Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Melatih Kreativitas Anak Sekaligus Meningkatkan Bonding, Ini 4 Idenya!

Melatih Kreativitas Anak Sekaligus Meningkatkan Bonding, Ini 4 Idenya!

Sebagai seorang manusia yang baru hadir ke dunia ini, si Kecil memerlukan banyak sekali proses belajar dan proses kreatif agar dapat menjadi seorang yang berkarakter, pintar, sehat serta kuat. Kreativitas anak, dalam hal ini si Kecil, akan sangat bergantung pada apa yang Mums berikan padanya, seperti pengalaman baru, cara belajar, pengenalan hal baru, dan lain sebagainya.

Di waktu yang sama, Mums tentu ingin memiliki ikatan emosional yang kuat dengan si Kecil. Ya, ikatan emosional juga akan memiliki efek baik untuk tumbuh kembang mentalnya. Ketika Mums dan si Kecil memiliki ikatan yang baik, si Kecil akan dapat tumbuh menjadi seorang yang percaya diri, mudah berekspresi, dan memiliki kemampuan sosial yang lebih baik.

Untuk mewujudkan kedua hal yang disampaikan sebelumnya, tumbuh kembang yang baik dan ikatan emosional yang baik pula, Mums dapat melakukan kegiatan bersama si Kecil. Mungkin Mums akan bertanya-tanya, apa saja kegiatan yang dapat melatih kreativitas sekaligus meningkatkan kualitas bonding dengan si Kecil? Mums berada pada artikel yang tepat. Berikut beberapa ide kegiatan yang dapat sekaligus mewujudkan atau melatih kedua hal tersebut.

Piknik Dalam Ruangan

Mungkin terdengar aneh, namun kegiatan ini bisa Mums lakukan bersama si Kecil untuk meningkatkan ikatan emosional Mums dengannya. Konsepnya sama dengan piknik seperti biasa, hanya saja Mums melakukannya di dalam ruangan. Ambil momen ketika makan siang, dan buat seakan Mums dan si Kecil sedang piknik dengan memanfaatkan ruangan yang ada di rumah Mums.

Buat bekal makanan dan minuman yang disukai si Kecil lalu gelar tikar atau alas sejenis yang biasa digunakan untuk piknik. Ajak si Kecil makan siang bersama di atas tikar yang digunakan sembari bercanda dan berinteraksi. Nuansa berbeda pada saat makan siang ini bisa membuat si Kecil merasa lebih dekat dengan Mums sekaligus membuat mood si Kecil menjadi ceria.

Memasak Bersama untuk Bekal Piknik

Nah, sebelum melakukan piknik di dalam ruangan, Mums dapat mengajak si Kecil memasak bersama dalam menyiapkan bekal makannya. Tentu akan timbul sedikit ‘kekacauan’ ketika si Kecil turut memasak, namun hal ini dapat memberikan stimulus pada kreativitasnya. Dengan menyiapkan bahan makanan, memasak, menghias makanan, serta membungkusnya, kreativitas si Kecil akan terasah.

Di waktu yang sama, memasak bersama jadi poin bagus untuk mempererat ikatan emosional Mums dan si Kecil. Libatkan si Kecil dalam berbagai proses, misal membawa bahan makanan, memilih bahan yang akan digunakan, mencucinya, atau memasukkannya ke dalam tempat sebelum dimasak. Meski kecil dan terkesan sepele, kegiatan seperti ini efektif dalam membangun hubungan emosional yang baik.

Prakarya Bersama si Kecil

Dengan memanfaatkan berbagai barang yang ada di dalam rumah, Mums dapat mengajak si Kecil membuat berbagai kerajinan yang bisa digunakan sebagai mainan atau hiasan di ruang tamu. Misalnya saja, dengan membuat mobil-mobilan dari bekas kotak susu atau botol. Mainan DIY seperti ini dapat membantu mengasah kreativitas si Kecil dengan cara yang mengasyikkan loh Mums!

Mungkin mainan seperti ini terdengar sederhana dan ekonomis, namun poin utamanya bukan pada harga atau barangnya, namun pembelajaran yang bisa Mums berikan untuk si Kecil bahwa dengan kreativitas yang dimiliki, barang bekas dapat diolah menjadi barang lain yang lebih bermanfaat dan berguna. Cara yang baik juga bukan untuk membiasakan daur ulang demi kelestarian lingkungan?

Membaca Cerita, Klasik namun Efektif

Membaca cerita bersama si Kecil mungkin terdengar sangat kuno dan klasik, namun demikian cara ini masih sangat efektif untuk melatih kreativitas dan meningkatkan ikatan emosional Mums dan si Kecil. Padahal membaca cerita bersama sangat sederhana ya Mums? Lalu bagaimana bisa hal ini berdampak besar untuk kreativitas dan bonding Mums dan si Kecil?

Dengan membacakan cerita, Mums dan si Kecil memiliki waktu intim berdua, dimana interaksi yang terjalin sangat intens dan hangat. Ketika membaca cerita bersamanya Mums juga dapat melatih imajinasinya dalam membayangkan adegan dan tokoh yang ada di dalam cerita. Ini mengapa membacakan cerita masih sangat disarankan untuk melatih kreativitas, imajinasi serta meningkatkan ikatan emosional dengan si Kecil.

Kreativitas anak dapat dilatih dengan banyak cara dan jalan. Beberapa yang disebutkan di atas dapat Mums jadikan ide kegiatan bersama dengan si Kecil untuk membantu melatih kreativitas serta pada waktu yang bersamaan meningkatkan kualitas ikatan emosional Mums dengan si Kecil. Tentu saja, hal ini akan berjalan jauh lebih efektif jika Mums juga mencukupi kebutuhan nutrisi hariannya.

Untuk mendukung peningkatan kreativitas anak, Mums harus juga mencukupi kebutuhan nutrisi harian dengan makanan dan minuman yang bernutrisi tinggi. Salah satu yang bisa Mums jadikan partner adalah Friso Gold 3. Dengan teknologi Locknutri, kualitas alami nutrisi akan terjaga dan lebih mudah diserap tubuh si Kecil. Ini akan membantu si Kecil agar kuat dari dalam. Kombinasi stimulus dan nutrisi yang terpenuhi, menjadikan si Kecil tumbuh dan berkembang dengan optimal.