Lompat ke isi utama
Melatih Imajinasi si Kecil dengan Permainan Gambar Kebun Binatang

Asah Stimulasi Kreativitas Anak dengan Gambar Ini, Yuk!

Mengasah stimulasi kreativitas anak bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya menggambar kebun binatang seperti ini

Imajinasi seorang anak merupakan senjata utamanya dalam menghadapi berbagai petualangan baru. Anak yang memiliki imajinasi tinggi dapat tumbuh jadi seorang yang kreatif dan mudah menemukan solusi atas permasalahan yang ditemuinya. Tentu, perkembangan imajinasi ini harus didukung dengan rangsangan yang tepat. Salah satu cara merangsangnya adalah dengan menggunakan gambar kebun binatang.

Gambar di sini tidak diartikan bentuk gambar kebun binatang tampak depan, namun ilustrasi seluruh atau beberapa area kebun binatang yang berisikan beragam jenis satwa yang pernah dilihatnya. Sebenarnya cara ini dapat sangat efektif jika Mums pernah mengajak anak berkunjung ke kebun binatang, karena ia akan memiliki gambaran serta bayangan mengenai lokasi dan kegiatan yang ada pada tempat tersebut.
Penggunaan gambar kebun binatang sebagai rangsangan dapat Mums lakukan dengan cara bermain peran. Penasaran bagaimana detailnya?

Persiapan Permainan

Untuk melakukan permainan peran ini, Mums memerlukan beberapa gambar binatang yang pernah dilihatnya di kebun binatang, akan sangat baik jika Mums menggunakan binatang yang anak sukai sehingga ia akan lebih antusias. Kemudian Mums juga perlu beberapa gambar atau ilustrasi seperti kandang, kostum dan peralatan lain yang berhubungan dengan permainan ini.

Cetak setiap gambar yang diperlukan dan tempatkan pada seluruh lokasi rumah atau kebun belakang rumah. Buat sedemikian rupa sehingga menjadi kebun binatang mini dengan suasana yang mendukung. Nantinya peran anak adalah sebagai penjaga kebun binatang yang bertugas merawat binatang yang ada pada kebun binatang mini buatan Mums.

Untuk mendukung peran yang akan dimainkan anak, persiapkan juga kostum yang sesuai seperti kemeja dan topi safari, celana kargo, keranjang berisi makanan binatang, dan beberapa properti kecil lainnya. Tujuannya sederhana, agar anak dapat mendalami peran dengan lebih baik dan bisa bermain lebih seru.

Mulai Permainan dengan Gambar Kebun Binatang

Misi anak adalah untuk memberi makan dan memasukkan binatang yang sudah Mums susun sedemikian rupa dengan bantuan gambar kebun binatang. Mums bisa memulainya dari hewan yang paling kecil seperti misalnya kelinci. Bimbing anak agar dapat masuk ke area kandang kelinci yang sudah Mums siapkan, kemudian meletakkan makanan ke tempat yang sudah disediakan dan memasukkan kelinci (berupa gambar) ke kandangnya. Misi pertama selesai, lanjutkan ke kandang berikutnya.

Kemudian masuk ke kandang hewan lain, misalnya yang berukuran lebih besar seperti panda. Ajarkan pada anak bahwa panda bukanlah hewan yang dapat digendong, dan harus dibujuk agar mau masuk ke kandangnya. Mums dapat memberikan efek suara panda untuk membantu agar anak dapat berimajinasi. Lakukan proses serupa, letakkan makanan pada tempat yang disediakan dan gerakkan gambar panda yang sudah ada ke dalam kandang seiring bujukan yang dilakukan anak.

Terus ulangi proses tersebut pada berbagai hewan lain yang sudah Mums sediakan dan berikan pemahaman bahwa setiap hewan perlu diberikan perlakuan yang berbeda. Untuk hewan pemakan daging, arahkan anak untuk memberikan makanan (atau mainan) berwarna merah dan bimbing ia agar berhati-hati dalam memasukkannya ke kandang.

Manfaat untuk anak

Manfaat dari kegiatan ini sebenarnya adalah untuk melatih imajinasi anak serta melatih kemampuan anak mengikuti instruksi yang Mums berikan. Imajinasinya akan terlatih ketika Mums menciptakan suasana kebun binatang yang pernah dikunjunginya, serta ketika ia melakukan perawatan binatang dengan memberikan makan dan memasukkan binatang tersebut ke dalam kandang.

Imajinasi anak akan sangat terangsang ketika Mums juga memberikan efek suara pada binatang yang ada, seperti auman misalnya, atau suara-suara lain yang berkaitan erat dengan binatang tersebut. Misalnya anak memiliki pertanyaan, arahkan agar ia dapat menemukan jawabannya dengan memberikan pancingan-pancingan yang mengarah pada jawaban pertanyaan tersebut.

Untuk kemampuannya mengikuti instruksi, Mums dapat melihatnya secara langsung dengan aksi anak ketika merawat binatang. Instruksi diberikan sebelum ia masuk ke kandang binatang tersebut, dan amati apakah yang dilakukan anak sudah sesuai dengan instruksi yang Mums berikan. Jika sudah sesuai atau mendekati, artinya kemampuan anak juga berkembang.

Stimulus yang diberikan oleh Mums dengan permainan yang memanfaatkan gambar kebun binatang seperti ini merupakan stimulus proaktif, di mana anak dipancing untuk melakukan kegiatan yang dapat meningkatkan kemampuannya dalam berimajinasi. Ajak juga anggota keluarga lain untuk bermain bersama, sehingga permainan dapat berjalan lebih seru.

Bermain dengan bantuan gambar kebun binatang bisa jadi salah satu cara memberikan stimulus pada perkembangan imajinasi anak. Untuk mendukung pemberian rangsangan ini, berikan juga Friso Gold 4 dengan nutrisi yang lengkap serta tepat untuk anak. Dengan teknologi Locknutri, kualitas alami nutrisi akan terjaga dan lebih mudah diserap tubuh anak. Ini akan membantu anak agar kuat dari dalam dan menjadi anak kreatif.