Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Melatih Janin dengan Musik

Melatih Janin dengan Musik

Mendengarkan musik telah lama dikenal bermanfaat bagi ibu hamil. Efeknya dapat mempengaruhi dan menenangkan ibu serta anak dalam kandungan. Selain itu, ketika sang ibu sehat secara emosional, kesehatan jasmani pun akan mengikuti. Musik menstimulasi saraf otak dan hormon yang akan diteruskan ke janin yang sedang berkembang. Hal tersebut dapat menghasilkan manfaat yang berlipat ganda.

Kebiasaan memutar dan mendengarkan musik dapat dimulai ketika pasangan Anda mengetahui bahwa ia hamil. Berikut adalah beberapa cara untuk membantu pasangan Anda agar memaksimalkan pengalaman berharga selama masa kehamilannya.

Cari tempat duduk yang nyaman, putar musik klasik atau musik daerah yang menenangkan dan buat Mum santai serta mengosongkan pikirannya. Banyak hal-hal yang sedang ia pikirkan, jadi Anda harus benar-benar fokus menghabiskan waktu berdua dengannya. Jangan memutar musik ketika Mum sedang melakukan kegiatan lain, karena musik yang menenangkan tidak akan menghasilkan efek yang diinginkan ketika pikiran masih tersita oleh hal lain. Membuat istri Anda untuk meletakkan tangannya diatas perutnya adalah ide yang bagus, lebih baik lagi jika Anda juga melakukannya.

Memasuki bulan kelima, perkembangan saraf-saraf pendengaran dan organ lain anak Anda sudah cukup bagi si Kecil untuk mendengar suara dan detak jantung ibunya. Pasangan Anda pun dapat mempersiapkan si Kecil dengan memijat perutnya lembut. Putar musik santai yang berirama lambat untuk menenangkan si Kecil atau melodi yang ceria untuk menstimulasinya.

Dengarkan secara rutin pilihan musik yang sama selama 20-30 menit sebanyak dua kali sehari. Dengan begini, si Kecil akan membiasakan dirinya dengan musik yang Mum putar.

Jika sedang tidak dapat mendengar musik, pasangan Mum dapat menyenandungkan lagu untuk si Kecil. Mulailah dengan lembut, sehingga tidak mengagetkan atau membahayakan pendengarannya. Hindari musik keras dengan ritme yang cepat, seperti musik disko atau rock dengan bas dan tabuhan drum yang kuat. Volume yang optimal adalah antara 75-80 desibel dan lebih baik diputar pada stereo agar kualitas suaranya terdengar baik.

Pilih perpaduan melodi antara menenangkan, lembut, menyenangkan dan keceriaan yang seimbang seperti waltz, lagu folk, lagu pengantar tidur, atau lagu daerah. Nada C mayor khususnya, sangat cocok untuk menstimulasi respon emosional si Kecil. Berikut adalah beberapa pilihan musik klasik yang dapat Mum pilih untuk diperdengarkan bagi si Kecil:

  • "Mass in B Minor" oleh Bach.
  • "Serenade" oleh Schubert.
  • "Moonlight Sonata" (1st Movement) oleh Beethoven.
  • "Four Seasons"(Spring) oleh Vivaldi.
  • "A Midsummer Night's Dream Overture" oleh Mendelssohn.
  • "Lullaby" oleh Brahms.

Yang menarik, peneliti menemukan fakta bahwa anak-anak juga dapat merespon suara rendah ayahnya seperti mereka merespon suara ibunya. Jadi, mengapa Anda tidak ikut bernyanyi? Selain musik, Anda juga dapat mengajak si Kecil ngobrol dalam kandungan lebih sering. Siapa tahu setelah ialahir, ia punakan merespon Anda dengan baik seperti kepada ibunya!

Selain mendengarkan musik, berbagai kegiatan lainnya juga dapat Mum lakukan untuk mendukung masa kehamilan ini.