Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Memberikan Gizi Seimbang untuk si Kecil, Ini Poin Pentingnya!

Memberikan Gizi Seimbang untuk si Kecil, Ini Poin Pentingnya!

Melihat si Kecil tumbuh dengan optimal tentu menjadi kebahagiaan untuk setiap orang tua di muka bumi, tidak terkecuali Mums. Setiap fase tumbuh kembang memerlukan asupan nutrisi yang cukup, sehingga tubuhnya dapat terus bertumbuh. Memberikan gizi seimbang menjadi penting, sebab kapasitas cerna si Kecil tidak bisa disamakan dengan kapasitas cerna orang dewasa.

Setiap suapan makanan yang masuk ke tubuhnya haruslah padat nutrisi agar dapat memberikan bahan bakar yang diperlukan tubuh untuk terus tumbuh. Yang perlu diperhatikan adalah bahwa makanan yang diberikan wajib mengandung lemak sehat dan tak jenuh, serta kadar serat yang terkontrol. Jika pada orang dewasa serat diperlukan dalam jumlah cukup besar, pada anak-anak serat hanya dibutuhkan dalam jumlah wajar. Hal ini dikarenakan serat berlebih dapat membuat si Kecil merasa kenyang lebih lama, sehingga asupan nutrisi yang masuk dapat berkurang.

Variasi Makanan Setiap hari

Memberikan Gizi Seimbang untuk si Kecil, Ini Poin Pentingnya!

Guna mencukupi seluruh kebutuhan nutrisi, memberikan variasi makanan setiap hari adalah hal wajib. Nutrisi yang berasal dari sumber alami memiliki kelebihan dalam penyerapannya. Tubuh si Kecil cenderung lebih cepat menyerap nutrisi dari makanan alami dan bukan suplemen. Memang bisa diberikan suplemen, namun jika masih memungkinkan memberikan variasi makanan setiap hari, hal ini lebih disarankan

Selain makanan yang bervariasi, Mums juga wajib memperhatikan kadar nutrisi yang ada di dalamnya. Jangan sampai Mums memberikan makanan yang bervariasi namun kadar nutrisinya sejenis, ini akan menyebabkan si Kecil kekurangan nutrisi tertentu. Hal ini jarang terjadi karena sebenarnya ketika variasi makanan yang diberikan untuk si Kecil dapat dipastikan mengandung nutrisi yang berbeda, sehingga dapat memenuhi kebutuhan gizi seimbang yang diperlukan.

Makanan Apa Saja yang Bisa Menjadi Opsi? Apa Nutrisi yang Terkandung?

Memberikan Gizi Seimbang untuk si Kecil, Ini Poin Pentingnya!

Ada banyak sekali jenis makanan yang bisa dijadikan opsi guna memenuhi kebutuhan gizi seimbang si Kecil.

Kelompok Makanan Karbohidrat

Karbohidrat menjadi salah satu nutrisi yang paling diperlukan tubuh si Kecil untuk tumbuh dan berkembang. Menjadi salah satu sumber energi untuk kegiatan si Kecil, asupan Karbohidrat harian wajib dipenuhi. Untuk jenis makanannya sendiri, Mums dapat memberikan produk roti, sereal, kentang, hingga nasi,

Buah dan Sayuran

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral, Mum dapat memberikan setidaknya lima porsi buah dan sayuran segar. Tentu, buah dan sayur ini bisa dikreasikan sesuai dengan selera, agar si Kecil tetap memiliki nafsu makan yang tinggi. Untuk memilih buah dan sayur yang disajikan, Mums dapat memilih berdasarkan warna buah dan sayur tersebut. Usahakan memberi buah dan sayur beraneka warna, sehingga setiap kebutuhan nutrisinya terpenuhi.

Produk Olahan Susu

Susu dan produk olahannya memiliki nutrisi yang diperlukan untuk tumbuh kembang. Misalnya saja Protein, Kalsium, berbagai Vitamin, hingga Mineral penting. Mums dapat memberikan berbagai varian susu dan olahannya sebanyak tiga kali dalam satu hari. Tiga porsi ini bisa diberikan dalam bentuk susu, keju, yogurt, dan berbagai olahan lain.

Makanan Kaya Protein

Meski sudah termasuk dalam nutrisi yang terkandung dalam susu dan olahannya, Mums juga dapat memberikan makanan kaya Protein yang lain. Protein sendiri sangat diperlukan tubuh guna menunjang tumbuh kembangnya. Mulai dari daging, ikan, telur, kacang-kacangan, dan berbagai makanan lain bisa diberikan sebanyak satu atau dua kali setiap harinya.

Makanan dengan Kandungan Lemak dan Minyak

Bersifat sebagai komplementer, makanan dengan kandungan lemak dan minyak baik untuk melengkapi kebutuhan nutrisi dan memenuhi target gizi seimbang untuk si Kecil. Makanan ini biasanya mengandung Omega 3 dan 6, Vitamin A, Vitamin E, Vitamin D, dan lemak sehat yang menjadi sumber tenaga. Beberapa pilihannya adalah minyak zaitun, minyak sayur, minyak kedelai, dan mentega.

Gizi Seimbang untuk si Kecil

Memberikan Gizi Seimbang untuk si Kecil, Ini Poin Pentingnya!

Memberikan variasi makanan yang sudah disebutkan di atas tadi direkomendasikan untuk dilakukan dalam skala harian. Memang mungkin akan sedikit sulit jika dilihat ragam makanan yang diberikan, namun ketika dipraktekkan, tak akan sesulit itu. Kombinasi makanan satu dengan yang lain bisa jadi trik jitu agar si Kecil tidak cepat bosan dan tetap memiliki nafsu makan tinggi.

Untuk memenuhi gizi seimbang Mums juga dapat memberikan susu formula yang benar-benar memiliki kandungan nutrisi alami sehingga mudah diserap tubuh si Kecil. Susu formula ini sangat cocok untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi seimbang setiap hari, sehingga upaya Mums dalam memenuhi kebutuhan nutrisinya bisa dilakukan dengan lebih mudah.

Baca Juga : Perhatikan 5 Hal Ini untuk Menjaga Sistem Imun si Kecil!

Upaya memenuhi gizi seimbang setiap hari yang Mums lakukan dapat didukung dengan pemberian susu Friso Gold 4. Dengan kandungan nutrisi yang lengkap, Friso Gold 4 bisa membantu Mums dalam agenda yang satu ini. Selain itu, Friso juga dilengkapi dengan teknologi Locknutri, sehingga kualitas alami nutrisi tetap terjaga dan membuatnya mudah diserap oleh tubuh si Kecil dan membantunya kuat dari dalam. Padukan kombinasi makanan, susu Friso Gold 4, serta rangsangan intens agar dapat mengoptimalkan setiap fase tumbuh kembangnya!