Lompat ke isi utama
Memahami Manfaat Membaca Buku untuk si Kecil

Memahami Manfaat Membaca Buku untuk si Kecil

Pada orang tua kekinian, mungkin membacakan buku untuk si Kecil sudah jadi hal yang sangat langka. Alih-alih buku fisik, banyak yang menjatuhkan pilihan pada tablet atau gadget modern canggih lainnya. Padahal manfaat membaca buku untuk anak-anak benar-benar signifikan, sehingga hal ini jadi satu poin yang sangat direkomendasikan untuk dilakukan orangtua dalam mendidik si Kecil.

Memang tidak sedikit perdebatan yang mengatakan, apa perbedaan buku dengan gadget? Toh, isinya tidak jauh berbeda, karena dengan gadget bisa diakses e-book yang memiliki konten sama dengan yang ada pada buku. Namun demikian, buku dalam bentuk fisik, lebih direkomendasikan karena tidak ada efek samping berbahaya dari proses membaca yang terlalu lama, sinar biru dari pancaran display layar misalnya.

Alih-alih meneruskan perdebatan tersebut, ada baiknya jika kita langsung masuk saja pada manfaat membaca buku untuk si Kecil secara umum. Berikut penjelasannya.

Memacu Kerja Otak si Kecil

Memacu Kerja Otak si Kecil

Dengan membacakannya buku, Mums sudah membuat si Kecil terus terpapar oleh kata-kata dan jalan cerita, serta penokohan yang beragam. Mau tidak mau, otak si Kecil akan memproses apa yang didengar dan dilihatnya ini. Otak akan terus bekerja aktif sehingga dapat merangsang tumbuh kembangnya dengan baik.

Kerja otak si Kecil memang tak hanya bisa dirangsang dengan membacakannya buku saja, namun dengan kegiatan lain seperti menari atau mendegarkan musik. Selama kegiatan yang dilakukan tetap positif dan dapat memberikan dampak baik, rasanya tak akan jadi masalah jika masih dalam porsi yang wajar.

Melatih Imajinasi dan Kreativitas

Melatih Imajinasi dan Kreativitas

Ragam bacaan yang Mums bacakan untuk si Kecil juga dapat melatih imajinasi dan kreativitas yang dimilikinya. Si Kecil akan memiliki banyak referensi untuk berangan-angan dan membayangkan berbagai hal, sehingga nantinya ketika ia diminta untuk berkreasi, karya-karya unik akan muncul dari segala hal yang sudah didengar, dibaca, dan dilihatnya ini.

Pemilihan buku yang tepat jadi hal yang penting. Buku yang tepat dalam artian bisa sesuai dengan kemampuan otak si Kecil saat buku tersebut dibacakan. Akan sangat aneh rasanya jika pada usia 3 atau 4 tahun Mums mengenalkannya pada buku rumus Fisika bukan? Buku cerita anak dengan berbagai tema bisa jadi rekomendasi, sebab memiliki bahasa yang sederhana dan gambar menarik yang menyertainya.

Kemampuan Berbahasa dalam Komunikasi

Kemampuan Berbahasa dalam Komunikasi

Tidak dapat dipungkiri, salah satu manfaat membaca buku untuk si Kecil adalah dapat membantunya memiliki perbendaharaan kata dan kalimat yang lebih banyak. Hal ini secara langsung dapat meningkatkan kemampuan berbahasa dan kemampuan komunikasi si Kecil dengan orang lain.

Kemampuan komunikasi bisa sangat terbantu ketika ia memiliki banyak kata di dalam otaknya. Pemahaman atas cara penggunaan kata-kata ini dapat dipupuk dengan cerita yang disampaikan, sehingga lambat laun si Kecil juga akan mengerti bagaimana susunan kalimat yang benar.

Tentu, dengan demikian ia idealnya memiliki kemampuan berbahasa dan kemampuan komunikasi yang baik, sehingga memudahkannya ketika berinteraksi dengan orang lain.

Menjadi Quality Time antara Mums dan si Kecil

Ketika membacakan cerita dari buku yang dipilih, Mums dan si Kecil akan memiliki waktu intim berdua. Quality time seperti ini sangat penting dalam hubungan Mums dan si Kecil, karena dapat meningkatkan rasa percaya yang dimiliki si Kecil. Ia juga akan merasa nyaman, sehingga lebih mudah menyampaikan apa yang dirasakannya di dalam hati.

Quality time dengan membaca buku adalah salah satu cara terbaik yang bisa Mums berikan. Alokasi waktu, keberadaan Mums di sisinya, sentuhan lembut dan perasaan hangat, serta manfaat membaca buku untuknya, semua bisa didapatkan dengan satu kegiatan sederhana yang tidak memerlukan banyak biaya.

Manfaat Membaca Buku : Kemampuan Kognitif si Kecil

Manfaat Membaca Buku : Kemampuan Kognitif si Kecil

Dengan membacakan buku untuk si Kecil, atau bahkan mengajaknya membaca buku bersama, Mums dapat melatih kemampuan kognitif yang dimiliki si Kecil. Mulai dari fokus dan konsentrasi, ingatan jangka pendek dan jangka panjang, hingga kemampuan komunikasi dan kemampuan memecahkan masalah, semua bisa mendapatkan stimulasi yang baik.

Tentu saja manfaat membaca buku ini tidak dapat dirasakan dengan satu atau dua sesi saja, namun harus dilakukan secara konstan seiring proses tumbuh kembang si Kecil. Tidak ada hasil memuaskan dalam waktu instan bukan Mums? Lagipula, ini semua demi tumbuh kembang si Kecil yang optimal untuk jangka panjang.

Baca Juga : Ini Pentingnya Peran Orang Tua terhadap Perkembangan si Kecil

Memahami manfaat membaca buku seperti yang disampaikan di atas tadi semoga dapat menjadi motivasi untuk Mums mengajak si Kecil melakukan kegiatan ini. Sederhana, murah, dan mudah, namun manfaat yang diberikan benar-benar akan terasa untuk jangka panjang hingga ia dewasa nanti. Tentu, manfaat tersebut akan lebih terasa ketika Mums juga memenuhi kebutuhan nutrisi harian si Kecil. Makanan kaya nutrisi serta tambahan Friso Gold 4, bisa jadi formula terbaik untuknya. Kualitas nutrisi alami akan senantiasa terjaga dengan teknologi Locknutri, sehingga akan mudah diserap tubuh si Kecil untuk digunakan sebagai bahan bakar tumbuh kembangnya. Berikan yang terbaik untuk si Kecil, dan lihat hasilnya seiring berjalannya waktu.