Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Memahami Manfaat Yogurt untuk si Kecil, Saluran Cerna Hingga Tumbuh Kembangnya

Memahami Manfaat Yogurt untuk si Kecil, Saluran Cerna Hingga Tumbuh Kembangnya

Salah satu olahan susu yang menjadi favorit banyak Mums untuk menjaga kesehatan pencernaan si Kecil adalah yogurt. Ya, olahan susu yang satu ini terbukti dapat melancarkan pencernaan, hingga merawat kesehatan dan jumlah bakteri baik di dalam organ pencernaan.  Manfaat yogurt untuk si Kecil juga tak terbatas hanya pada itu saja.

Fungsi saluran pencernaan pada anak-anak dalam masa pertumbuhan terbilang sangat krusial. Bagaimana tidak, setiap asupan nutrisi yang diperlukan untuk tumbuh kembangnya berasal dari makanan yang dikonsumsi si Kecil. Ketika saluran pencernaan beserta organ pencernaan dalam keadaan sehat, idealnya penyerapan nutrisi dapat berjalan dengan baik.

Ini mengapa kemudian kesehatan saluran pencernaan harus dijaga dan dirawat, salah satunya dengan mengkonsumsi yogurt secara rutin. Kandungan Prebiotik dan Probiotik yang ada di dalamnya dapat membantu penyerapan nutrisi sekaligus menjaga kesehatan dan jumlah bakteri baik yang ada di dalam organ pencernaan. Bakteri baik ini memiliki peran untuk mengoptimalkan penyerapan makanan dan pemecahan nutrisi ke dalam bentuk yang dapat diserap tubuh.

Manfaat Yogurt untuk Pencernaan si Kecil

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, konsumsi yogurt secara rutin untuk si Kecil dapat membantu menjaga kesehatan saluran cerna, kebersihannya, serta mengoptimalkan penyerapan nutrisi. Dengan asupan Prebiotik dan Probiotik dalam takaran tepat, kesehatan saluran cerna tak lagi akan menjadi masalah untuk Mums dan si Kecil.

Permasalahan paling sering muncul pada pencernaan si Kecil adalah infeksi bakteri atau cacing, yang dapat menyebabkannya rewel dan sulit menyerap asupan makanan. Tentu akibatnya adalah tumbuh kembang yang terganggu sehingga tidak dapat berjalan optimal. Selain konsumsi yogurt secara rutin, memastikan makanan sudah higienis dan diproses dengan bersih juga harus Mums lakukan demi kesehatan saluran pencernaannya.

Apakah Hanya Itu Saja?

Tentu tidak, manfaat yogurt tidak berhenti sampai pada menjaga kesehatan saluran cerna. Meski lebih populer dan dikenal pada perannya di poin pertama, sebenarnya yogurt memiliki manfaat dan fungsi lain. Tentu masih berkaitan dengan kesehatan pencernaan, namun beberapa manfaat lain ini adalah manfaat yang muncul akibat sehatnya fungsi pencernaan.

Pertama adalah buang air besar yang rutin dan teratur, yang dapat berdampak pada stabilnya berat badan si Kecil. Kestabilan berat badan ini membuat si Kecil jauh dari obesitas. Seperti diketahui bersama obesitas merupakan masalah yang banyak dialami anak-anak dengan sistem pencernaan kurang sehat. Efek dari obesitas juga sangat negatif dan sebisa mungkin harus dihindari.

Kedua, mengandung banyak nutrisi yang diperlukan tubuh untuk tumbuh dan berkembang. Mulai dari Kalium, Fosfor, Vitamin B5, Zinc, Riboflavin serta Vitamin B12. Setiap nutrisi tersebut memiliki peran masing-masing dalam mengoptimalkan masa tumbuh kembang si Kecil, serta juga menjaga kinerja sel darah merah dalam menyalurkan nutrisi ke seluruh tubuh, khususnya ke otak.

Ketiga, kandungan Kalsium yang tinggi baik untuk pertumbuhan tulang. Seperti dipahami bersama, tumbuh kembang si Kecil memerlukan banyak asupan Kalsium karena volume dan ukuran tulang juga bertambah secara signifikan. Dilengkapi pula dengan Vitamin D, maka yogurt juga sangat tepat untuk kudapan ringan yang dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian si Kecil.

Kaya Manfaat dan Nikmat

Lepas dari setiap manfaat yang diberikan yogurt untuk tubuh si Kecil, yogurt memiliki rasa yang enak dan banyak disukai anak-anak. Rasa asam yang memberikan efek segar sekaligus rasa buah yang acap ditambahkan, dapat menjadi asupan nutrisi yang baik selain makanan berat yang diberikan untuk si Kecil. Tentu saja, Mums dapat dengan mudah mengkreasikan yogurt dengan makanan lain agar semakin nikmat.

Yogurt juga cenderung mudah ditemui, mulai dari yang memiliki rasa alami atau yang diberikan perisa tambahan agar lebih segar. Mums hanya perlu mencermati informasi gizi dan nutrisi serta tanggal kadaluarsa yang ada pada kemasan untuk memastikan yogurt terbaik untuk si Kecil.

Bagaimana dengan Susu?

Jika berbicara mengenai tumbuh kembang tentu tak akan lepas dari susu yang menjadi pendamping utama. Dalam menjaga kesehatan saluran cerna, akan sangat efektif jika Mums juga secara rutin memberikan susu dengan kandungan nutrisi yang kaya serta terjamin proses produksi serta kualitas produknya. Belakangan susu yang berkualitas diproduksi dengan metode Single Process, sehingga susu tidak melalui pemanasan berlebihan dan nutrisinya tetap terjaga.

Nah, untuk mendapatkan manfaat yogurt secara maksimal, Mums juga dapat memberikan Friso Gold 4 sebagai pelengkap kebutuhan nutrisi hariannya. Diproduksi dengan metode Single Process yang modern, susu produk Friso tak mengalami pemanasan berlebihan sehingga nutrisinya tetap terjaga. Dilengkapi pula dengan Locknutri yang menjaga kualitas alami nutrisi sehingga mudah diserap tubuh si Kecil. Dengan kombinasi yogurt, makanan sehat dan Friso Gold 4, si Kecil akan dapat tumbuh optimal dan memiliki saluran pencernaan yang sehat.