Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Memberikan Multivitamin Anak, Perlu atau Tidak?

Memberikan Multivitamin Anak, Perlu atau Tidak?

Meningkatkan daya tahan tubuh, menerapkan protokol kesehatan, dan terus berusaha menjaga pola hidup sehat, mungkin serangkaian hal ini yang menjadi default untuk semua orang di masa seperti sekarang. Konsumsi multivitamin juga bisa jadi salah satu alternatif untuk membantu menjaga pemenuhan nutrisi harian. Tapi untuk si Kecil, apakah konsumsi multivitamin anak menjadi satu hal yang wajib dan direkomendasikan?

Sebenarnya jika melihat rekomendasi yang diberikan oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia, konsumsi multivitamin anak untuk si Kecil bukan hal yang salah. Namun demikian, asupan nutrisi pokok tidak bisa beralih dari makanan bernutrisi. Jangan sampai Mums hanya memberikan multivitamin saja, tapi justru tidak memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi si Kecil setiap hari.

Nutrisi dalam Makanan, Nutrisi yang Terbaik

Memberikan Multivitamin Anak, Perlu atau Tidak?

Nutrisi terbaik yang bisa Mums berikan selalu berasal dari makanan yang Mums olah sendiri. Mengapa? Karena nutrisi dari makanan yang diolah dirumah bisa dipastikan berasal dari bahan-bahan alami, yang tentu saja lebih mudah diserap tubuh si Kecil.

Memang tidak sedikit yang berpendapat bahwa menyediakan makanan sehat setiap hari, dengan nutrisi yang padat, bukan hal yang mudah. Asumsi ini kemudian menjadi pembenaran memberikan multivitamin atau suplemen pada si Kecil. Padahal seperti kita tahu bersama, nutrisi yang ada pada multivitamin anak atau suplemen adalah nutrisi yang sudah diolah, atau bahkan buatan. Nutrisi seperti ini lebih sulit diserap oleh tubuh karena sifatnya yang tidak alami.

Jika Mums ingin memberikan nutrisi tambahan untuk menjamin pemenuhan nutrisi harian, Mums bisa memilih sumber nutrisi yang benar-benar berasal dari alam. Proses produksi yang canggih, pengolahan yang sempurna hingga sampai ke tangan Mums, dan jaminan mutu dari produsen. Jika sudah seperti ini, agaknya nutrisi tambahan tersebut bisa diberikan sebagai pendamping asupan nutrisi harian dari makanan yang Mums berikan.

Penting, Jaga Variasi Makanan Setiap Hari

Memberikan Multivitamin Anak, Perlu atau Tidak?

Nutrisi yang diperlukan si Kecil, tidak hanya untuk tumbuh kembang, namun juga untuk meningkatkan daya tahan tubuh tidaklah sedikit. Mulai dari Karbohidrat, Vitamin A, Vitamin C, Vitamin C, Zinc, Protein, dan masih banyak lagi, semua harus dipenuhi setiap hari pada dosis yang sudah ditentukan sesuai dengan kebutuhan tubuh si Kecil.

Terpenuhinya nutrisi harian yang dibutuhkan si Kecil bisa membantu tubuh tumbuh dengan optimal dan memiliki daya tahan yang lebih baik. Seperti Mums pahami, new normal sekarang ini bersumber dari virus yang menular dengan cepat. Idealnya ketika daya tahan tubuh terbentuk dengan baik maka tubuh bisa terhindar dari efek buruk infeksi virus seperti ini.

Daya tahan tubuh yang kuat juga bisa membantu membunuh virus yang terlanjur masuk ke dalam tubuh sebelum virus tersebut bisa menimbulkan efek kesehatan yang buruk. Maka dari itu, mulai dari pemerintah hingga gerakan di akar rumput selalu menggalakkan pemenuhan nutrisi harian agar daya tahan tubuh menjadi kuat. Terlebih untuk anak-anak, yang mungkin belum benar-benar memiliki imun seperti orang dewasa.

Untuk variasi makanan yang diberikan, Mums bisa memadukan berbagai jenis makanan dan olahan yang bisa ditemukan di pasar atau di tempat Mums biasa berbelanja. Olahan tahu dan tempe, daging ayam atau daging ikan, daging merah, makanan laut, sayuran dan buah, serta berbagai macam jenis bahan makanan lainnya.

Semakin banyak jenis makanan yang dikonsumsi si Kecil akan semakin baik pula upaya pemenuhan nutrisi yang Mums lakukan. Tentu, untuk melengkapi itu semua, Mums bisa menambahkan susu formula yang memiliki nutrisi alami dan diolah dengan proses yang modern sehingga kualitas nutrisi alaminya tetap terjaga.

Multivitamin Anak Sifatnya sebagai Tambahan

Memberikan Multivitamin Anak, Perlu atau Tidak?

Jika dirasa porsi makanan dan jenisnya sudah mencukupi kebutuhan nutrisi, rasanya memberikan multivitamin anak untuk si Kecil bukan merupakan sesuatu yang harus dilakukan. Tidak dilarang memang, namun jika memungkinkan penuhi setiap kebutuhan nutrisi anak dari makanan olahan Mums sendiri.

Untuk mendapatkan pertimbangan yang lebih komprehensif, Mums bisa berkonsultasi dengan dokter anak kepercayaan Mums. Di sana, Mums bisa bertanya mengenai kebutuhan nutrisi si Kecil, komposisi menu harian, hingga rekomendasi multivitamin anak yang mungkin diperlukan. Dengan begini Mums bisa mengetahui secara pasti kebutuhan si Kecil setiap hari.

Baca Juga : 6 Nutrisi Alami untuk Perkuat Sistem Imun Anak

Memenuhi kebutuhan nutrisi demi mendukung tumbuh kembang serta pembentukan daya tahan tubuh memang tak selalu harus mengandalkan multivitamin anak. Selama Mums bisa memberikan makanan yang padat nutrisi pada si Kecil setiap hari, maka hal itu dirasa sudah cukup. Jika masih belum cukup yakin, Mums bisa memilih Friso Gold 4 sebagai pelengkap nutrisi harian si Kecil. Friso dengan teknologi Locknutri, mampu menjaga kualitas alami nutrisi sehingga mudah diserap tubuh si Kecil dan membantunya kuat dari dalam. Berikan yang terbaik untuk si Kecil, dan taati protokol kesehatan yang sudah disarankan pemerintah.