Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Melakukan Persiapan Melahirkan Di New Normal

Melakukan Persiapan Melahirkan Di New Normal

Masa new normal sedikit banyak mengubah berbagai macam hal yang ada di sekitar Mums. Terlebih jika mungkin Mums memiliki HPL yang sudah dekat, maka tentu harus ada penyesuaian persiapan melahirkan yang dilakukan. Pasalnya, penerapan protokol kesehatan kini menjadi ketat, dalam rangka mengurangi resiko penyebaran virus berbahaya tersebut.

Situasi saat ini memang tidak menguntungkan bagi hampir semua orang. Namun, ketika HPL memang menunjukkan tempo satu atau dua bulan lagi, mau tidak mau Mums wajib mempersiapkan diri menghadapi persalinan di masa new normal. Serangkaian persiapan bisa dilakukan sebagai langkah bijak. Tujuannya sederhana, agar Mums dan si Kecil nanti benar-benar sehat dan bisa beraktivitas seperti biasanya tanpa harus menghadapi resiko besar penularan virus.

Lalu apa saja persiapan melahirkan di masa new normal?

Persiapan Melahirkan : Melakukan Tes Virus yang Disarankan

Melakukan Persiapan Melahirkan Di New Normal

Menurut prosedur tetap yang diterbitkan oleh organisasi yang berwenang, salah satu persiapan melahirkan adalah melakukan tes virus secara spesifik. Mengingat proses persalinan melibatkan banyak orang, maka tentu kondisi Mums harus dipastikan terbebas dari virus yang jahat agar tidak meningkatkan orang lain tertular virus yang sama.

Hal ini juga dapat meningkatkan keamanan kesehatan si Kecil ketika nantinya lahir. Tentu Mums paham, bahwa daya tahan tubuh bayi yang baru lahir belum terbentuk sempurna melawan infeksi virus, sehingga resiko kesehatannya akan berkali lipat lebih berbahaya. Jika memang direkomendasikan oleh dokter, jalani prosedur tersebut demi keamanan si Kecil.

Inisiasi Menyusui Dini yang Harus Disesuaikan

Dalam proses persiapan melahirkan normal, biasanya Mums disarankan langsung memberikan ASI secara eksklusif beberapa saat setelah si Kecil lahir. Kandungan Kolostrum yang ada pada ASI segar benar-benar diperlukan oleh tubuh si Kecil untuk membangun daya tahan tubuh fase awal.

Namun demikian untuk menyesuaikan dengan protokol kesehatan yang kini berlaku, IMD atau inisiasi menyusui dini harus dilakukan dengan arahan dokter secara langsung. Terlebih jika Mums sedang dalam kondisi tubuh yang kurang fit ketika proses melahirkan, biasanya IMD akan ditunda dahulu hingga kondisi kembali fit. Namun demikian Mums sebaiknya berkonsultasi dengan dokter secara intens untuk pertimbangan yang satu ini.

Satu Orang Pendamping Proses Persalinan

Melakukan Persiapan Melahirkan Di New Normal

Demi meminimalisir interaksi manusia yang terjadi selama proses persalinan, biasanya rumah sakit akan merekomendasikan untuk pembatasan pendamping proses. Hanya satu orang yang diperbolehkan mendampingi proses kelahiran, sehingga jumlah orang yang berada dalam ruangan dapat diminimalisir, sama dengan interaksi yang terjadi.

Memang, kehadiran si Kecil di tengah-tengah keluarga jadi kabar gembira yang ingin dirayakan oleh semua orang. Namun demi keamanan bersama, langkah ini harus dilakukan. Setidaknya dengan mengurangi interaksi yang terjadi di ruangan yang kecil, resiko penularan virus atau bakteri dapat diminimalisir. Sedikit aneh memang, tapi ini adalah langkah yang sangat efektif.

Penggunaan Face Shield pada si Kecil

Nah, yang satu ini benar-benar khas new normal, dimana si Kecil yang baru lahir dipakaikan ‘perangkat’ ini agar dapat terhindar dari droplet yang muncul dari orang disekitarnya. Agak aneh memang, namun penggunaan face shield bisa melindungi percikan droplet secara langsung, sehingga membantu meminimalisir resiko penularan.

Sebenarnya penggunaan alat ini tidak hanya baik untuk mengurangi penyebaran virus yang kini sedang melanda, namun juga banyak virus dan bakteri lain yang ditularkan melalui media yang sama. Sebagai seorang ibu, Mums juga perlu beradaptasi dengan hal ini. Jangan sampai karena ingin segera mendekap si Kecil, Mums mengesampingkan protokol keamanan tanpa rekomendasi dan pertimbangan dari tenaga kesehatan terkait.

Besuk? Sebaiknya Ditunda Dulu ya!

Melakukan Persiapan Melahirkan Di New Normal

Jika pengurangan pada pendamping persalinan saja sampai dilakukan, maka rasanya tak bijak jika pada situasi new normal sekarang ini Mums masih mengijinkan besuk atau kunjungan dari banyak orang. Daya tahan tubuh Mums yang belum benar-benar pulih serta daya tahan tubuh si Kecil yang masih belum terbentuk akan meningkatkan resiko kesehatan ketika harus berinteraksi dengan banyak orang.

Ada baiknya, ‘ritual’ besuk yang biasa dilakukan oleh tetangga, saudara, atau kerabat dekat ditunda dulu. Tunggu sampai usia si Kecil beberapa bulan, sampai ia memiliki daya tahan tubuh yang cukup baik dan siap berinteraksi dengan banyak orang. Lagipula hal ini justru membuat Mums memiliki waktu intim lebih banyak bersama si Kecil, untuk mencurahkan setiap titik kasih sayang dan perhatian, sehingga hubungan batin antara Mums dan si Kecil semakin erat.

Baca Juga : Proses Persalinan: Melahirkan Normal atau Operasi Caesar?

Melakukan persiapan melahirkan dengan baik adalah langkah awal untuk menyambut si Kecil ke dunia ini. Tentu selain beberapa langkah di atas, Mums juga wajib tetap menjaga kesehatan dengan konsumsi makanan sehat dan penerapan pola hidup sehat. Dukung pemenuhan nutrisi harian persiapan persalinan dengan konsumsi Frisomum Gold Dualcare+ secara rutin, yang mengandung setiap nutrisi yang diperlukan tubuh. Persiapkan dengan baik, dan sambut si Kecil dengan hangat!