besar dalam menjaga daya tahan tubuh serta menunjang banyak aspek tumbuh kembangnya. Dengan mendapatkan asupan Vitamin A yang cukup, idealnya si Kecil bisa tumbuh dengan optimal.

Mums bisa mendapatkan kapsul Vitamin A yang memang diberikan oleh pemerintah dengan mendatangi posyandu ini. Mums tingga datang, kemudian menyampaikan maksud kedatangan Mums, dan petugas akan mendata Mums dan si Kecil kemudian memberikan kapsul Vitamin A tersebut. Jika diperlukan, bahkan Mums dapat memperoleh tablet penambah Zat Besi untuk memulihkan kondisi pasca melahirkan.

Konsultasi dengan Kader Posyandu

Masihkah Mums Tahu Posyandu Balita? Lihat 4 Manfaatnya!

Mungkin Mums yang sudah terbiasa berkonsultasi dengan dokter anak bisa paham benar apa manfaat yang didapatkan. Nah, di posyandu anak yang biasanya diadakan setiap satu bulan sekali ini Mums juga dapat berkonsultasi dengan kader posyandu yang terampil di bidang tumbuh kembang dan kesehatan anak.

Di sini justru Mums dapat berkonsultasi dengan lebih cair dan santai, mengingat kader posyandu juga merupakan tenaga sukarela yang memiliki dedikasi untuk membantu Mums memantau tumbuh kembang si Kecil. Mums dapat menanyakan berbagai hal dan meminta rekomendasi. Bila misalnya si Kecil terindikasi mengalami gangguan kesehatan yang cukup serius, Mums bisa mendapatkan rujukan ke dokter atau rumah sakit yang memiliki kapasitas lebih besar,

Sharing dengan Sesama Mums yang Datang Ke Posyandu

Masihkah Mums Tahu Posyandu Balita? Lihat 4 Manfaatnya!

Yang mungkin tak didapatkan dari konsultasi langsung ke dokter anak adalah sharing antara banyak Mums lain yang datang ke posyandu anak. Dengan berbagi cerita, Mums dapat memperoleh banyak insight baru dari Mums lain yang hadir. Tentu, setiap Mums memiliki tips dan trik tersendiri untuk menyikapi anak-anak. Siapa tahu Mums juga mendapatkan tips berguna ketika bertukar cerita.

Kunjungan ke posyandu juga dapat berguna untuk perkembangan kemampuan sosial si Kecil. Dengan terbiasa melihat banyak orang, berinteraksi dengan anak seusianya, mengenali banyak wajah baru, dapat membantu si Kecil menjadi pribadi yang lebih peka terhadap sekitarnya. Mungkin hal ini tidak akan terasa cepat, namun dalam jangka panjang hal kecil seperti ini dapat membangun kemampuan sosialnya menjadi lebih baik.

Baca Juga : Penuhi Vitamin Pencernaan si Kecil untuk Menunjang Proses Tumbuh Kembangnya

 Jadi bagaimana Mums? Cukup banyak bukan manfaat mendatangi posyandu anak? Setiap manfaat tersebut bisa Mums dapatkan sembari memberikan latihan bersosialisasi pada si Kecil. Kehangatan nuansa posyandu yang diadakan secara rutin, serta berbagai manfaat ini mungkin masih bisa ditemukan ketika Mums hidup di daerah yang tidak terlalu ramai, dimana banyak waktu yang bisa diluangkan untuk mendatangi tempat ini.

Mengunjungi posyandu anak sebenarnya masih direkomendasikan karena 4 manfaat yang diungkapkan di atas. Tentu, manfaat tersebut akan semakin optimal jika Mums juga menerapkan pola hidup sehat dan konsumsi makanan bernutrisi. Pada masa awal menyusui, Mums dapat pula menambahkan Frisomum Gold Dualcare+ untuk menunjang pemenuhan kebutuhan nutrisi Mums. Dengan tubuh yang sehat, Mums dapat memberikan ASI dalam jumlah yang cukup dan kualitas yang baik, sehingga tumbuh kembang si Kecil bisa benar-benar optimal pada masa awal kehidupannya.