Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Membuat Kartu Tahun Baru dari Lukisan si Kecil

Membuat Kartu Tahun Baru dari Lukisan si Kecil

Mum, ternyata di tahunpertamanya ini, si Kecil sudah bisa mulai melukis, lho! 

Hari ini, yuk ajak diamembuat lukisan unik sambil berkenalan dengan aneka ragam warna. Nanti, karyaitu juga bisa kita jadikan kartu ucapan tahun baru untuk keluarga lainnya, lho.Penasaran, Mum? Ayo lihat sama-sama caranya di bawah ini!

Aktivitas yang bisa dilakukan

  1. Persiapan

    Pertama-tama, mari kita siapkan plastik klip (ziplock plastic) berukuran besar, beberapa butir kelereng, serta berbagai macam cat warna favoritnya. Usahakan untuk menggunakan cat khusus yang aman bagi si Kecil ya, Mum.

  2. Langkah Pertama

    Langkah Pertama

    Tuangkan masing masing cat di atas kertas gambar. Kemudian, dampingi dia untuk mengamati satu per satu warnanya sambil memberikan pertanyaan sederhana, seperti, “Kantung plastiknya empuk, ya?” atau ”Mana warna yang kamu suka?"

  3. Langkah Kedua

  4. Langkah Kedua

    Sekarang, masukkan kelereng beserta kertas gambarnya yang sudah dihiasi cat ke dalam kantung plastik.

  5. Langkah Ketiga

  6. Langkah Ketiga

    Minta si Kecil untuk mengaduk serta menggoyangkan kelerang di dalam plastik tersebut sampai catnya tercampur dan menghiasi kartu yang sudah Mum siapkan. Biarkan dia bermain dengan kantung tersebut sesuka hatinya dan bersiaplah terkejut dengan hasilnya!

  7. Langkah Keempat

  8. Langkah Keempat

    Setelah si Kecil sudah puas bermain dengan karya masterpiece-nya, kini keluarkan gambar Friso New Year’s Card dari plastik dan jemur hingga kering. Agar lebih meriah, jangan lupa tambahkan pernak-pernik serta foto lucu si Kecil di depan lukisan tersebut, ya. Lalu, tuliskan juga ucapan selamat tahun baru untuk Kakek dan Nenek di bagian belakangnya.

Info Pendukung Aktivitas

Di usianya sekarang, si Kecil cenderung lebih mudah tertarik dengan warna-warna yang cerah. Oleh karenaitu, Mum bisa memilih cat dengan warna primer seperti merah, kuning dan biru untuknya saat melukis bersama nanti.

Satu lagi, Mum. Sambil mendampingi si Kecil melukis nanti, rekam juga video aksinya tersebut, ya.Video ini nanti bisa Mum tunjukkan kepada Kakek dan Nenek saat memberikan kartu ucapan buatannya itu.

Untuk kegiatan melukis kartu tahun baru ini, Mum bisa menyiapkan beberapa perlengkapan di bawah ini:

  • Kertas gambar
  • Cat warna (sebaiknya gunakan produk cat khusus yang aman untuk si Kecil)
  • Beberapa buah plastik klip (ziplock plastic)
  • Beberapa butir kelereng

Manfaat Bagi Mum

Saat ini, rasanya tentutidak ada yang lebih menyenangkan daripada melihat senyum ceria si Kecil ketika asyik bermain. Apalagi, setelah masa adaptasi selama 6 bulan pertama kemarin, sikap aktifnya itu merupakan tanda kalau proses tumbuh kembang si Kecil sudah berjalan ke arah yang benar. Selamat ya, Mum! Kini, si Kecil sudah lebih siap untuk menjelajahi dunia sekitar lewat aktivitas bermain bersama nanti.

Manfaat Bagi Si Kecil

Mengenalkan warna kepadasi Kecil merupakan salah satu cara yang seru untuk mengembangkan berbagai kemampuannya. Seperti yang diungkapkan dalam hasil studi International Center for Leadership in Education (ICLE) di New York, stimulasi warna ternyata dapat mempengaruhi perkembangan dalam kemampuan kognitif anak, salah satunya adalah daya kreativitas. Penjelasan dan instruksi Mum nanti juga ikut menambah perbendaharaan kata baru baginya serta membuat dia bisa belajar untuk merespons permintaan yang sederhana. Selain itu, dengan mengaduk dan menggoyangkan plastik, si Kecil pun berkesempatan untuk melatih kemampuan motorik, koordinasi tangan dan mata, serta kekuatan ototnya.

Info Gizi & Nutrisi

Senangnya bisa melihat si Kecil sudah tumbuh dan bisa bermain dengan aktif saat ini, ya! Yuk, dukung proses tumbuh kembang ini dengan memberikan asupan nutrisi yang tepat untuk meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil. Salah satunya dengan menjaga kesehatan sistem pencernaannya.

Selain dari ASI, jika dia sudah terbiasa dengan makanan padat, Mum juga bisa memberikan yogurt dalam menu sehari-harinya. Jenis makanan ini kaya akan vitamin dan juga mengandung probiotik atau bakteri baik yang dapat menjaga kesehatan pencernaan si Kecil.Tapi, perlu diperhatikan, sebaiknya pilih plain yogurt yang tidak mengandung pewarna dan pemanis buatan serta memiliki label aman dikonsumsi untuk anak seusianya, ya. Nah, sebagai variasi nanti, Mum dapat mengombinasikan yogurt dengan sate buah-buahan, puding, atau jus buah. Selamat mencoba!