Lompat ke isi utama
https://www.friso.co.id/panduan/memahami-setiap-fase-1000-hari-pertama-kehidupan-si-kecil

Memahami Setiap Fase 1000 Hari Pertama Kehidupan Anak

Setiap fase pada 1000 hari pertama kehidupan anak memerlukan asupan nutrisi dan rangsangan yang tepat. Simak selengkapnya di sini!

1000 hari pertama kehidupan anak, mulai dari dalam kandungan hingga ia berusia 2 tahun merupakan masa krusial yang dapat berpengaruh pada tumbuh kembangnya di usia anak-anak. Setiap nutrisi, stimulus, serta pengalaman yang diberikan pada anak akan dapat berdampak signifikan. Ini mengapa, selama masa tersebut Mums harus benar-benar memperhatikan 3 faktor tersebut.

Mungkin masih banyak calon Mums yang beranggapan bahwa 100 hari pertama kehidupan anak dimulai ketika ia lahir hingga usianya 3 tahun. Namun demikian, perhitungan 1000 hari pertama sudah dihitung sejak masa kehamilan Mums. Idealnya pembagiannya adalah masa kehamilan selama 270 hari, usia 1 tahun selama 365 hari, dan usia 2 tahun selama 365 hari.

Lalu bagaimana dengan nutrisi, stimulus dan interaksi yang bisa diberikan pada anak pada 3 fase ini? Nah, untuk lebih jelasnya, Mums dapat melihat penjelasan berikut.

1000 Hari Pertama Kehidupan Tahap Pertama : Kehamilan

Memahami Setiap Fase 1000 Hari Pertama Kehidupan anak

Masa kehamilan idealnya dilalui selama kurang lebih 9 bulan (atau dibulatkan menjadi 270 hari). Pada masa ini, periode pembagian waktunya akan menjadi 3, yakni trimester pertama, kedua dan ketiga.

Trimester pertama, pada usia kehamilan 1 hingga 12 minggu. Pada masa ini, biasanya kehamilan baru akan disadari setelah memasuki usia 5 atau 6 minggu jika tidak secara rutin memeriksakan kondisi tubuh. Asupan nutrisi yang optimal sangat diperlukan, karena pada 3 bulan pertama proses perkembangan janin akan membentuk tulang, otot, dan organ tubuh penting.

Trimester kedua, Mums akan merasakan perubahan signifikan pada tubuh Mums karena ukuran perut semakin besar, seiring dengan semakin bertumbuhnya anak. Pada usia ini, asupan nutrisi yang lengkap dan cukup juga tetap diperlukan agar tetap dapat menunjang proses tumbuh kembang janin. Organ dan anggota tubuh semakin terbentuk sempurna pada masa ini.

Trimester ketiga, Mums akan merasa tenaga cepat sekali habis karena anak sudah mulai aktif bergerak. Pertumbuhan anak juga memasuki tahap penyempurnaan, sehingga asupan nutrisi yang cukup sangat diperlukan. Organ vital yang dimiliki anak mulai berfungsi optimal, dan bekerja sempurna karena mendekati saat kelahiran.

Tahap Kedua, Usia Anak 1 Tahun

Memahami Setiap Fase 1000 Hari Pertama Kehidupan anak

Sangat banyak pertumbuhan dan perkembangan yang dialami anak pada tahun pertama kehidupannya. Yang paling nampak mungkin adalah perkembangan kognitif berupa kemampuan belajar dan daya serap anak dalam memecahkan masalah sederhana. Selanjutnya, perkembangan kemampuan sosial serta emosional yang ditunjukkan dengan mulai mampu berinteraksi dan bersosialisasi dengan orang-orang di sekitarnya.

Perkembangan lain yang juga terjadi pada masa ini adalah perkembangan kemampuan berkomunikasi, motorik halus, serta motorik kasar. Setiap perkembangan ini ditunjukkan dengan kemampuan anak memahami apa yang Mums sampaikan, menirukan ekspresi, tertawa, menangis, menggunakan tangan dan jari, lalu mulai mampu duduk, berdiri dan belajar berjalan.

Asupan utama pada masa ini adalah ASI eksklusif yang diberikan pada 6 bulan pertama, lalu mulai ditambahkan Makanan Pendamping ASI atau MPASI mulai bulan ke 6. Berikan stimulus untuk setiap faktor tumbuh kembang anak, agar semua milestone dapat dicapai dengan ideal.

Tahap Terakhir dalam 1000 Hari Pertama, Usia 2 Tahun

Memahami Setiap Fase 1000 Hari Pertama Kehidupan anak

Asupan nutrisi yang semakin banyak diperlukan anak pada usia ini. Mengapa? Karena pertumbuhan tubuh dan otaknya semakin pesat pula. Idealnya semakin besar perubahan yang terjadi pada diri anak maka jumlah asupan nutrisi juga makin tinggi. Hal ini senada dengan kebutuhan rangsangan serta interaksi antara Mums dan anak agar dapat tercipta ikatan emosional yang kuat.

Kemampuan organ pencernaan anak semakin sempurna dan mampu mencerna banyak jenis makanan yang teksturnya padat. Selain mulai mengajak anak beraktivitas, variasi jenis makanan yang lebih banyak bisa mulai diperkenalkan agar dapat menopang kebutuhan nutrisi hariannya. Makanan seperti sayur, buah, daging, dan ikan dapat diberikan agar anak tetap mendapat asupan yang cukup serta menjaga nafsu makannya tetap tinggi.

Baca Juga : Pentingnya Cek Kadar Gula Darah pada Ibu Hamil

Seiring bertambahnya usia dalam 100 hari pertama kehidupan anak, skala jumlah asupan nutrisi, stimulus, dan interaksi yang Mums berikan juga akan terus meningkat. Ketiga hal ini wajib diberikan sesuai dengan milestone yang ideal untuk anak-anak. Dengan memberikan ketiga hal ini secara tepat, maka anak juga akan tumbuh dengan baik dan optimal sesuai dengan usianya.

Melihat penjelasan mengenai 1000 hari pertama kehidupan anak, tentu Mums dapat mengambil satu garis merah bahwa kebutuhan nutrisi anak akan terus bertambah, dan wajib dipenuhi. Mums dapat memberikan variasi makanan yang cukup banyak agar seluruh nutrisi yang diperlukannya terpenuhi. Tambahkan juga Frisomum Gold Dualcare+ selama masa kehamilan, dan Friso Gold 3 untuk 3 tahun pertama usia anak guna menunjang pemenuhan nutrisi harian. Maksimalkan setiap fase tumbuh kembangnya, dan perhatikan anak tumbuh sehat, kuat, dan pintar!