Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Melakukan Pemeriksaan Kehamilan, Ini Pertimbangannya

Melakukan Pemeriksaan Kehamilan, Ini Pertimbangannya

Masa kehamilan biasanya menjadi masa-masa indah untuk Mums dan keluarga kecil Mums. Kehadiran si Kecil, yang sebentar lagi akan melengkapi kebahagiaan, harus disambut dengan gembira. Namun demikian sebelum momen tersebut bisa dirasakan, Mums harus secara rutin melakukan pemeriksaan kehamilan, untuk mengontrol kondisi si Kecil di dalam kandungan. Tapi di era new normal sekarang ini, apakah semua bisa dilakukan seperti biasanya?

Tentu ada beberapa hal yang wajib Mums perhatikan ketika akan melakukan pemeriksaan kehamilan. Pasalnya, jika bukan menjadi keperluan yang urgent, memang sebaiknya Mums tidak meninggalkan rumah. Kondisi Mums yang tengah hamil akan cukup rawan pada infeksi virus yang justru bisa membuat kehamilan terganggu.

?Tapi apa berarti tidak boleh melakukan kontrol atau pemeriksaan kehamilan? Tentu saja masih boleh, asalkan Mums menaati peraturan dan protokol yang berlaku. Untuk memberikan sedikit gambaran, Mums bisa melihat sedikit uraian berikut ini.

Untuk Kontrol Reguler dan Tanpa Keluhan, Bisa Dilakukan Online

Untuk Kontrol Reguler dan Tanpa Keluhan, Bisa Dilakukan Online

Meminimalisir kontak fisik dan kehadiran banyak orang di satu lokasi sekaligus, Mums disarankan untuk melakukan pemeriksaan kehamilan secara online. Dengan syarat utama bahwa Mums dan kehamilan yang Mums miliki saat ini tidak mengalami keluhan serius, dan sifat pemeriksaan atau kontrol yang dilakukan hanya kontrol rutin saja.

Nantinya Mums akan dihubungkan dengan dokter kandungan yang sudah bekerja sama dengan rumah sakit atau klinik dengan menggunakan bantuan jaringan internet, telepon, atau video call. Dengan begini Mums akan terhindar dari risiko penularan yang mungkin saja ada di lokasi yang akan Mums datangi jika harus kontrol secara konvensional.

Melakukan Check-Up pada Trimester Pertama

Melakukan Check-Up pada Trimester Pertama

Untuk melakukan pemeriksaan kehamilan pada trimester pertama biasanya jumlah kunjungan adalah minimal dua kali. Namun karena harus menyesuaikan dengan keadaan new normal, Mums kini disarankan hanya melakukan satu kali kunjungan fisik saja ke dokter kehamilan kepercayaan Mums. Mums bisa datang ketika usia kehamilan 11 - 13 minggu.

Pada usia ini, Mums akan sekaligus melakukan pemeriksaan USG dan laboratorium untuk memastikan kondisi janin, kehamilan, dan Mums sendiri. Hal ini akan dikecualikan jika Mums ternyata memiliki gejala infeksi virus. Maka Mums akan direkomendasikan untuk menunda kunjungan.

Sebaliknya, jika Mums terindikasi mengalami risiko kehamilan, seperti misalnya kehamilan ektopik, maka kontrol dan pemeriksaan bisa diatur kembali jadwalnya sesuai dengan rekomendasi dari dokter. Semua prosedur harus mempertimbangkan keamanan dan kesehatan Mums, si Kecil, dan dokter yang memeriksa Mums.

Hindari Kendaraan Umum Jika Harus Melakukan Kunjungan

Hindari Kendaraan Umum Jika Harus Melakukan Kunjungan

Untuk melakukan kunjungan ke dokter kandungan, usahakan untuk menghindari penggunaan kendaraan umum. Meski memang kendaraan umum juga memiliki protokol kesehatan yang ketat, namun demikian banyak orang yang menggunakan sarana transportasi tersebut kian menaikkan risiko untuk Mums dan si Kecil.

Penggunaan kendaraan pribadi lebih direkomendasikan agar Mums memiliki jaminan kesehatan yang lebih tinggi. Setidaknya, kendaraan pribadi hanya digunakan beberapa orang saja secara rutin, dan idealnya penggunanya adalah anggota keluarga yang menerapkan protokol kesehatan yang sama. Jadi cenderung lebih aman dan risikonya lebih kecil.

Pemeriksaan Kehamilan Di Trimester Ketiga

Pemeriksaan Kehamilan Di Trimester Ketiga

Memasuki usia trimester ketiga, Mums bisa melakukan pemeriksaan kehamilan dengan intensitas lebih sering. Pasalnya, pada periode ini Mums sudah mendekati HPL, sehingga kontrol pada janin perlu dilakukan lebih sering untuk memastikan kondisinya.

Rekomendasinya adalah satu kali pada usia 28 minggu, satu kali pada usia 32 minggu, satu kali pada usia 26 minggu, dan satu minggu sekali setelah usia 37 minggu. Tujuannya sederhana, mengetahui secara pasti tumbuh kembang janin dan kesiapan Mums menghadapi persalinan yang sudah tinggal menghitung hari lagi.

Untuk menghemat waktu dan mengefektifkan kunjungan yang Mums lakukan, diskusi mengenai lokasi persalinan dan metode yang digunakan juga bisa mulai dibuka. Tentu hal ini harus dilakukan dengan dokter yang Mums percaya dan memiliki kapabilitas dalam memberikan pertimbangan.

Lokasi persalinan dan metode akan turut berpengaruh pada keberhasilan persalinan dan kenyaman Mums. Semakin sesuai dan ideal tempat dan metodenya, maka semakin nyaman pula proses yang akan dijalani. Pastikan Mums juga mengutarakan concern yang Mums miliki untuk melahirkan di era new normal seperti ini. Pastikan semua berdasarkan protokol kesehatan yang berlaku, dan prosedurnya benar-benar aman dari risiko infeksi virus berbahaya.

Baca Juga : Proses Persalinan: Melahirkan Normal atau Operasi Caesar?

Melakukan pemeriksaan kehamilan merupakan hal krusial yang wajib Mums lakukan. Namun dengan situasi dan kondisi seperti sekarang ini, rasanya akan sangat bijak jika Mums melakukan hal tersebut dengan pertimbangan yang matang untuk meminimalisir risiko kesehatan.

Tentu saja pada masa kehamilan ini diperlukan aktivitas yang disiplin, baik dalam menerapkan pola hidup sehat ataupun konsumsi makanan bernutrisi. Pemeriksaan kehamilan harus disertai dengan upaya maksimal untuk memberikan yang terbaik bagi si Kecil. Untuk menopang kebutuhan nutrisi harian, Mums bisa menambahkan Frisomum Gold Dualcare+pada menu setiap hari. Dengan nutrisi yang lengkap dan mudah diserap oleh tubuh, tumbuh kembang si Kecil akan optimal dan Mums akan memiliki tubuh sehat dan imun yang kuat.