Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Membangun Karakter dengan Memahami Psikologi Anak

Membangun Karakter dengan Memahami Psikologi Anak

Perkembangan emosi si Kecil sebenarnya sudah berjalan sejak si Kecil lahir. Namun demikian, ia baru dapat mengekspresikannya ketika berada pada rentang usia 1 hingga 3 tahun. Perkembangan psikologi anak ini, akan turut berpengaruh pada tumbuh kembangnya secara umum, mengingat seorang manusia tidak hanya perlu tumbuh secara fisik, namun juga tumbuh secara emosional.

Jika menilik perkembagan emosi dan psikologi anak, mungkin Mums dapat membaginya menjadi tiga bagian atau tahapan besar. Setiap tahapan ini, tentu, memerlukan pendampingan Mums sceara intensif karena juga akan berperan besar membangun karakter dasarnya.

Lalu apa saja tiga tahapan perkembangan psikologi anak yang dimaksud tadi? Simak selengkapnya berikut ini.

Perkembangan Sikap Percaya dan Tidak Percaya

Membangun Karakter dengan Memahami Psikologi Anak

Dapat dikatakan tahapan ini adalah tahapan paling fundamental dari perkembangan psikologi anak. Seperti namanya, tahap pertama ini si Kecil akan belajar bagaimana mengembangkan perkembangan sikap percaya dan tidak percaya, terutama pada Mums yang secara intens berinteraksi dengan si Kecil.

Penting untuk Mums selalu berada di dekat si Kecil sehingga si Kecil dapat menumbuhkan rasa percaya pada Mums. Perlahan setelah dapat mempecayai Mums si Kecil akan belajar percaya pada keluarga kecil Mums. Proses ini berjalan dengan tempo yang cenderung lambat karena akan bergantung pada beberapa faktor.

Mulai dari cara Mums merawat si Kecil, cara Mums berbicara dan melakukan apa yang Mums ucapkan, apa yang dialami si Kecil bersama Mums, dan lain sebagainya. Kunci dari membimbing tahap ini adalah kasih sayang yang tulus dan kehangatan hubungan yang terjalin antara Mums dan si Kecil. Ketika ia memiliki rasa percaya yang tinggi pada Mums, ia akan menjadi anak yang terbuka dan mudah mengungkapkan apa yang dirasakannya.

Kemandirian, Malu, dan Keraguan, Tahap Kedua Psikologi Anak

Membangun Karakter dengan Memahami Psikologi Anak

Pada usia 1 hingga 3 tahun, si Kecil akan berada pada tahap perkembangan kemandirian, rasa malu, serta keraguan. Setelah melalui tahap yang pertama tadi, si Kecil akan mulai mampu memahami ketiga konsep ini. Penting untuk Mums mendampingi si Kecil, sebab tiga konsep ini akan dapat membentuk karakter si Kecil yang mandiri, santun, serta penuh pertimbangan.

Untuk mengajarkan konsep kemandirian, Mums dapat memulainya dengan memberikan tanggung jawab dan kepercayaan pada si Kecil melakukan hal-hal sederhana secara mandiri. Misalnya saja, mengajarkan si Kecil buang air kecil sendiri, atau mungkin mencuci tangan sebelum makan, atau bisa juga dengan membiasakan si Kecil untuk tidur di kamarnya sendiri.

Konsep malu dan keraguan dapat diajarkan dengan membiasakan si Kecil untuk berlaku sopan di depan orang yang lebih tua, berperilaku baik ketika bertamu ke rumah kerabat atau teman Mums, dan juga mengungkapkan kesalahan yang dilakukan si Kecil. Meski sederhana, cara ini efektif untuk mengajarkan konsep malu dan ragu pada si Kecil. Jalin komunikasi aktif dengan si Kecil agar ia dapat merasa lebih nyaman.

Terakhir, Inisiatif dan Rasa Bersalah

Membangun Karakter dengan Memahami Psikologi Anak

Tahapan psikologis anak yang selanjutnya adalah tahapan inisiatif dan rasa bersalah, yang merupakan lanjutan dari tahapan kemandirian, malu, dan keraguan. Setelah si Kecil paham dan dapat memiliki sifat mandiri, ia akan mulai mengambil inisiatif untuk melakukan hal-hal tanpa harus diminta. Sederhananya, seperti membuka baju sendiri sebelum mandi tanpa Mums minta.

Ketika si Kecil melakukan kesalahan, Mums dapat menegurnya secara lembut. Beri tahu kesalahan apa yang diperbuat, dan apa yang seharusnya dilakukan. Rasa bersalah yang didapatkan dari teguran ini bisa menjadi latihan yang baik untuk si Kecil menemukan apa yang harus dilakukan untuk memperbaiki keadaan. Ingat ya Mums, teguran yang diberikan harus tetap memperhatikan mental dan keadaan si Kecil. Jangan sampai teguran yang dimaksudkan untuk membangun karakternya justru membuat si Kecil merasa down dan menjadi minder.

Menegur si Kecil ketik ia melakukan kesalahan penting untuk dilakukan. Tak hanya mengajarkan si Kecil rasa bersalah, namun juga untuk melatih si Kecil lebih memiliki empati pada orang di sekitarnya. Dengan mengetahui bahwa apa yang dilakukannya salah, ia akan berpikir untuk tidak melakukannya lagi karena efeknya akan buruk untuk dirinya sendiri dan orang di sekitarnya.

Baca Juga : Rencanakan Family Camping Seru buat Si Kecil, Yuk!

Memahami dan mengajarkan konsep-konsep di atas sebenarnya secara alami akan Mums lakukan. Hanya saja, terkadang Mums tidak sadar dan tidak tahu sedang mengajari konsep ini sekaligus membimbing perkembangan psikologi anak.

Demikian tadi sedikit penjelasan mengenai perkembangan psikologi anak dari tahap pertama hingga tahap terakhir. Tentunya pendampingan Mums sangat diperlukan untuk memberikan arahan dan bimbingan agar si Kecil memiliki perkembangan psikis yang optimal. Jangan lupa juga, untuk selalu memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya agar bimbingan yang Mums berikan dapat diserap optimal. Lengkapi nutrisinya dengan Friso Gold 4 yang memiliki teknologi Locknutri, yang menjamin kualitas alami nutrisi tetap terjaga sehingga mudah diserap tubuh si Kecil dan membantunya kuat dari dalam!