Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Memberikan Buah untuk Bayi 6 Bulan, Pilih dengan Bijak!

Memberikan Buah untuk Bayi 6 Bulan, Pilih dengan Bijak!

Seiring bertambahnya usia si Kecil, kebutuhan nutrisi yang diperlukan tubuhnya untuk terus berkembang juga meningkat. Selain memberikan ASI, Mums juga kemudian dapat mengenalkan makanan pendamping ASI ketika si Kecil berusia 6 bulan. Salah satu makanan yang direkomendasikan adalah ragam buah. Ya, buah untuk bayi 6 bulan bisa jadi pilihan yang tepat karena memiliki tekstur dan kandungan nutrisi yang baik untuknya.

Makanan pendamping ASI yang diberikan, sesuai namanya, berperan sebagai pendamping. Jadi, makanan, atau dalam hal, buah untuk bayi 6 bulan diberikan untuk menunjang pemenuhan kebutuhan nutrisi harian si Kecil, agar ia dapat tumbuh dengan optimal.

Tentu, ASI tetap menjadi prioritas utama yang wajib Mums berikan. Kombinasi ASI dan MPASI yang tepat terbukti dapat memberikan dukungan terbaik untuk tumbuh kembang si Kecil.

Sebagai gambaran sekaligus rekomendasi, Mums bisa melihat daftar buah di bawah ini. Buah-buah ini masuk ke dalam daftar tak hanya karena rasanya nikmat, namun juga memiliki tekstur dan nutrisi yang tepat untuk si Kecil pada usia 6 bulan.

Pisang, Buah Tropis yang Terkenal Sejak Dulu

Pisang, Buah Tropis yang Terkenal Sejak Dulu

Pernahkah Mums melihat seorang anak diberikan pisang oleh orang tuanya? Well, mungkin hal ini pemandangan paling wajar yang ditemui di Indonesia, terutama pada keluarga yang baru memiliki buah hati. Tekstur yang lembut, rasa yang manis, serta warna yang mencolok menjadikan pisang salah satu buah untuk bayi 6 bulan yang baik.

Tidak hanya itu, pisang juga sangat mudah diolah dan disajikan, cocok untuk Mums yang memiliki kegiatan cukup padat. Terkadang pisang bisa disajikan dengan hanya digerus menggunakan sendok saja. Untuk cara lain, Mums dapat memotongnya pada ukuran lebih kecil, menambahkan susu formula atau bahkan ASI, kemudian menghaluskannya di dalam blender. Voila! Pure pisang sudah siap disajikan untuk si Kecil.

Kiwi, Kaya Vitamin A dan C

Untuk membantu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral, buah kiwi bisa jadi pilihan selanjutnya. Kandungan Serat, Vitamin A, Vitamin C, dan Kalsium yang cukup tinggi membuatnya sangat bermanfaat bagi si Kecil. Namun demikian, Mums perlu sedikit mengolah buah ini terlebih dahulu. Bukan tanpa sebab, karena sifat dan rasanya yang cenderung asam dapat menimbulkan sedikit efek samping pada si Kecil.

Cara mengolah kiwi agar dapat mengurangi sifat asam yang dimilikinya cukup mudah. Mums tinggal mengupas buah kiwi yang akan diolah, dan memotongnya kecil-kecil. Kemudian haluskan potongan kiwi dengan garpu atau blender. Setelah cukup halus, olahan kiwi siap disajikan.

Apel

Apel

Tunggu dulu, bukankah apel memiliki tekstur yang cenderung keras? Nah, hal ini bisa dengan mudah disiasati Mums, agar si Kecil tetap mendapat nutrisi dan manfaat baiknya. Kandungan apel sendiri antara lain adalah Karbohidrat, Protein, serta Vitamin A dan C, jadi sayang sekali jika tidak dimasukkan dalam buah untuk bayi 6 bulan sebagai MPASI.

Sebelum diberikan, cara mengolah buah apel sangat mudah. Pertama, kupas buah apel dan potong kecil-kecil. Selanjutnya, letakkan pada wadah tahan panas dan kukus potongan apel selama 3 menit. Tekstur apel akan menjadi lebih empuk, kemudian haluskan dengan garpu atau blender, dan sajikan pada si Kecil.

Alpukat, Lembut dan Kaya Manfaat

Buah yang memiliki tekstur lembut ini juga masuk dalam rekomendasi MPASI untuk bayi 6 bulan, yang notabene sebagai tahap pengenalan. Selain rasanya yang enak, teksturnya yang lembut, dan mudahnya mendapatkan buah ini, ternyata alpukat juga kaya akan lemak tak jenuh dan Vitamin E yang baik untuk si Kecil.

Pada data yang ada, setiap 100 gram alpukat mengandung setidaknya 85 kalori energi, 7,7 gram Karbohidrat, 6,5 gram lemak tak jenuh, dan 0,9 gram Protein. Selain itu, masih ada kandungan kalsium, Zat Besi, Kalium dan Vitamin C. Sangat lengkap bukan?

Cara mengolahnya juga mudah. Mums tinggal mengupas kulit buah alpukat, memisahkan daging buah dari bijinya, kemudian menghaluskan daging buah tersebut. Untuk menambah rasa, Mums bisa membubuhkan unsur lain sesuai selera.

Buah untuk Bayi 6 Bulan, Pepaya

Buah untuk Bayi 6 Bulan, Pepaya

Mungkin tak sedikit dari Mums yang bertanya-tanya, mengapa daftar ini tidak memuat pepaya? Well, here we go.

Buah yang satu ini juga sangat baik untuk diberikan sebagai MPASI tahap awal, karena teksturnya yang cenderung lembut. Jadi, organ pencernaan si Kecil tidak akan terlalu sulit memprosesnya. Kandungannya yang lengkap juga jadi alasan kuat mengapa pepaya direkomendasikan.

Setidaknya, terdapat Vitamin A, Vitamin C, Vitamin E, Karbohidrat, Protein, serta Serat yang diperlukan tubuh si Kecil. Mums tinggal mengupas pepaya, membersihkan dari bijinya, dan menghaluskan pepaya. Bubur pepaya siap disajikan untuk si Kecil.

Baca Juga : Saatnya Memperkenalkan MPASI Pada Si Kecil

Mendukung pemenuhan kebutuhan nutrisi dengan buah untuk bayi 6 bulan adalah langkah tepat yang bisa Mums ambil. Nutrisi yang ada di dalam buah-buahan tersebut sangat baik untuk mendukung pemenuhan kebutuhan nutrisi dari ASI yang Mums berikan. Tentu, ASI berkualitas tetap harus dipastikan. Menerapkan pola hidup sehat dan makan makanan bernutrisi jadi hal wajib berikutnya yang harus Mums lakukan. Untuk melengkapi semuanya, tambahkan Frisomum Gold Dualcare+ ke dalam menu harian Mums. Nutrisi yang ada di dalamnya akan jadi pelengkap sempurna untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian Mums.